Contoh Teks Susunan Acara Perpisahan Sekolah, Kantor, Pegawai, Guru dll Lengkap!

Berikut Merupakan Teks Susunan Acara atau Rundown Untuk Kegiatan Perpisahan Sekolah Paud, TK, SD Kelas 6, SMP Kelas 9, SMA Kelas 12, PPL, Kantor, Pensiun dll Yang Lengkap dan Singkat serta Mudah Dibawakan.

Susunan acara perpisahan (Rundown) atau yang mungkin sering kita sebut dengan teks pembawa acara (MC) tentu penting adanya didalam setiap kegiatan formal maupun non formal dengan maksud agar nantinya kegiatan yang diselenggarakan tersebut berjalan secara sistematis dan terstruktur.

Dengan adanya teks susunan acara ini, Kegiatan seperti perpisahan, kenaikan kelas, wisuda, pelepasan siswa – siswi akan lebih terarah serta semua acara dapat dengan mudah tersampaikan terhadap para tamu undangan tanpa harus ada yang terlewat.

Baca Juga: Tinggal Copas! 5+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat Whatsapp

Biasanya panitia akan menyiapkan susunan acara ini jauh – jauh hari sebelum hari H proses kegiatan tersebut berlangsung, Tentunya panitia pun akan mengkondisikan isi daftar susunan acara sesuai dengan tema kegiatan yang akan berlangsung tersebut.

Pada artikel kali ini kami akan membagikan berbagai jenis contoh susunan acara perpisahan seperti Sekolah Paud, TK, SD Kelas 6, SMP Kelas 9, SMA Kelas 12, PPL, Kantor, Pensiun dll. Namun sebelum ke teks struktur susunan acara, Alangkah lebih baik kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu Susunan Acara

Apa Itu Rundown Acara?

Rundown adalah urutan acara yang dibuat untuk kepentingan tertentu. Biasanya berisi informasi tentang acara, waktu, lokasi, dan lainnya. Susunan acara dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan, mulai dari acara komersial, acara sosial, acara keagamaan, konferensi, perpisahan sekolah, kantor, pensiunan dll.

Susunan acara harus dirancang dengan baik dengan mengambil tujuan acara dan kebutuhan para peserta acara secara khusus kedalam pertimbangan. Susunan acara dapat membantu para peserta acara menghabiskan waktu mereka secara efisien dan produktif.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Rasa Malas. Motivasi, Target, Punishment dan Reward

Tujuan & Manfaat Membuat Rundown Acara

Rundown Acara berfungsi untuk membantu perencana acara memastikan bahwa semua elemen acara berjalan lancar sesuai rencana sebelumnya. Manfaat dari membuat Rundown Acara adalah:

1. Membuat Acara Lebih Efektif

Rundown Acara menyediakan struktur yang terorganisir bagi perencana acara dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka. Dengan adanya susunan acara memudahkan perencana acara untuk memonitor progres acara dan memastikan bahwa semua aktivitas berjalan sesuai rencana.

2. Meningkatkan Konsistensi Performa

Rundown Acara menyediakan petunjuk yang jelas tentang bagaimana setiap bagian acara harus berlangsung. Sehingga hal ini dapat Ini memastikan bahwa semua bagian acara berjalan dengan konsistensi dan berkualitas tinggi.

3. Meningkatkan Kepuasan Audience / Tamu Undangan

Dengan Rundown Acara yang jelas, para tamu undangan akan lebih menikmati setiap rangkaian acara – demi acara yang berlangsung. Sehingga hal ini akan membuat mereka lebih puas dan tidak merasakan jenuh selama berlangsungnya acara tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Ucapan Untuk Sahabat Sejati

Cara Membuat Rundown Acara

Agar Rundown acara yang disusun nantinya terstruktur dan maksimal, Pastikan panitia telah benar – benar memahami tema acara, tujuan, serta alokasi waktu terhadap acara tersebut.

Bagian pertama yang perlu dilakukan adalah menyusun semua rangkaian kegiatan yang akan dibawakan dari awal sampai akhir acara. Jika sudah menentukan kegiatan apa saja yang akan berlangsung, Kamu juga perlu menentukan durasi waktu dari masing – masing kegiatan tersebut. Pastikan estimasi waktu tersebut tidak melebihi alokasi waktu yang telah ditentukan dari awal.

Perlu diperhatikan, Sebaiknya kamu menambahkan keterangan mengenai penanggung jawab dalam setiap kegiatan yang berlangsung. Dengan demikian nantinya akan mempermudah dalam merkoordinasikan serta panitia pelaksana akan lebih mudah untuk menghubungi siapa saat membutuhkan sesuatu.

Baca Juga: Udah Tau Belum? Ini 3 Bahasa Daerah yang Banyak Dipakai Orang Indonesia

Jika rundown sudah berhasil disusun, Langkah berikutnya kamu harus menginformasikan rundown acara terhadap semua kru pelaksana. Ini bertujuan untuk mendapatkan revisi dan masukan dari anggota yang lain agar semuanya berjalan secara optimal.

Hal tersebut juga bertujuan agar koordinasi sesama panitia pelaksana menjadi semakin solid. Yang mana dengan demikian akan tercipta keberlangsungan acara yang lancar sesuai dengan rencana dan harapan semuanya.

Struktur Susunan Acara (Rundown) Perpisahan

1. Pembukaan

Susunan acara pertama adalah pembukaan yang tentunya dibawakan olehh MC secara meriah namun tetap formal. MC juga diperbolehkan untuk membacakan susunan acara yang akan berlangsung selama perpisahan.

2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran / Tawasul

Acara kedua biasanya diisi dengan pembacaan potongan ayat – ayat Al-Quran ataupun juga tawasul. Untuk yang beraga non muslim, Bagian ini bisa diisi dengan acara serupa di agama kamu ataupun juga bisa dilewat.

Baca Juga: Perbedaan Warna Mocca dan Coksu Beserta Rekomendasi Warna Untuk Dipadukan

3. Sambutan

Sambutan ini biasanya terdiri dari beberapa tokoh terkemuka. Jika di acara perpisahan sekolah, Sambutan akan dibawakan oleh Kepala sekolah, Ketua Yayasan, Guru Kelas / Wali kelas, Ketua OSIS, Perwakilan dari siswa yang akan lulus dan lain sebagainya.

4. Kreasi Siswa

Untuk acara perpisahan sekolah, Sebelum ke acara inti biasanya akan disuguhkan terlebih dahulu acara kreasi siswa yang biasanya siswa yang berpartisipasi tersebut adalah adik kelas para siswa yang hendak meninggalkan sekolah

5. Pelepasan Atribut Sekolah (Siswa)

Selanjutnya adalah acara inti yang biasanya disimbolkan dengan pelepasan atribut dari siswa yang akan meninggalkan sekolah, Untuk pelepasan atribut sekolah cukup diwakilkan oleh 2 orang siswa saja (laki – laki dan perempuan). Sementara untuk mencopot atribut tersebut dilakukan oleh kepala sekolah.

6. Penyerahan Cenderamata / Kenang – Kenangan

Berikutnya adalah penyerahan cenderamata ataupun juga kenang – kenangan dari siswa yang akan diserahkan kepada guru atau wali kelas.

Baca Juga: Perbedaan Smart TV dan Android TV, Ini Yang Lebih Wort It!

7. Penyerahan Hadiah Untuk Siswa Berprestasi

Untuk acara perpisahan sekolah selanjutnya yaitu memberikan apresiasi bagi para siswa – siswi yang berprestasi oleh pihak sekolah dengan memberikan hadiah.

8. Hiburan

Di sela – sela acara penyerahan hadiah bisa diisi dengan acara – acara hiburan yang dapat mencairkan suasana setelah menjalani serangkaian acara diatas tadi. Bisa dengan acara hiburan nyanyi, puisi, seni dll.

9. Pembacaan Doa

Pembacaan doa bisa dipimpin oleh guru agama atau secara khusus menghadirkan ulama / guru spiritual yang memang ahli dibidangnya.

10. Penutup

Acara terakhir adalah penutup sekaligus dengan penyampaian berbagai pesan termasuk permintaan maaf serta ucapan sampai jumpa serta diakhiri dengan hamdalah atas kelancaran acara yang berlangsung.

Baca Juga: Pengertian dan Pertanyaan Tentang Pendidikan Karakter Lengkap Beserta Sejarah, Tujuan, Manfaat dll

7 Contoh Rundown / Susunan Acara Perpisahan (Paud, TK, SD, SMP, MTs, SMA, SMK, PPL, Kantor, Pensiun dll) Lengkap

Setelah kamu mengetaui informasi lebih menjabar mengenai Rundown susunan acara perpisahan, Berikut kami telah menyediakan berbagai contoh format susunan acara perpisahan yang bisa kamu gunakan di acara perpisahan sekolah Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK PPL, Perpisahan Guru Pensiun, Kantor, Pegawai, Kepala Sekolah dll.

1. Contoh Teks MC Susunan Acara Perpisahan

Bismillahirohmanirohim

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat pagi salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat Bapak/Ibu kepala sekolah TK/SD/PAUD (…).

Yang terhormat Bapak dan Ibu guru TK/SD/PAUD (…).

Dan yang terhormat Bapak dan ibu guru orang tua atau wali siswa dan para tamu undangan.

Serta siswa-siswi TK/SD/PAUD (…) yang berbahagia,

Pertama dan paling utama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua.

Sehingga kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat walafiat pada acara perpisahan siswa siswi TK/SD/PAUD (…).

Shalawat serta salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang benderang yakni dinul Islam.

Hadirin yang berbahagia,

Saya selaku pembawa acara pada kesempatan kali ini, izinkan untuk membacakan serangkaian acara pelepasan siswa siswi TK/SD/PAUD (…).

1. Pembukaan

2. Pembacaan ayat suci Al Quran

3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya

4. Sambutan ketua panitia

5. Sambutan kepala sekolah

6. Penampilan tari-tarian

7. Sambutan perwakilan orang tua siswa-siswi TK/SD/PAUD (…).

8. Prosesi pelepasan siswa-siswi dan penyerahan cinderamata sekaligus penyerahan kepada wali murid

9. Hiburan

10. Doa

11. Penutup

Hadirin yang berbahagia,

Memasuki acara pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka acara ini dengan bacaan basmalah secara bersama-sama.

Acara selanjutnya yaitu pembacaan ayat suci Al Quran yang akan dibacakan oleh perwakilan siswa TK/SD/PAUD (…).

Acara yang ketiga yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, hadirin dimohon untuk berdiri.

Hadirin yang kami hormati,

Acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh ketua panitia dan sambutan kedua akan diisi oleh kepala sekolah TK/SD/PAUD (…).

Acara yang keenam yaitu sebuah tarian yang akan ditampilkan oleh perwakilan siswa-siswi TK/SD/PAUD (…).

Hadirin yang berbahagia,

Memasuki acara inti yaitu prosesi pelepasan siswa-siswi TK/SD/PAUD (…), penyerahan cinderamata, dan sekaligus penyerahan kepada wali murid.

Acara selanjutnya yaitu hiburan yang akan diisi oleh siswa-siswi sekolah TK/SD/PAUD (…).

Hadirin yang kami hormati, acara demi acara telah kita lalui bersama. Sebelum kita tutup acara pada siang hari ini alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu yang dipimpin oleh ustatdz (…).

Hadirin yang kami hormati, saya selaku pembawa acara dan panitia yang bertugas mohon maaf bila ada salah kata dan perbuatan.

Terimakasih, Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Baca Juga: 42+ Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja Secara Tulis Tangan dan Word / PDF Lengkap

2. Download Contoh Susunan Acara Perpisahan Paud / TK

Berikut ini susunan acara yang dibuat khusus untuk perpisahan PAUD dan juga TK, Serangkaian susunan acara yang telah kami susun ini bisa kamu sesuaikan dengan teks mc perpisahan diatas sebagai isi dari Rundown acara perpisahan.

Adapun jika kamu ingin mendownload file WORD / PDF dari susunan acara perpisahan Paud / TK silakan klik tombol download dibawah gambar berikut:

Contoh Susunan Acara Perpisahan Paud  TK

DOWNLOAD

3. Download Contoh Susunan Acara Perpisahan SD Kelas 6 dan SMP Kelas 9

Apabila kamu mencari susunan teks MC untuk acara perpisahan SD / MI Kelas 6 ataupun juga SMP / MTs Kelas 9 maka bisa menggunakan format rundown dibawah ini. Sudah disediakan file PDF / Word apabila kamu ingin mendownload dan menggunakannya untuk kegiatan perpisahan sekolah kamu.

Download Contoh Susunan Acara Perpisahan SD Kelas 6 dan SMP Kelas 9

DOWNLOAD

4. Download Contoh Susunan Acara Perpisahan SMA / SMK Kelas 12

Sementara untuk contoh teks susunan acara perpisahan bagi tingkat SMA / SMK Kelas 12 bisa kamu dapatkan disini, Untuk mendownloadnya kamu bisa klik tombol DOWNLOAD dibawah gambar berikut ini:

Download Contoh Susunan Acara Perpisahan SMA SMK Kelas 12

DOWNLOAD

5. Contoh Susunan Acara Perpisahan Guru, Kepala Sekolah Purna Bhakti / Purna Tugas

Tak hanya siswa – siswi yang juga mengalami perpisahan di Sekolah, Kalanya seorang guru pun juga mengalami yang namanya berpisah dengan sekolah tempat mereka mengabdi. Ada yang berpisah karena memang mereka harus berpindah tugas ke sekolah yang lain ataupun juga karena memang masa bhakti mereka sudah selesai (pensiun).

Contoh teks susunan acara untuk perpisahan guru pun sudah kami sediakan dibawah ini, Sehingga kamu dapat dengan mudah mendownload file PDF / Word nya di Link berikut ini:

Contoh Susunan Acara Perpisahan Guru Purna Bhakti  Purna Tugas

DOWNLOAD

6. Contoh Susunan Acara Perpisahan Pegawai

Tersedia juga contoh teks MC untuk acara perpisahan pegawai yang bisa kamu sesuaikan semua isi susunan acara dengan yang kamu perlukan, Pada file original berisi mengenai Rundown acara perpisahan pegawai Puskesmas Nawangan. Adapun untuk mendownload file ini silakan klik DOWNLOAD dibagian bawah gambar berikut:

Contoh Susunan Acara Perpisahan Pegawai

DOWNLOAD

7. Contoh Susunan Acara Perpisahan PPL / KKN Kuliah

PPL / KKN pada masa – masa kuliah memang terbilang cukup menjadi pengalaman yang tentu tidak bisa kita lupakan, Terkadang momen perpisahan PPL / KKN menjadi prosesi yang menyedihkan terlebih bari para siswa – siswi yang telah dekat dengan kita.

Tapi meski begitu tentu setiap pertemuan akan selalu ada yang namanya perpisahan, Oleh karenya berikut kami telah menyediakan format contoh susunan acara untuk prosesi perpisahan KKN / PPL bagi para mahasiswa dan mahasiswi.

Contoh Susunan Acara Perpisahan PPL  KKN Kuliah

DOWNLOAD

Contoh Susunan Acara Perpisahan yang Singkat

Untuk contoh susunan acara perpisahan yang singkat sendiri sebetulnya sudah kami sediakan diatas. Materi atau contoh rundown yang kami share tadi hampir semuanya termasuk kedalam contoh susunan acara yang singkat.

Jadi kamu bisa menggunakan file – file diatas untuk acara perpisahan. Memang terkadang kita tidak mempunyai waktu yang cukup panjang untuk mengadakan acara perpisahan, Sehingga contoh susunan acara perpisahan yang singkat selalu menjadi solusi.

Cara Memilih MC untuk Acara Perpisahan

Memilih MC untuk Acara Perpisahan merupakan hal yang penting untuk menentukan berhasil tidaknya suatu acara. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih MC untuk acara perpisahan Anda:

1. Keterampilan bicara: Pastikan bahwa MC yang dipilih memiliki kemampuan bicara yang baik. Ini akan membantu menarik perhatian audiens dan menciptakan suasana yang menyenangkan.

2. Pengalaman: Pilih MC yang memiliki pengalaman di bidang acara perpisahan. Ini akan membantu mereka beradaptasi dengan cepat dan tahu bagaimana menghandle audiens.

3. Penampilan: Pastikan bahwa MC yang dipilih memiliki penampilan yang baik, agar memancarkan aura positif di acara tersebut.

4. Keterampilan Teknis: Pastikan bahwa MC yang dipilih memiliki keterampilan teknis yang baik untuk menangani perangkat yang digunakan di acara tersebut.

5. Keterampilan Sosial: Pastikan bahwa MC yang dipilih memiliki kemampuan untuk menangani masalah yang mungkin timbul di acara tersebut.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat menemukan MC yang tepat untuk acara perpisahan Anda. Jika Anda merasa bingung, Anda juga dapat berkonsultasi dengan perusahaan event untuk mendapatkan bantuan dalam memilih MC.

Cara Mempersiapkan Dekorasi Acara Perpisahan

Persiapan Dekorasi Acara Perpisahan merupakan salah satu bagian penting dari suatu acara. Untuk mempersiapkan dekorasi yang tepat dan indah, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Tema. Pilih tema yang mencerminkan kelulusan dan senang hati dari perpisahan. Tema tersebut akan menentukan warna dan jenis dekorasi yang cocok untuk acara.

2. Warna. Pilih warna yang cerah dan menyenangkan untuk dekorasi. Warna-warna ini akan membuat suasana menjadi lebih akrab dan hangat.

3. Bahan. Pilih bahan yang tepat untuk mendekorasi ruangan. Carilah berbagai bahan seperti balon, bendera, pita, dan lain-lain yang akan mendukung tema yang telah dipilih.

4. Pemasangan. Lakukan pemasangan dekorasi dengan hati-hati dan teliti. Pastikan bahwa dekorasi telah tersusun dengan rapi dan rapih.

5. Perlengkapan. Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan tambahan seperti makanan, minuman, dan hiasan lainnya untuk menambah keindahan dekorasi.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat mempersiapkan dekorasi acara perpisahan yang indah, menarik, dan tepat sasaran.

Ide-Ide Kreatif untuk Acara Perpisahan

1. Sesi Perkenalan: Acara perpisahan ini dapat dimulai dengan sesi perkenalan teman-teman. Setiap orang harus menuliskan satu fakta menarik tentang diri mereka sendiri.

2. Sesi Permainan: Sesi ini akan menghibur peserta dengan permainan kreatif yang dapat dimainkan oleh semua orang. Beberapa contoh permainan yang dapat dipilih antara lain: “Guess the Song”, “Cara Membuat Puisi”, dan “What’s Missing?”

3. Sesi Bercerita: Buatlah sesi bercerita yang menarik untuk mengingatkan teman-teman tentang momen-momen menyenangkan yang pernah mereka alami bersama selama masa kuliah.

4. Sesi Musik: Pastikan untuk menyediakan komputer atau alat musik untuk memutar lagu-lagu favorit para peserta.

5. Sesi Foto: Buatlah sesi foto untuk menangkap momen berharga para peserta saat acara perpisahan ini.

6. Sesi Makan Malam: Pastikan untuk menyediakan makanan yang lezat untuk menutup acara perpisahan ini dengan baik.

Cara Menyusun Acara Perpisahan yang Menyenangkan

1. Buat Daftar Tamu: Pastikan untuk menyusun daftar tamu yang akan diundang ke acara perpisahan. Pastikan untuk mencakup teman-teman, keluarga, dan orang-orang yang berharga.

2. Tentukan Waktu dan Tempat: Tentukan waktu dan tempat yang tepat untuk acara perpisahan. Pastikan lokasi yang dipilih dapat menampung jumlah tamu yang diundang dan memenuhi persyaratan fasilitas yang dibutuhkan.

3. Persiapkan Program Acara: Buat daftar program yang akan diselenggarakan saat acara perpisahan. Program acara tersebut dapat berupa sambutan, makan malam dan perayaan, permainan, dan lain-lain.

4. Sediakan Barang-barang yang Dibutuhkan: Pastikan untuk menyediakan barang-barang yang dibutuhkan untuk acara perpisahan, seperti makanan, minuman, dekorasi, musik, dan lain-lain.

5. Pastikan Keamanan: Pastikan untuk membuat kebijakan keamanan yang tepat untuk acara perpisahan. Pertimbangkan hal-hal seperti penggunaan alat pelindung diri, pembatasan jumlah orang yang diundang, dan lain-lain.

6. Sediakan Hadiah: Sediakan hadiah bagi orang-orang yang hadir dalam acara perpisahan. Hadiah tersebut bisa berupa souvenir atau sesuatu yang bisa mengingatkan mereka pada acara tersebut.

7. Hormat Mereka yang Hadir: Pastikan untuk menghormati para tamu yang hadir dalam acara perpisahan. Berikan perhatian yang layak, seperti menyapa mereka dan meminta tanggapan mereka tentang acara.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, diharapkan dapat menyusun acara perpisahan yang menyenangkan. Jangan lupa untuk menikmati waktu dan menghargai orang-orang yang hadir dalam acara tersebut.

Tanya Jawab Seputar Rundown / Susunan Acara

Bagaimana Saya Mendownload File Susunan Acara yang Tersedia diatas?

Kamu hanya perlu mengklik tulisan DOWNLOAD pada susunan acara yang hendak di download. Nantinya setelah mengklik tombol DOWNLOAD akan diarahkan ke Google Drive yang kemudian kamu dapat menyimpan file tersebut ke perangkat

Apakah File Contoh Susunan Acara ini Gratis?

Semua File PDF / DOC yang kami bagikan di artikel contoh susunan acara perpisahan ini gratis dan tentunya dapat kamu download dan gunakan kapan saja untuk berbagai acara perpisahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *