Jenis Kartu Aktiva Tetap Serta Tujuan Penggunaannya dalam Pengelolaan Perusahaan

  • Whatsapp

Jenis kartu aktiva tetap – Setelah kita mengetahui jenis dan klasifikasi dari aktiva tetap, kita akan belajar mengenai kartu aktiva tetap yang mana dokumen atau bukti ini berfungsi untuk memudahkan pencatatan mengenai aktiva tetap yang dimiliki oleh perusahaan.

Di setiap akhir periode akuntansi harus dilaporkan pula aktiva tetap sudah mengalami penyusutan sebesar berapa, serta yang terpenting berapa nilai aktiva tetap pada periode akuntansi yang bersangkutan sehingga apabila ada penjualan maupun pertukaran aktiva dapat diketahui laba / rugi dari transaksi tersebut.

Baca Juga: Komponen Laporan Keuangan dalam Neraca Serta Klasifikasi Aktiva dan Pasiva

Penggunan kartu aktiva tetap adalah untuk mempermudah pengawasan, pencatatan aktiva tetap dilakukan dalam kartu. Kartu aktiva tetap terdiri dari :

1. Kartu Induk Aktiva Tetap

Kartu Induk Aktiva Tetap berfungsi untuk memberikan informasi secara lengkap mengenai aktiva tetap yang dimiliki perusahaan.

Informasi itu meliputi kelompok aktiva tetap, nomor dan jenis kativa tetap, tahun pembuatan, tanggal pembelian, persentase penyusutan, dan tempat dioperasikan.

Untuk aktiva tetap jenis kendaraandapat ditambah dengan informasi mengenai nomor polisi, nomor mesin, dan nomor rangka.

Kartu Induk Aktiva Tetap

2. Kartu Eksploitasi Aktiva Tetap

Kartu ini memuat informasi mengenai beban – beban eksploitasi antara lain beban pemeliharaan, reparasi, penyusutan, dan pajak.

Jika aktiva tetap disewa misalkan angkutan barang atau bangunan gedung, pendapatan yang diperoleh dari aktiva tetap yang bersangkutan jarus dicantumkan dalam kartu eksploitasi.

Tujuan pencatatan tersebut adalah agar secara periodik dapat dilakukan analisis sehingga tingkat efisiensi aktiva tetap yang bersangkutan dapat diketahui. Selanjutnya dapat diputuskan apakah aktiva tetap akan dijual atau terus dioperasikan seperti biasanya.

Kartu Eksploitasi Aktiva Tetap

3. Kartu Daftar Inventaris

Kartu daftar inventaris adalah kartu yang digunakan untuk mencatat aktiva yang nilainya relatif kecil namun memiliki masa penggunaan lebih dari satu tahun. Misalnya gunting, penggaris, stapler dan lain – lain.

Kartu Daftar Inventaris

Lihat Juga: Pengertian, Cara Menghitung dan Pertanyaan tentang HPP dalam Akuntan

Demikian artikel mengenai kartu dalam aktiva tetap, semoga bermanfaat. Terus belajar untuk menambah wawasan serta jangan lupa untuk update artikel terbaru kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *