5 Penyebab dan Cara Mengatasi Listrik yang Konslet Agar Tetap Aman

  • Whatsapp

5 Cara Mengatasi Listrik Konslet Beserta Penyebab dan Solusinya – Pastinya anda sering dong mendengar istilah konsleting pada aliran listrik baik dirumah sendiri ataupun orang lain. Atau bahkan justru sekarang anda sedang mengalami masalah ini dan mencari cara untuk memperbaiki listrik yang konslet.

Di artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai penyebab dan cara mengatasi/ memperbaiki aliran listrik dirumah yang menjadikan Switch di MCB menjadi jeglek (Konslet)

Terjadinya konsleting pada arus listrik adalah hal wajar yang tentunya sering terjadi dan di beberapa kasus kecil hal tersebut disebabkan oleh hal sepele.

Kepoin: Jangan Panik! Ini Penyebab Listrik Mati tapi MCB ON (Tidak Jeglet)

Menghadapi keadaan seperti diatas kita harus bisa bersikap lebih tenang dan tidak boleh panik berlebih agar kita dapat berfikir dan mencari jalan keluar serta mencari detail penyebab konsleting terjadi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Listrik yang Konslet Agar Tetap Aman
jakmall.com

Berikut 5 Cara Mengatasi Listrik Konslet

Ikuti panduan dibawah ini untuk mencari penyebab dan cara mengatasinya

1. Terdapat Lampu Yang Rusak

Apabila dirumah anda terjadi konslet, Hal pertama yang biasanya sering terjadi adalah karena terdapat lampu rusak.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai lampu mana yang mati, Coba posisikan semua saklar (cetrekan lampu) menjadi off. Apabila semua sudah off silakan coba hidupkan kembali MCB pada KWh meter.

Jika posisi MCB sudah ON silakan coba nyalakan satu persatu lampu yang berada dirumah dengan menekan tombol di saklar.

Apabila saat tombol saklar ditekan dan MCB langsung kembali Off/ Jeglek maka sudah dipastikan bahwa lampu tersebut harus diganti dengan yang baru.

Biasanya beberapa lampu yang mati (rusak) bisa mengakibatkan konslet.

2. Mengganti Stop Kontak dan Saklar

Adakalanya konsleting ini terjadi karena terdapat hal yang janggal pada stop kontak maupun saklar.

Diantara banyaknya sebab konslet yang berasal dari saklar lampu ataupun stop kontak adalah karena terkena air.

Lalu bagaimana caranya memperbaiki atau mengetahui bahwa saklar tersebut terkena rendaman air?

Sama saja seperti mengetahui lampu yang mati, Coba satu persatu dan apabila didapati saklar yang mencurigakan sebaiknya langsung diperiksa dan diganti atau dibersihkan.

Baca Juga Solusi Tepat Cara Memperkuat Daya Listrik 450 Watt, Biar Gak Jeglet!

3. Alat Elektronik Yang Rusak

Penyebab ketiga yang menjadi alasan terjadinya konslet pada aliran listrik biasanya disebakan oleh alat elektronik yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Jika terjadi konslet sebaiknya cabut seluruh alat elektronik yang menancap pada stop kontak. Baru setelah listrik kembali nyala bisa dicoba satu persatu untuk memastikan alat elektronik mana yang rusak.

4. Instalasi Listrik Yang Buruk

Kadang kala hal ini mempengaruhi kualitas listrik dirumah, Instalasi yang tidak sesuai dengan prosedur pemasangan yang seharusnya kadangkala sering menimbulkan banyak masalah.

Dan diatara masalah masalah tersebut adalah sering terjadi konslet pada arus listrik. Untuk mengatasi hal ini tidak ada cara lain selain memanggil kembali teknisi yang memasang instalasi listrik dirumah anda.

Karena dia yang lebih mengerti mengenai keadaan jalur kabel instalasi listrik dirumah anda.

5. Penyebab Lain Terjadinya Konslet

Selain dari ketiga alasan diatas tentunya ada hal lain yang kadang membuat listrik dirumah menjadi mati hanya karena konslet.

Salahsatu yang pernah dialami yaitu dijumpai kabel yang terkelupas dan hanya tinggal isian tembaganya. Hal ini biasanya terjadi karena kulit atau pelindung kabel dimakan oleh tikus.

Tentunya apabila kabel sudah dalam keadaan terkelupas tanpa bungkus yang hanya menyisakan kawat tembaga, Sudah dipastikan jika kedua kawat tembaga tersebut nempel atau terkena genangan air maka akan terjadi konslet.

Baca: Jangan Sampai Jebol! ini 6 Cara Tepat Menghemat Listrik di Rumah

Demikian artikel kali ini mengenai penyebab dan cara memperbaiki listrik yang jeglek karena konsleting listrik.

Semoga artikel ini dapat menjadi solutif bagi anda yang sedang mengalami kendala hubungan singkat arus listrik (konslet)

Video Terkait Konsleting Listrik

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *