Cara Mudah Membuat dan Memasang Favicon di Blogger

  • Whatsapp

Ridpir.ID – Gak ada bosan-bosannya saya ngepost di blog ini mengenai tutorial. Karena tujuan utama dari blog inipun yaitu untuk menuliskan curhatan atau pengalaman yang pernah saya alami lalu saya menuangkannya secara online melalui blog kecil ini.

Semoga artikel kali ini dapat membantu kalian yang sedang mencari cara untuk membuat sebuah gambar favicon dan menempelkannya didalam blog.

Favicon adalah sebuah gambar, lambang atau logo yang biasanya terlihat dan tampil dibagian atas address bar. Favicon sendiri dibuat untuk menghiasi dan membuat blog itu terlihat lebih profesional dimata pengunjung dan menjadi ciri khas blog tersebut.

Muat Lebih

Membuat gambar untuk sebuah favicon tidaklah begitu sulit, anda bisa membuat favicon secara online jika memang tidak mahir menggunakan potoshop.

Beberapa waktu lalu saya sempat mengganti favicon blog saya menggunakan hasil kreasi sendiri yang lebih unik dan terkesan profesional, karena favicon yang lama menggunakan gambar dari google karena hanya untuk sementara saja.

Karena saya merasa bahwa blog saya ingin terlihat lebih menarik, jadi saya mengganti favicon menjadi seperti sekarang ini

Cara Membuat Gambar Untuk Favicon

Gambar favicon yang saya pakai, bukan buatan dari website online ataupun software edit foto paling profesional. Saya hanya menggunakan sebuah aplikasi Android, yaitu menggunakan aplikasi picsay pro.

Kalian bisa mendownload aplikasinya di google play seharga Rp. 18.000 kalau tidak berubah, atau kalo mau yang gratisan kalian bisa mencarinya di google (tidak disarankan).

Menggunakan Website Online

Trik pertama yaitu menggunakan sebuah website khusus sebagai tempat membuat gambar favicon. Berikut ini saya berikan 2 buah link untuk menuju ke websitenya :

Otomatis (Menggunakan foto sendiri dan diproses secara otomatis)
Silahkan kalian kunjungi www.favicon-generator.org
Tutorialnya:

  1. Pada tulisan “Cose File”, kalian pilih gambar yang akan dijadikan favicon nantinya.
  2. Lalu klik “Creat Favicon”.
  3. Langkah terakhir kalian tinggal klik “Download the generated favicon”. Maka favicon agan segera di download.

Membuat Favicon Secara Manual (Membuat Desain Sendiri)

Silahkan kunjungi www.favicon.cc
lalu mulai membuat desainnya dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di sebelah kanan, hasilnya akan terlihat seperti gambar saya berikut ini:

Kalian bisa mengcustomisasi pilihan warna sesuai dengan keinginan, dan kalo kalian melakukan kesalahan menempatkan warna kedalam kolom, kalian juga bisa menghapusnya menggunakan ikon eraser.

Kalau sudah selesai dan kalian ingin mendownloadnya, cukup sedikit scroll kebawah maka akan ada menu download seperti pada gambar berikut ini, lalu klik “Download Favicon”:

Menggunakan Aplikasi Edit Foto Android (PicSay Pro)

Saya lebih memilih menggunakan cara ini ketimbang kedua cara diatas. Jika kalian menggunakan aplikasi ini maka kita bisa memiliki kebebasan untuk mendesain tampilan gambar faviconnya secara bebas.

Kelebihan kedua yaitu kita bisa membuat logonya menjadi format PNG, sehingga backgrounnya bisa menyesuaikan dengan latar warna address bar (transparan).

Cara Membuat dan Mengeditnya

Setelah kalian memiliki aplikasinya (Disini saya memakai PicSay Pro)

  1. Buka aplikasi tersebut.
  2. Tap pada Get a Picture, maka akan muncul popup kalian pilih saja menu yang paling bawah, yaitu New Blank Picture. Pada size kalian masukan ukuran luas dan panjangnya (Harus persegi/ Bujur Sangkar) saya sarankan dengan ukuran 730×730. Jangan lupa pada Background color setting dengan Opacity 0%. Setelah selesai jangan lupa tap “Creat”

  3. Sekarang kalian tinggal membuat desainnya sesuka hati. Bisa menggunakan tulisan atau menggunakan underscore seperti punya saya.
  4. Setelah desain gambarnya jadi, kalian tap exsport untuk menyimpannya lalu pilih save image to album

Agar gambar Favicon bisa diupload di blogger, sebaiknya gambar tersebut memiliki bentuk bujur sangkar atau persegi dan memiliki ukuran paling besar 100kb

Bagaimana, mudah bukan? untuk membuat dan mengganti gambar Favicon di blogger. hanya dengan waktu 15 menit sudah bisa terpasang. Kita bisa melakukannya kapan dan dimanapun selagi ada waktu luang, dan didukung dengan adanya gadget atau komputer.

Jika kalian suka dengan artikel diatas, tidak ada salahnya untuk berlangganan ke blog ini untuk mendapatkan email pemberitahuan gratis kalau ada artikel terbaru, terhangat, terupdate dan paling aktual dari blog ini.

Saya ingin berlangganan, Tapi bagaimana caranya? Cukup mudah, kalian tinggal memasukan alamat email milik sendiri kedalam kolom berlangganan dibawah artikel ini. Semoga artikel saya kali ini dapat bermanfaat dan membantu yang sedang membutuhkannya.

Itu adalah tutorial favicon lama, sekarang sudah mengganti kembali favicon dengan yang lebih keren tentunya 😁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Cara manual lebih bagus tentunya :v Terimakasih udah berkunjung dan menyempatkan waktu untuk berkomentar ๐Ÿ˜€