Burung Kutilang Emas: Mengenal Jenis, Pakan dan Ciri-Cirinya

  • Whatsapp

Mengenal Jenis – Jenis, Pakan dan Ciri Burung Kutilang Emas – Burung kutilang emas ini sudah begitu terkenal di Indonesia karena dia mempunyai warna yang sangat cantik dan juga bisa berkicau dengan berbagai macam suara. Kutilang emas memiliki nama latin yakni ‘Pycnonotus Melanicterus’.

Kutilang emas mempunyai ciri yaitu kepala, paruh dan kaki yang berwarna hitam kelam, tubuh yang kecil dan ramping kira-kira 18cm saja, bagian bawah berwarna kuning dan sisi tubuh yang berwarna hijau zaitun.

Burung kutilang yang ada di Indonesia itu terdapat 2 jenis antara lain burung kutilang biasa dan burung kutilang emas.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Bayar E-Tilang Lewat ATM BRI, BNI, BCA dan Mandiri

Burung Kutilang Emas

Burung Kutilang Emas

Burung kutilang emas suka memakan buah-buahan dan juga serangga,  burung ini juga sangat menyukai pepohonan dan sifatnya agak pemalu. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa burung kutilang ini termasuk jenis burung yang berkicau.

Namun yang sering berkicau adalah kutilang emas yang jenis kelamin jantan. Dan bila burung ini mengembang-ngembangkan jambulnya maka itu tandanya bahwa dia sedang marah karena merasa terganggu.

Persebaran burung ini berada di Pulau Jawa,Kalimantan,Sumatra dan juga Bali, bahkan bisa sampai ke luar negeri yaitu di Asia Selatan.

Burung kutilang emas di suatu wilayah juga disebut dengan cucak kuning dan termasuk keluarga Pycnonotidae.

Jenis-Jenis Burung Kutilang yang Ada di Dunia

1. Kutilang Jawa

burung kutilang jawa

Burung kutilang jawa menjadi salah burung yang gampang dilatih karena memiliki sifat yang mudah beradaptasi. Ciri khas dari burung kutilang jawa yaitu memiliki tubuh yang cantik, pendiam dan kecil.

Serta mempunyai warna abu kecoklatan dibagian dada hingga perut dengan pipi yang bernoda putih, bagian punggung, ekor warnanya abu-abu dan bagian kepala berwarna hitam.

2. Kutilang Gacor

burung kutilang gacor

Karena kutilang ini sudah gacor maka tidak heran lagi jika harganya sangatlah mahal karena kicauannya yang begitu indah

3. Kutilang Wilis

burung kutilang wilis

Kutilang wilis berhabitat di ketinggian 800 sampai 3000 meter diatas permukaan laut. Dan populasinyapun ikut langka karena habitat dari burung ini mulai rusak.

4. Kutilang Zebra

burung kutilang zebra

Yang berjenis kelamin betina biasanya mempunyai warna yang tidak mencolok sedangkan jantan berwarna coklat totol putih di bagian sayapnya, pipi bercorak orange dan di bagian leher sampai dada bermotif zebra.

5. Lesser Goldfinch

Burung Lesser Goldfinch

Lesser goldfinch beratnya hanya kira-kira 0,28 sampai 0,41 ons saja dengan panjang 3,5 hingga 4,7 inci.

Karena itulah burung yang berasal dari Amerika Utara ini menjadi burung kutilang yang paling kecil yang ada di dunia.

6. Cordon-blue (Pipi Merah)

Cordon blue burung yang berasal dari Afrika Timur dan Afrika Tengah, dia mempunyai berat 35 ons dan panjang 5 inci saja.

Namun cordon blue mempunyai warna bulu yang cantik yakni biru langit dengan adanya corak merah bulat pada bagian pipinya.

7. Diamond firetail

Burung Diamond firetail

Diamond firetail juga berasal dari Australia bagian Tenggara, ciri dari jenis ini yaitu adanya polat putih bulat yang berada dibagian kedua sisinya, dan juga ekor yang warnanya merah tua terang.

Jenis ini biasa hidup di hutan atau padang rumput.

8. Gouldian

Burung Gouldian

Burung ini berasal dari Australia biasa disebut dengan kutilang lukisan karena mempunyai bulu cantik yang warna-warni itulah kenapa banyak orang yang terkesima jika melihatnya.

9. Kutilang Emas

Burung Kutilang Emas

Walaupun harganya tidak terlalu mahal namun kutilang emas paling banyak digemari oleh pecinta burung karena dia mempunyai tubuh yang berwarna kuning keemasan dan kepala yang berwarna hitam.

10. Kutilang Sutra

Burung yang cantik satu ini mempunyai bulu yang warnanya hijau dan pada bagian kepalanya berwarna hitam berkilau.

Kutilang sutra juga kicauannya biasa digunakan untuk masteran

11. Kutilang Biasa

Burung Kutilang Biasa

Burung kutilang biasa sama saja dengan burung yang lainnya dia mempunyai warna dibagian kepala hingga dahi hitam.

bagian atas warnanya coklat kelabu dan bagian bawah warnanya putih keabu-abuan

Jenis Burung Kutilang Yang Mempunyai Kicauan Indah

1. Burung Kutilang Emas

Harga dari burung kulitang emas bisa dibilang cukup murah hanya sekitar 100 – 200 ribu rupiah, namun bila kutilang emas yang sudah gacor harganya pun akan lebih mahal yakni sekitar 300 – 400 ribu.

Kutilang emas ini juga biasa disebut cucak kuning.

2. Burung Kutilang Biasa

Burung kutilang biasa mempunyai ciri-ciri pada bagian kepala,dahi dan jambul warnanya hitam, penutup pantat warnanya jingga, tubuh bagian atas warnanya coklat kelabu dan bagian bawahnya berwarna putih ke abu-abuan.

Jenis burung ini menjadi yang paling banyak diminati oleh pecinta burung.

3. Burung kutilang wilis

Burung kutilang wilis adalah salah satu burung yang hanya dapat ditemui di Indonesia, walaupun begitu namun peminat dari burung satu ini berkurang.

Kutilang wilis dikenal dengan burung cucak gunung, cucak rengganis dan cucak wilis.

4. Burung kutilang sutra

Burung kutilang sutra mempunyai ciri khas buku kepala hingga matanya berwarna biru muda dan kutilang sutra biasa di sebut dengan nama cucak kurincang.

5. Burung kutilang trucukan

Burung kutilang jenis ini juga bisa meniru suara dari burung lainnya dan juga cerdas. Burung kutilang trucukan juga sangat mudah dijinakannya.

Makanan Burung Kutilang Agar Cepat Gacor

Buah-buahan

Buah yang mengandung protein, mineral dan vitamin sangat bagus bagi perkembangan burung kutilang. Dan juga burung ini sangat menyukai buah seperti pepaya, pisang, apel dan lain-lain

Makanan buatan

Makanan buatan maksudnya makanan yang dibut dengan alami seperti contohnya makanan burung yang sama dengan hebitatnya tetapi jika diproduksi oleh pabrik makanan ini sudah tercampur dan menghasilkan seperti voer.

Extra fooding

Memberi makanan extra fooding seperti belalang, jangkirik, kroto dan ulat hongkong. Karena kroto sangat bagus untuk peningkatan kicauan burung supaya rajin berkicau dan tidak mudah sakit

Belalang kecil

Jangkrik

Cara Merawat Burung Kutilang Emas

1. Pemeliharaan sejak bayi

Jika ingin mempunyai burung kutilang yang suaranya bagus bagi anda maka harus merawatnya sedari kecil karena jika burung yang sudah dewasa itu akan sedikit sulit merubah suaranya lagi

2. Pisahkan dari burung kutilang yang sudah liar

Hal ini diperlukan sekali agar burung kutilang yang masih bayi tidak meniru suara dari burung kutilang yang sudah dewasa karena bagi sebagian orang burung kurilang yang sudah dewasa suaranya itu tidak bagus

3. Melakukan pemasteran

Pemasteran atau melatih burung yang dipelihara supaya meniru kicauan yang kita inginkan. Mengapa disarankan untuk melatihnya dari kecil itu karena supaya burung tersebut mendapat suara yang kita mau.

4. Memberikan pakan yang berkualitas

Untuk memberi makananannya pun tidak boleh asal anda harus memberi makanan yang kualitasnya bagus karena itu sangat baik bagi pertumbuhan dari burung tersebut contohnya yaitu biji-bijian, makanan buatan,extra fooding dan buah-buahan.

Harga Burung Kutilang Saat Ini

Bagi Anda yang ingin memelihara burung kutilang, tentu harus mengetahui harga detailnya terlebih dahulu agar bisa menyesuaikannya dengan budget Anda. Berikut daftar harganya.

Jenis BurungHarga
Kutilang BetinaRp 15.000 – Rp 30.000
Kutilang GacorRp 50.000 – Rp 100.000
Kutilang SutraRp 100.000 – Rp 250.000
Kutilang JambulRp 50.000 – Rp 100.000
Kutilang JantanRp 20.000 – Rp 50.000
Kutilang EmasRp 50.000 – Rp 100.000

Dengan mengetahui jenis dan harga burung kutilang Anda bisa lebih mudah untuk memeliharanya. Hal ini tentu akan membantu Anda.

Bukan hanya sebagai hobi, namun memelihara burung hias juga mampu membantu Anda untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Demikian informasi kali ini mengenai burung kutilang yang dibahas dengan ciri-ciri, jenis-jenis, pakan serta harga. Bagi Anda kicau mania dan ingin mengetahui informasi lain seputar burung bisa mengunjungi sukaburung.com karena informasinya sangat lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *