Download Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Format PDF, DOC Bisa di Edit

Berikut Merupakan Contoh File Surat Lamaran Kerja Yang Menarik dalam Format PDF / DOC yang Bisa Di Edit Lengkap dengan Template dan Link Download Surat Lamaran Kerja Terbaru 2023

Template surat lamaran kerja / CV yang menarik saat ini memang sangat banyak dan dapat kita jumpai di Internet dengan sangat mudah. Namun sangat sedikit yang dapat kita edit setelah berhasil di download.

Jika pun ada file surat lamaran kerja yang bisa kita edit, Biasanya struktur tampilannya akan berbeda dan menjadi berantakan setelah kita membukanya menggunakan aplikasi MS Word.

Baca Juga: Cara Membuat dan Contoh Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Sedangkan untuk melamar pekerjaan saat ini tentu dibutuhkan desain surat lamaran kerja yang rapi, menarik dan juga enak dibaca. Dengan demikian akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk kita bisa diterima.

Oleh karenanya berikut ini ridpir.com akan membagikan beberapa link download template surat lamaran kerja dalam File PDF dan juga DOC yang bisa di edit dengan sangat mudah.

Cara Download Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Menarik

Sebelum kamu mengedit file surat lamaran kerja baik itu menggunakan Microsoft Office Word, Kingsoft Office, Libra Office atau pun Google Doc tentunya harus mempunyai file mentahannya terlebih dahulu.

Untuk mendownload file Contoh Surat Lamaran Kerja, Silakan ikuti panduan berikut ini:

  • Download File Surat Lamaran Kerja disini –> Download
  • Selanjutnya kamu akan diarahkan ke Google Drive
  • Silakan download file tersebut dengan mengklik tombol Download
Cara Download Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Menarik

Selanjutnya file secara otomatis akan tersimpan ke perangkat dalam format DOC yang bisa langsung dibuka dan di edit menggunakan aplikasi pengolah kata seperti salahsatunya adalah Office Word.

Langkah berikutnya adalah proses mengedit surat lamaran kerja yang telah di download tadi. Adapun bagian – bagian yang perlu di edit silakan ikuti panduan berikut ini:

Baca Juga: 42+ Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja Secara Tulis Tangan dan Word / PDF Lengkap

Cara Mengedit Surat Lamaran Kerja

Bagian – bagian mana saja yang perlu di edit dari contoh surat lamaran kerja yang telah di download tadi sebetulnya sudah terlihat dengan jelas kok. Semua elemen teks yang berwarna merah adalah bagian – bagian yang perlu kamu edit dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut juga dengan bagian – bagian yang diberi tanda kotak merah juga perlu kamu isi sesuai dengan data – data kamu secara benar dan valid berdasarkan dokumen yang tersedia.

Download Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Menarik

Baca Juga: Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4X6 di HP dan Komputer Tanpa Aplikasi

Kiat-kiat Untuk Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Perhatian Perusahaan

  1. Mulai dengan kata pembuka yang profesional. Gunakan kalimat yang jelas dan bijaksana.
  2. Jelaskan minat dan latar belakang untuk meminta posisi pekerjaan yang ingin dilamar. Jelaskan bagaimana bahwa kamu memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan dalam iklan lowongan pekerjaan.
  3. Tunjukkan bahwa kamu merupakan kandidat yang sempurna untuk pekerjaan tersebut. Jelaskan bagaimana kamu dapat memberikan nilai tambah kepada perusahaan.
  4. Berikan contoh konkret tentang hal-hal yang telah kamu lakukan di masa lalu dan hal-hal yang bisa kamu berikan mengembangkan perusahaan.
  5. Jangan lupa untuk menyebutkan keahlian dan kualifikasi yang relevan serta pelatihan dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar saat ini
  6. Tutup surat lamaran kerja dengan kata-kata yang menarik. Akhiri surat dengan menyatakan bahwa kamu berharap dapat diterima diperusahaan tersebut dengan posisi yang diajukan.

Cara Menyusun Struktur Surat Lamaran Kerja Yang Baik

  1. Mulai dengan salam pembuka dan nama penerima, yang biasanya disertai dengan alamatnya.
  2. Tentukan tujuan surat lamaran kerja yang jelas dan berikan alasan mengapa bahwa kamu cocok untuk pekerjaan tersebut.
  3. Sebutkan pendidikan terakhir kamu, pengalaman kerja, keahlian dan kemampuan yang relevan.
  4. Sertakan informasi lain yang dapat mempresentasikan bahwa kamu sangat layak untuk pekerjaan tersebut.
  5. Berikan referensi dari pekerjaan sebelumnya jika memilikinya.
  6. Berikan informasi lain yang dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki motivasi kerja yang baik.
  7. Berikan penutup yang sopan dan ucapkan terima kasih atas kesempatan untuk mendaftar.
  8. Tambahkan tanda tangan di bawah surat lamaran kerja.

Jenis-jenis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

1. Surat Lamaran Kerja Formal

Surat lamaran kerja formal adalah surat yang berisi informasi tentang calon pelamar dan data lain yang diperlukan untuk mengajukan lamaran kerja. Surat ini harus ditulis dengan bahasa resmi dan menggunakan kalimat-kalimat yang tepat dan jelas.

2. Surat Lamaran Kerja Non-Formal

Surat lamaran kerja non-formal adalah surat yang berisi informasi tentang kepribadian pelamar dan keterampilan yang dimiliki. Surat ini harus ditulis dengan bahasa yang sopan dan menunjukkan kepercayaan diri pelamar.

3. Surat Lamaran Kerja Yang Mendalam

Surat lamaran kerja yang mendalam adalah surat yang berisi informasi tentang latar belakang pelamar dan menjelaskan bagaimana pelamar memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi yang ditawarkan. Surat ini harus ditulis dengan cara yang jelas dan berisi informasi yang akurat.

4. Surat Lamaran Kerja Yang Personal

Surat lamaran kerja yang personal adalah surat yang berisi informasi tentang motivasi dan minat yang dimiliki oleh pelamar. Surat ini harus ditulis dengan bahasa yang sopan dan menunjukkan bahwa pelamar memiliki komitmen untuk bekerja di perusahaan.

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang harus dikirimkan oleh pelamar ketika melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja harus berisi informasi tentang pelamar, pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan dan kualifikasi lainnya yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Surat lamaran kerja menjadi salah satu cara bagi pelamar untuk menunjukkan bahwa kita cocok untuk posisi yang dilamar. Ini memberi perusahaan informasi dan membantu mereka menyeleksi calon karyawan yang tepat untuk posisi yang dilamar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *