Gadget  

Auto Bersih! 7 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi (iPhone & Android)

Artikel Kali ini Membahas Mengenai Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP iPhone dan Android (Samsung, Oppo, Vivo, Redmi, Realme, Infinix dll) Secara Mudah dan Manjur

Memiliki HP dengan ruang penyimpanan memori internal berkapasitas kecil biasanya akan menimbulkan masalah ruang penyimpanan yang gampang sekali penuh (habis) meski hanya diisi beberapa aplikasi serta data – data (foto, video, musik) yang juga tidak terlalu banyak.

Biasanya ruang penyimpanan hampir habis ini sering dijumpai pada smartphone dengan memori internal kecil 16GB, 32GB dan 64GB seperti Samsung J2 Prime, Redmi 4a, Redmi 5a, Redmi 6a serta HP lainnya yang memiliki ROM kecil.

Baca Juga: Cara Berbagi Password WiFi yang Sudah Terhubung disemua HP Oppo

Cara yang paling sering kita lakukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan yang hampir habis ini biasanya dengan cara membersihkan cache secara rutin, menghapus aplikasi yang jarang digunakan serta jika masih tetap penuh solusi terakhir adalah dengan melakukan hard reset ke setelan pabrik.

Namun dilema yang sering kita hadapi apabila melakukan hard reset adalah malas untuk melakukan backup serta merestorenya kembali ke hp yang tentu membutuhkan usaha serta memakan waktu yang tidak sebentar.

Oleh karenya berikut ini ridpir.com akan memberikan tips paling manjur yang bisa kamu lakukan saat menghadapi masalah ruang penyimpanan hampir habis tanpa harus melakukan hard reset dan juga menghapus aplikasi yang sudah terinstall.

Penyebab Ruang Penyimpanan Ponsel Penuh, Padahal Aplikasi Sedikit?

1. File Sampah

File sampah dan juga cache menjadi faktor utama yang menyebabkan memori penyimpanan pada ponsel menjadi cepat penuh walaupun mungkin kita hanya menginstall beberapa aplikasi saja.

Cache sendiri merupakan suatu penyimpanan yang memuat berbagai informasi dan juga data pada aplikasi / website yang disimpan pada perangkat dan berfungsi untuk mempercepat akses saat data – data tersebut dibutuhkan kembali.

Dengan adanya cache, Aplikasi / website tidak akan merequest semua data yang sudah tersedia pada perangkat kita sehingga membuat proses loading menjadi lebih cepat. Namun dengan adanya cache tentu membuat memori pada ponsel kita lebih cepat penuh.

Baca Juga: Cara Membuat Status Tulisan Keren di WhatsApp, FB, Telegram dll

2. Berkas Media Yang Tidak Diperlukan

Adakalanya kita tidak sengaja menyimpan berbagai file tidak penting pada ponsel, Hal ini biasanya disebabkan saat kita mengakses beberapa aplikasi yang mempunyai setelan mengunduh konten, Seperti salahsatunya adalah WhatsApp dan Telegram.

Kedua aplikasi tersebut akan menguras lebih banyak memori ponsel saat digunakan dengan frekuensi yang sering, Terlebih untuk kegiatan menonton film dan juga download gambar serta video.

Berkas – berkas tersebut lama kelamaan akan semakin membesar kapasitasnya sehingga akan memenuhi ruang penyimpanan di HP kita.

3. Kapasitas Memori Internal Kecil

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan spesifikasi HP saat ini bisa dibilang sangat boros terlebih perihal memori internal, Untuk dapat menginstall satu aplikasi saja kita membutuhkan setidaknya 50 MB pada ruang penyimpanan.

Sehingga apabila memori internal pada ponsel kita tidak terlalu besar tentu akan sering mengalami masalah ruang penyimpanan hampir habis, Terlebih apabila kita sering menggunakan HP tersebut untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Nomor HP Virtual Indonesia dan Luar Negeri Untuk Verifikasi Gratis

4 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

1. Hapus Cache WhatsApp dan Media yang Tidak Penting

Sebagian dari kita mengetahuinya bahwa semua file yang dikirim atau diterima melalui WhatsApp semakin hari akan terus bertambah dan akan mengendap sehingga memenuhi sebagian penyimpanan ponsel.

Oleh karenanya baru – baru ini WhatsApp mengeluarkan fitur baru pada pembaruannya yaitu berupa pesan sementara dan fitur hanya tampil sekali pada gambar yang diset sekali tayang. Dengan adanya pembaruan fitur ini tentu bisa menjadi alternatif untuk memangkas ruang penyimpanan sehingga kita hanya menyimpanan riwayat chat dan media yang penting – penting saja.

Namun bagaimana jika terlanjur? Kita masih bisa membersihkan file – file yang tidak terpakai dengan cara dibawah ini:

  • Buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp
  • Kemudian klik titik tiga dipojok atas sebelah kanan seperti yang ditunjukan panah nomor 1 berikut:
Cara Mengosongkan Ruang Peyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi (iPhone & Android)
  • Langkah berikutnya kita akan masuk ke “Penyimpanan dan Data
Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi
  • Setelah itu buka “Kelola Penyimpanan
Cara Mengosongkan Ruang Peyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi (iPhone & Android)
  • Pengelolaan penyimpanan WhatsApp akan terbuka. Disini kita bisa melihat semua file dan media yang menjadi penyebab ukuran penyimpanan WhatsApp membengkak.
  • Untuk menghapus beberapa file tidak penting, Kamu bisa membuka bagian yang ditandai garis merah. Kamu juga bisa menghapus file – file berdasarkan riwayat obrolan.
Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi
  • Dengan menggunakan cara ini, Kita bisa memilih file mana yang penting dan yang tidak penting sehingga bisa langsung dihapus tanpa harus kehilangan semua berkas.

Adapun cara mengosongkan ruang penyimpanan cache di WhatsApp pada dasarnya sama dengan aplikasi lainnya, Kamu bisa membuka setelan sistem. Caranya sebagai berikut:

  • Buka “Setelan
  • Kemudian buka bagian Aplikasi / Kelola Aplikasi
  • Setelah itu cari aplikasi WhatsApp
cara menghapus cache whatsapp untuk mengosongkan ruang penyimpanan
  • Cari “Hapus Data” / “Bersihkan Cache
cara menghapus cache whatsapp untuk mengosongkan ruang penyimpanan
  • Setelah itu akan muncul pop up, Silakan klik “Bersihkan Cache
  • Jangan mengklik “Hapus Data

Baca Juga: Download Mod BUSSID Motor (Drag, Ninja, Moge, Matic, Bebek dll) Lengkap!

2. Pindahkan Data (Foto, Video, Dokumen dll) ke Kartu SD / Memori Eksternal

Cara efektif lainnya untuk mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di HP adalah dengan memindahkan sebagian atau bahkan semua data – data kita yang berada di Memori Internal ke Memori Eksternal (Kartu SD).

Adapun cara untuk memindahkan data dari memori internal hp ke kartu memori sebaiknya dilakukan secara manual saja tanpa menggunakan aplikasi. Hal ini agar proses pemindahan data dapat berjalan dengan normal tanpa mengalami crash, Selain itu menambah aplikasi untuk memindahkan data tentu akan memenuhi penyimpanan.

Kamu bisa menonton video berikut ini untuk memindahkan penyimpanan internal ke kartu memori secara mudah dan 100% berhasil

LINK VIDEO

Baca Juga: Kumpulan Link Grup WA Pemersatu Bangsa Terbaru!

3. Setting Lokasi Default Penyimpanan ke Kartu SD

Usaha berikutnya yang bisa kita lakukan agar kapasitas memori internal di HP tidak semakin membengkak adalah dengan mengubah lokasi penyimpanan default menjadi ke Kartu Memori. Hal ini tentu akan mengurangi beban memori internal, Namun kamu juga perlu menyiapkan kapasitas kartu memori yang lebih besar agar leluasa.

Cara untuk mengubah lokais penyimpanan default menjadi ke kartu SD adalah sebagai berikut:

  • Buka “Setelan” di HP
  • Cari bagian “Penyimpanan” / “Storage
  • Kemudian buka “Setelan Penyimpanan
cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu memori sd card
  • lalu ubah semuanya menjadi “Penyimpanan eksternal
cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu memori sd card

Baca Juga: Download WhatsApp MOD Terbaru Anti Kadaluarsa

4. Besihkan Cache dengan Aplikasi Bawaan

Kebanyakan HP Saat ini sudah disediakan aplikasi yang memungkinkan kita untuk membersihkan cache dengan lebih mudah tanpa harus membersihkan satu persatu dan menginstall aplikasi tambahan.

Cara untuk menghapus cache menggunakan aplikasi bawaan HP sangatlah mudah, Kamu hanya perlu mengikuti panduan dibawah ini saja:

  • Buka terlebih dahulu aplikasi pembersin di Ponsel
cara membersihkan cache di hp dengan mudah
  • Setelah itu lakukan pemindaian terlebih dahulu, Tunggu sampai selesai
  • Apabila proses pemindaian selesai, Kamu bisa langsung melakukan pembersihan cache dengan mengklik “Bersihkan 3,23GB” (Tergantung ukuran sampah)
cara membersihkan cache di hp dengan mudah

3 Aplikasi Agar Penyimpanan Tidak Penuh

Pada dasarnya tidak ada aplikasi yang dapat membuat penyimpanan HP yang semula penuh menjadi bersih dengan seketika, Namun apabila kamu ingin mengetahui beberapa daftar aplikasi yang dapat membantu membersihkan sebagian sampah dan cache, Berikut kami merekomendasikan 3 aplikasi agar penyimpanan tidak penuh yang dikutip dari Liputan6.com

1. Files Go (Beta)

Aplikasi Agar Penyimpanan Tidak Penuh
Images From YouTube Google

Setelah sekian lama, Google resmi memperkenalkan aplikasi file manager buatannya sendiri yang bisa kamu unduh langsung di Play Store.

Meski memiliki fungsi sebagai file manager, aplikasi buatan raksasa mesin pencari ini juga mampu membersihkan cache dan storage yang ada di dalam perangkat Android.

Seperti aplikasi lainnya, Google ingin memberikan pengalaman mudah saat mengakses aplikasinya.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memantau penggunaan dan menyarankan aplikasi yang jarang terpakai untuk di uninstall.

Baca Juga: Cara Mengirim Game / Apikasi Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi Tambahan

Tak hanya itu, aplikasi ini menghadirkan fitur untuk mentransfer file tanpa memerlukan internet–seperti AirDroid dan ShareIt–dengan cepat dan mudah.

2. CCleaner

Aplikasi Agar Penyimpanan Tidak Penuh
Images From Esportku.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini? Menjadi salah satu software pilihan bagi pengguna PC atau notebook untuk ‘membersihkan’ storage, Pririform, pembuat CCCleaner meluncurkan aplikasi terbaiknya ini untuk pengguna Android.

Layaknya software PC, CCleaner versi Android memiliki kemampuan untuk membersihkan cache dan storage dengan beberapa fitur tambahan. Sayang, fitur-fitur tambahan ini hanya bisa diakses bilamana kamu membeli aplikasi versi berbayarnya.

Baca Juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark

3. SD Maid

Kebanyakan aplikasi ketika di-install akan secara otomatis membuat folder di local storage perangkat Android menyimpan data dan file yang diunduh.

Sayangnya, ketika aplikasi tersebut dihapus, folder aplikasi tersebut tidak terhapus. Fitur di dalam SD Maid inilah yang akan mencari folder kosong apa saja yang ada di dalam perangkat dan menghapusnya.

SD Maid juga memiliki kemampuan untuk ‘menandai’ aplikasi sistem, aplikasi ter-install, dan database mana yang sudah tidak terpakai dan bisa dihapus agar storage perangkat lebih lega. Tak hanya itu, SD Maid juga cukup ‘pintar’ untuk mengidentifikasi file duplikat yang membuat storage makin sesak.

Jika kamu rela beli versi berbayarnya, SD Maid menawarkan berbagai fitur menarik dan layak menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki perangkat Android dengan storage terbatas.

Cara Mendownload Aplikasi Jika Memori Penuh

Jika kamu bertanya bagaimanakah untuk mendownload sebuah aplikasi akan tetapi penyimpanan memori di ponsel sudah dalam keadaan penuh. Tentu satu – satunya acara adalah dengan membersihkan terlebih dahulu penyimpanan ponsel menggunakan cara yang telah dibagikan diatas.

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi diatas sudah kami praktikan sendiri dan tentu sangat bisa melegakan beberapa persen memori internal ponsel sehingga dapat kita gunakan untuk keperluan lain dan salahsatunya adalah mendownload aplikasi / game yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *