Doa Berbuka Puasa Ramadhan Berbagai Versi Lengkap dengan Artinya

Wajib Tau! Ini Doa Buka Puasa Ramadhan Yang Shahih Berdasarkan Sunah Serta Lafal Doa Buka Puasa Bersama Saat Kamu Bukber

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam yang dianggap sebagai bulan yang paling mulia dan suci. Pada bulan ini, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sehari penuh, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan penuh berkah, Yang mana setiap kali kita melakukan kebaikan sekecil apapun akan menjadi pahala seperti salahsatunya adalah membaca doa.

Baca Juga: 12 Ayat Al-Qur’an Tentang Puasa di Bulan Ramadhan Lengkap Dengan Terjemah

Doa buka puasa merupakan doa yang dibaca oleh umat Muslim pada saat mengakhiri ibadah puasa selama Ramadhan. Doa ini biasanya dibaca ketika adzan maghrib berkumandang, sebagai tanda berakhirnya waktu puasa pada hari tersebut.

Dalam doa buka puasa, umat Muslim memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT, serta mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan-Nya. Oleh karenya berikut akan kami sampaikan Macam- Macam Doa Berbuka Puasa Ramadhan Yang Benar, shahih berdasarkan sunnah.

Macam- Macam Doa Berbuka Puasa Ramadhan Yang Benar

Sebelum memulai makan dan minum setelah seharian berpuasa, seorang Muslim disarankan untuk membaca doa terlebih dahulu. Doa buka puasa bukan hanya merupakan suatu amalan yang dianjurkan, namun juga merupakan bagian dari etika berbuka puasa yang perlu kita perhatikan.

Dalam agama Islam, setiap tindakan bahkan yang paling kecil sekalipun tetap diatur oleh syariat Islam. Oleh karena itu, ketika hendak berbuka puasa, membaca doa buka puasa sangat dianjurkan agar perbuatan tersebut dapat menjadi suatu ibadah yang diterima oleh Allah SWT.

Baca Juga: Keuangan Membengkak Saat Puasa? Coba 5 Tips Keuangan Ini

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Arab Latin Beserta Artinya

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Arab Latin Beserta Artinya

Seiring dengan anjuran Rosulullah SAW untuk membaca doa ketika berbuka puasa, Berikut kami mempersembahkan sebuah artikel yang merangkum bacaan doa berbuka puasa ramadhan.

Dalam artikel ini, doa buka puasa akan disajikan dengan teks Arab, Latin, dan artinya, sehingga umat Muslim dapat lebih mudah menghafal dan memahaminya.

Berikut adalah teks arab doa berbuka puasa Ramadhan beserta latin dan artinya:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ أمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفَطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allahuma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqiqa afthartu. Birrrahmatika yaa arhamar rohohimin.

Artinya: Ya allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Adapun mengenai cara membacanya yaitu pada saat sudah masuk waktu magrib atau waktu berbuka puasa, Dibaca sebelum membatalkan puasa (makan / minum)

Baca Juga: Agar Tetap Sehat Saat Puasa, Lakukanlah 5 Kebiasaaan Ini

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah

Doa berbuka puasa di atas bukan berarti tidak sesuai dengan sunnah, malah termasuk yang paling umum dan diajarkan oleh Rasulullah kepada seluruh umatnya.

Namun, doa berbuka puasa yang akan disampaikan selanjutnya ini adalah tambahan referensi untuk kaum muslimin. Sebagai opsi atau pengetahuan tambahan terkait doa berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Berikut lafal doa berbuka puasa ramadhan yang sesuai sengan sunnah:

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah

Artinya: Telah hilanglah dahaga, telah basalah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan jika Allah menghendaki.

Baca Juga: Kumpulan Kata Ucapan dan Poster Ramadhan Terbaru 2023 / 1444 H Paling Menyentuh Hati dan Penuh Makna

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Yang Shahih

Tidak hanya satu, tetapi banyak doa berbuka puasa Ramadhan yang bisa dipelajari oleh umat muslim. Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, ada satu doa berbuka puasa yang mungkin masih jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Ketika kita beribadah, tidak ada salahnya untuk terus mencari ilmu dan memperkaya pengetahuan kita. Dengan menambah referensi doa berbuka puasa, kita bisa semakin memperdalam hubungan kita dengan Allah SWT dan memperkuat keimanan kita.

Adapun bunyi lafal doa berbuka puasa yang shahih adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Baca Juga: Link Grup WA Sahur & Ramadhan 2023 / 1444 yang Masih Aktif dan Seru!

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Beramai-Ramai

Doa buka Puasa Ramadhan Beramai-Ramai bareng

Jika saat berbuka puasa Ramadhan diadakan acara bukber atau buka bersama dan kita ingin membaca doa berbuka secara bersama-sama, itu sah-sah saja dilakukan. Namun, ada satu perbedaan penting dalam penyebutan doa yang harus diperhatikan.

Dalam sebuah doa biasanya terdapat kata dhommir yang artinya adalah “saya”. Namun, jika doa tersebut dibaca secara berjamaah, sebaiknya kata dhommir diganti dengan “kami” agar lebih sesuai dengan konteks pembacaan secara bersama-sama. Hal ini merupakan kewajiban bagi kita untuk memperhatikan tata cara dan etika dalam beribadah.

Sehingga doa berbuka puasa ramadhan beramai – ramai menjadi seperti ini:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْنَّا وَبِكَ أَمَنَّا وَعَلَى رزْقِكَ أَفَطَرْنَا بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allahuma lakasumna Wabika Aamanna Wa’alaa Rizqika Afthorna Birohmatika Yaa Arhamar Roohimiin

Artinya: Ya allah karena engkau kami berpuasa, Dengan mu kami beriman, Kepada Mu kami berserah dan dengan rezeki Mu kami berbuka (puasa) dengan Rahmat Mu, Ya allah Tuhan Maha Pengasih.

Baca Juga: Jangan Terlewat, Ini 10 Amalan Utama di Bulan Ramadhan

Anjuran Menyegerakan Berbuka Puasa Ramadhan

Rasulullah SAW sangat menekankan pentingnya menyegerakan berbuka puasa pada waktu yang telah ditentukan. Meskipun kita masih mampu menahan lapar dan dahaga, berbuka puasa pada waktunya akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan kekuatan tubuh kita.

Untuk memperkuat anjuran menyegerakan berbuka puasa tersebut, penulis akan mencantumkan hadis shahih yang menerangkan tentang pentingnya menyegerakan berbuka puasa.

Berikut adalah hadist yang menyinggung tentang anjuran menyegerakan berbuka puasa baik sunnah maupun juga puasa di bulan ramadhan

لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Ayazaalun naasu bikhoirin maa ‘ajjalul fithro

Artinya : Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka. (Hadits Riwayat Bukhari)

Etika Berbuka Puasa Ramadhan

Setiap ibadah dalam Islam memiliki tata cara dan adabnya masing-masing, termasuk dalam pelaksanaan berbuka puasa. Menjaga etika atau akhlak yang baik saat berbuka puasa tidak hanya memberikan manfaat moral, tetapi juga dapat menjadi nilai tambahan pahala bagi orang yang berpuasa.

Berikut beberapa etika yang sebaiknya dipraktikkan saat berbuka puasa, sesuai dengan syariat Islam:

  1. Berbuka puasa dengan makanan yang halal dan baik untuk tubuh.
  2. Membaca doa berbuka puasa sebelum memulai makan dan minum.
  3. Tidak berlebihan dalam makan dan minum, serta membagi makanan dengan sesama yang membutuhkan.
  4. Tidak membicarakan hal-hal yang tidak baik atau menimbulkan perdebatan saat berbuka puasa.
  5. Menjaga kebersihan saat makan dan minum, serta merapikan tempat makan setelah selesai.
  6. Menghindari perilaku yang tidak baik atau mengganggu orang lain saat berbuka puasa.

Meskipun ada beberapa versi dalam doa berbuka puasa yang dianjurkan, namun inti dari doa tersebut tetap sama, yaitu memohon rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

Oleh karena itu, marilah kita selalu mengamalkan doa berbuka puasa dengan sungguh-sungguh, sehingga kita dapat memperoleh manfaat dari ibadah yang kita lakukan. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi kita dan menerima segala ibadah yang kita lakukan. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *