Cara Menjual Barang di Marketplace Facebook Melalui Gadget, PC dan Laptop

  • Whatsapp

Cara Menjual dan Posting Barang di Marketplace Facebook Melalui PC/Laptop

Facebook bukan hanya sekedar sosial media untuk sebagian orang, karena dengan facebook anda bisa melakukan penjualan produk yang dimiliki melalui marketplace yang sudah disediakan oleh facebook itu sendiri.

Kelebihan dari marketplace dibandingkan dengan facebook ads ialah anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menampilkan produk yang akan dijual kepada publik, hal ini tentu saja dapat menekan biaya iklan anda yang nantinya bisa digunakan sebagai modal lainnya.

Baca Juga: Mudah! ini Cara Mendapatkan Uang dari Video Fanspage di Facebook Creator

Lalu bagaimana cara menjual barang di marketplace facebook? Caranya cukup mudah, semuanya akan saya bahas dengan detail agar teman-teman disini paham melakukan penjualan di marketplace facebook.

Cara Menjual Barang di Marketplace Facebook

Facebook bisa diakses menggunakan android maupun pc, saya akan memberikan kedua cara tersebut karena memang tampilannya sedikit berbeda. Hal tersebut ditujukan kepada anda yang masih awam dan baru mengenal facebook.

Menggunakan PC dan Laptop

Pertama akan saya jabarkan cara jualan di marketplace fb menggunakan pc/laptop, karena menurut saya penggunaan pc lebih mudah dibandingkan dengan HP Android.

  • Pertama silahkan buka situs facebook.com/marketplace/
  • Saat berada ditampilan awal lihatlah sisi kiri akan ada menu Buat Tawaran Baru. Klik menu tersebut
Cara Menjual Barang di Marketplace Facebook Melalui PC dan Laptop
  • Selanjutnya pilih jenis atau kategori tawaran. Misalnya disini saya akan menjual barang
Cara Menjual Barang di Marketplace Facebook Melalui PC dan Laptop
  • Pada bagian ini anda bisa mengupload gambar barang / kendaraan atau rumah yang hendak dijual
Cara Menjual Barang di Marketplace Facebook Melalui PC dan Laptop
  • Selain itu anda juga bisa memasukan judul, harga, keterangan, lokasi dan kategori yang lebih spesifik
  • Jika sudah klik Selanjutnya
  • Langkah terakhir cukup klik Terbitkan untuk mempublikasikan baraang yang anda jual kepada publik. Anda juga bisa membagikan ke forum grup jual beli yang sesuai dengan barang apa yang dijual agar lebih laris

Pada tahap ini anda telah berhasil melakukan cara menjual barang di marketplace fb, bila barang yang dijual menarik tinggal menunggu waktu untuk mendapatkan chatting dari pelanggan pertama yang tentu saja untuk membeli barang teman-teman.

Menggunakan Android

Tidak berbeda dengan pc, berjualan di marketplace facebook baik sebuah barang elektronik maupun lainnya  sama saja cara penggunaannya. Hanya saja berbeda dalam pemilihan kategorinya, yang nantinya kategori tersebut sangat mempengaruhi hasil penjualan anda.

Baca juga: Cara Membuat Nama Facebook Kosong

Lalu bagaiamana cara jualan di marketplace facebook hanya dengan menggunakan android? Caranya sangat mudah, pastikan teman-teman sudah menginstall aplikasi Facebook, baik yang lite maupun bukan karena pada dasarnya sama saja.

  • Pertama buka aplikasi Facebook dan masukan akun kalian
  • Kemudian pilih menu Marketplace dengan logo seperti toko
  • Setelah itu pilih tawaran apa yang akan dijual, ada empat pilihan yakni barang, kendaraan, rumah atau pekerjaan. Silahkan pilih salah satu
  • Disini saya memilih barang, lanjut dengan menambahkan barang yang akan dijual
  • Isikan judul dengan barang apa yang anda jual
  • Atur kategori sesuai dengan barang, misal elektronik atai lainnya
  • Lalu lanjutkan untuk mengisi hal lainnya, pengisian tidak boleh asal, harus menarik perhatian orang agar terlihat lebih profesional
  • Apabila sudah klik Selanjutnya yang ada diatas kanan
  • Seperti pada pc, tekan Terbitkan untuk menerbitkan produk ke dalam marketplace

Selain menerbitkan ke marketplace, anda juga bisa menerbitkan ke beberapa grup sekaligus dengan cara mencentang grup mana saja. Jadi tidak perlu satu-satu untuk memposting ke grup, cukup centang, misal 5 grup lalu publikasikan.

Sekedar informasi, cara menjual barang di maraketplace bagi pengguna facebook lite tidak berbeda dengan cara diatas. Walaupun tampilannya sedikit berbeda namun pada dasarnya sama saja, jadi cukup sesuaikan dengan apa yang ada ditampilan facebook anda.

Jangan lupa untuk memasukan kata kunci barang di deskripsi dan judul. Misalnya ketika anda menjual sebuah motor, tuliskan disana motor apa dan dideskripsi tuliskan kembali dan harus lebih detail.

Jangan lupa untuk memberikan harga yang menarik perhatian orang, karena harga sangat mempengaruhi persaingan anda dengan penjual yang lainnya. Mungkin cukup sampai disini pembahasan mengenai cara posting jualan di marketplace facebook via gadget, komputer pc dan laptop. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *