Gadget  

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Berikut Adalah Penyebab dan Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Charger (Cas) Semua Merk (Oppo, Xiaomi, Realme, Redmi, Vivo, Samsung dll) Pada Batre tanam atau nonremovable.

Cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas pada batre tanam baik di ponsel Oppo, Xiaomi, Realme, Vivo, Samsung, Infinix memang terbilang cukup sama dan kendala yang biasa sering dialami pun mirip – mirip antara satu brand dengan brand lainnya.

Dibeberapa merek HP, Saat ponsel tidak bisa cas justru malah memberikan indikasi yang terbilang cukup aneh seperti misalnya HP di cas malah berkurang meskipun ponsel dalam kondisi mati.

Baca Juga: Cara Menggunakan Kuota Malam Smartfren di Siang Hari Tanpa Aplikasi Tambahan

Selain menimbulkan masalah dan kendala, Tentunya hal ini pun menjadi pertanda tanya kira – kira apa saja faktor yang bisa menyebabkan ponsel android maupun iPhone tidak bisa di cas terlebih pada baterai tanam.

Sehingga berikut ini ridpir.com mencoba untuk mengulas dan tentunya memberikan panduan dan juga cara untuk mengatasi masalah pada HP yang tidak bisa cas di batre tanam agar bisa kembali normal.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Pada Batre Tanam

Masalah yang kerap kali membuat ponsel kita tidak bisa di cas tentunya tidak bisa dipukul rata, Karena setidaknya terdapat dua faktor yang bisa menyebabkan kendala ini terjadi. Diantaranya adalah karena masalah yang terdapat di hardware serta masalah atau bug pada software.

Baca Juga: 9+ HP iPhone Harga dibawah 5 Juta Terbaru 2022 Paling Murah

Untuk lebih jelasnya berikut adalah 2 penyebab utama kenapa ponsel tidak bisa di cas terutama jika HP tersebut mengadopsi sistem batre tanam (nonremovable).

Penyebab HP Tidak Bisa di Cas Pada Batre Tanam

https://www.youtube.com/watch?v=RUEU1se-yQI

1. Penyebab HP Tidak Bisa di Cas dari Segi Hardware

Komponen – komponen ponsel yang mengalami kerusakan tentunya bukan tidak mungkin lagi dapat menyebabkan ponsel sulit untuk dicharger. Terutama jika komponen yang bermasalah tersebut adalah yang terdapat didalam ponsel, seperti misalnya socket charger dan atau bahkan IC Charging.

Tapi tak hanya itu, Faktor lain yang menyebabkan ponsel tidak bisa di cas bisa jadi karena perangkat charging mengalami kerusakan baik itu kabel chargernya atau bahkan yang lebih fatal lagi karena kepala chargernya memang sudah rusak.

Baca Juga: Cara Mengirim Game / Apikasi Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk masalah hardware memang tidak ada lagi toleransi selain dengan menggantinya dengan komponen – komponen baru, Untuk memastikan kerusakan yang terjadi alangkah lebih baiknya kamu periksakan ke service center resmi atau tempat service terdekat.

2. Penyebab HP Tidak Bisa di Cas dari Segi Software

Tak hanya hardware yang bisa menyebabkan proses charging pada ponsel menjadi terkendala, Begitupun dengan Software yang terkadang saat kendala pada hardware tidak dapat dideteksi setelah dilakukan pengecekan, Biasanya software yang menjadi biang masalahnya.

Software atau Sistem operasi yang mengalami kegagalan kinerja dapat membuat proses request charfing menjadi terhambat sehingga menjadikan ponsel akan menolak saat dihubungkan ke sumber pengecasan. Jika pun nantinya ponsel mau mendeteksi adanya arus masuk, Biasanya baterai tidak akan terisi penuh dan malah menjadikan ponsel panas.

Baca Juga: Cara Tepat Mengatasi HP Kena Air Laut / Hujan Baterai Tanam

Masalah lain yang juga dari software yaitu adanya gangguan dari aplikasi pihak ketiga yang menghambat proses pengecasan. Hal ini bisa berupa aplikasi – aplikasi yang mungkin tidak kita curiga akan tetapi keberadaannya membuat sistem charging di ponsel menjadi kacau. Kendala lain mungkin bisa saja membuat ponsel menjadi lebih mudah panas dan juga boros batre.

12 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Pada Batre Tanam

Kiranya terdapat 12 cara yang bisa kamu coba serta cek and ricek untuk mengatasi permasalahn HP tidak bisa di Cas terlebih pada batre tanam. Memang agak banyak juga poin – poin yang kami berikan agar nantinya kamu dapat mengsolved masalah tersebut secara otodidak

1. Matikan dan Nyalakan Kembali Handphone (Restart)

Ada kalanya ponsel kita sedang dalam kondisi abnormal yang terkadang membuat beberapa fungsinya menjadi terkendala seperti salahsatunya yaitu tidak dapat diisi daya. Cara yang paling sederhana dan biasanya memang terbukti manjur untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mereboot / menghidupkan ulang HP.

Baca Juga: Efektif, 13 Cara Mengatasi HP Panas Pada Batre Tanam Update 2022

Hal ini bertujuan agar sistem ponsel yang mengalami crash dan mengganggu kinerja isi ulang daya dapat kembali pulih setelah dilakukan restart. Namun jika hal ini masih belum juga bisa mengatasi permasalahan tersebut, Silakan coba poin – poin berikutnya

2. Periksa Kabel USB dan Kepala Charger

Kebanyakan kasus saat ponsel susah untuk diisi batre / di cas biasanya karena kondisi kabel USB ataupun juga kepala chargernya yang sudah bermasalah dan lazim jika hal ini menyebabkan ponsel tidak mampu di charger.

Silakan periksa keadaan kabel charger kamu, Apabila masih terlihat bagus tidak ada salahnya untuk mencoba meminjam kabel charger milik saudara untuk dilakukan pengetesan.

Baca Juga: Filter IG Yang Bagus Untuk Selfi Cewek Cowok, Malam Hari, Pemandangan, Glowing

Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi kepala charger yang kamu gunakan. Apabila kamu menggunakan kepala charger yang bukan bawaan HP ataupun kepala charger murah tentunya patut untuk dicurigai.

3. Cek Kondisi Port USB

Kondisi lubang USB yang terdapat pada kepala charger juga perlu kamu cek kondisinya, Biasanya kendala yang sering terjadi pada port USB adalah terkena korosi dan juga karat yang mana hal ini dapat mengganggu transmisi daya dari kepala charger ke kabel USB.

Sehingga hal ini pula dapat menjadi alasan mengapa hp dicas malah berkurang dayanya ataupun batre tidak penuh – penuh meski sudah dicharging lama semalaman.

4. Bersihkan Port USB Secara Berkala

Selain port USB yang dapat dengan mudah karatan, Tentunya kamu juga wajib secara rutin untuk membersihkannya agar bisa terhindar dari karat dan juga debu – debu yang dapat menutupi bagian kuningan tempat dimana daya ditransmisikan ke kabel.

Baca Juga: 15+ Rekomendasi HP Android 3 Jutaan Terbaik Paling Banyak diburu Update 2022

Dengan begitu kondisi port USB yang terdapat pada kepala charger dan juga ponsel akan jauh lebih aman dan kendala ponsel sudah di charger karena terhambat port USB dapat diminimalisir.

5. Gunakan Charger dengan Ampere Lebih Tinggi

Pada beberapa kasus saat masalah ini terjadi, Tak jarang juga dikarenakan masalah output daya dari charger terhadap ponsel terlalu kecil sehingga mengakibatkan baterai para ponsel tidak bisa terisi penuh meski sudah di charger.

Solusinya kamu bisa mencoba menggunakan kepala charger yang mempunyai angka ampere lebih tinggi dari yang biasa digunakan.

6. Lepas Kartu SIM dan Kartu Memori

SIM Card dan Kartu Memori (SD Card) yang terpasang pada ponsel terutama kartu memori memiliki peranan yang cukup penting terhadap sistem didalam ponsel. Jika kartu memori yang terpasang memiliki ukuran yang terlalu besar melebihi batas maksimal yang dapat ditampung oleh ponsel, Tentu hal ini akan membuat kinerja HP menjadi berat.

Baca Juga: 7+ Link ID Bot Anonymous Chat di Telegram Untuk Cari Teman 100% Aman

Tak jarang sesekali terjadi hank dan ponsel tidak dapat digunakan, Hal ini lah yang akan berdampak para proses pengisian daya saat ponsel dipasangi kartu memori yang terlalu besar. Sistem menjadi terhambat sehingga segala instruksi yang berhubungan dengan daya menjadi terhambat.

7. Periksa Kondisi Baterai

Sistem batre tanam yang saat ini sudah menjadi andalan setiap brand ponsel nyatanya sedikit menuai kontroversi. Batre yang tidak bisa kita copot ini tentu menjadi kurang perhatian dan juga tidak pernah kita cek kondisinya karena memang tidak mungkin bisa dibuka dengan mudah.

Hal inilah yang membuat kita wajib untuk mengecek kondisi batre terutama ketika sedang mengalami masalah ponsel yang tidak bisa di cas, Kiranya terdapat problem pada batre yang sudah tidak lagi mampu menyimpan daya dengan baik.

Baca Juga: Download WhatsApp MOD Terbaru Anti Kadaluarsa (Last Update 26/4/22)

Untuk mengecek keadaan batre di ponsel yang mengadopsi sistem baterai tanam sebetulnya bisa kamu lakukan sendiri dirumah dengan bermodalkan alat – alat sederhana, Namun kamu harus tetap waspada jika ingin mencobanya. Saran kami coba untuk periksa ke tempat service.

8. Lakukan Kalibrasi Baterai

Apabila batre sudah kamu periksa dan didapati bahwa batre masih dalam keadaan yang normal, Langkah berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan kalibrasi ulang pada baterai. Cara ini dinilai cukup ampuh untuk mengatasi beberapa permasalahan yang sering dialami oleh jenis – jenis batre tertentu.

Baca Juga: Cara Mengetik di Word Dengan Suara Dilengkapi Video

Sebenarnya ini adalah cara yang sering dilakukan untuk menjaga kualitas batre tetap optimal dan terhindar dari yang namanya drop, Namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

  1. Habiskan baterai hingga handphone mati dengan sendirinya;
  2. Nyalakan dan biarkan ia mati kembali;
  3. Sambungkan handphone dengan charger tanpa dinyalakan. Charge hingga layar menunjukkan bahwa bateraimu penuh, kemudian cabut kabel;
  4. Nyalakan handphone-mu. Jika daya yang tertera tidak 100 persen, charge lagi hingga penuh;
  5. Cabut kabel dan reboot handphone;
  6. Jika daya yang tertera di layar masih tidak 100 persen, ulangi lagi poin 4 dan 5 hingga kapasitas baterai di layar menunjukkan angka 100 persen;
  7. Jika sudah, gunakan handphone sampai baterainya habis lagi;
  8. Sambungkan charger ke handphone, kali ini kamu bisa men-charge tanpa hambatan.

9. Update OS

Masalah lain yang juga tak jarang sering menyebabkan ponsel kita lama untuk di cas dan bahkan tidak mengisi sama sekali biasanya disebabkan oleh sistem operasi yang kurang optimal dan terdapat bug didalamnya. Jika terdapat perintah untuk memperbarui sistem ke versi yang lebih baru, Sebaiknya dilakukan secepat mungkin agar kendala ini bisa segera teratasi.

10. Reset ke Setelan Pabrik

Aplikasi yang terpasang pada ponsel tak selalu memberikan manfaat dan juga memudahkan aktifitas kita sehari – hari. Nyatanya terdapat beberapa aplikasi yang jika dipasang pada ponsel kita justru akan mengacaukan kerja sistem dan membuat masalah yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet di HP, PC dan Laptop

Tak hanya aplikasi saja, Sistem yang eror karena hal – hal lain seperti pengoprek dan membukanya akses root juga menjadi faktor lain. Solusi yang paling tepat untuk mengatasi problem ini adalah dengan mereset ponsel ke setelan pabrik.

Agar semua masalah dan atau bahkan terdapat virus / malware di ponsel bisa teratasi dengan semestinya. Akan tetapi jika sistem operasi pada HP kita sudah terlalu kacau alangkah lebih baik jika dilakukan proses flashing.

11. Bawa ke Tempat Service

Langkah terbaik untuk mengatasi batre HP yang tidak bisa di cas pada batre tanam melainkan dengan membawanya ke tempat service, Akan lebih tepat lagi jika kamu membawanya ke service center resmi ponsel mu.

Karena dengan membawanya ke service center resmi akan lebih memudahkan kamu saat melakukan perbaikan, Terutama jika ponsel yang kamu miliki masih mempunyai garansi. Tentu hal ini akan menekan biaya service sehinga tidak akan terlalu mahal, atau mungkin malah gratis.

Namun jika kamu tidak bisa membawanya ke tempat service resmi juga tidak mengapa, Bawa saja ke tempat service langganan kamu yang sudah terpercaya.

Harga servis hp Xiaomi, Oppo, Realme, Vivo, Samsung, Infinix dll yang tidak bisa dicas akan memiliki harga yang variatif tergantung kerusakan yang terjadi.

12. Ganti HP yang Baru

Ini menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan diatas, Yups ganti HP dengan yang baru. Namun harga hp tidaklah murah, Sehingga cara terakhir in dikhususkan buat kamu yang mampu membeli HP baru.

Aplikasi Untuk Mengecek Kesehatan Baterai

1. Kaspersky Battery Life

Aplikasi Untuk Mengecek Kesehatan Baterai

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kesehatan batre yaitu Kaspersky Battery Life, Ini merupakan aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengecek keadaan batre HP. Dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui apakah kondisi batre dalam keadaan bagus atau mengalami masalah

Tak hanya itu, Kaspersky Battery Life ini juga berfungsi untuk menghemat batre pada HP, terutama yang sedang mengalami masalah diatas. Sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini, Terutama nama Kaspersky sendiri yaitu sebuah aplikasi antivirus terbaik yang mana sampai saat ini masih belum tergantikan.

Fitur monitor yang mampu mengecek setiap aplikasi yang berjalan / running aplication menjadi salahsatu kelebihan dari aplikasi Kaspersky Battery Life. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan mendownloadnya di Play Store, Ukurannya pun sangat kecil yaitu hanya 7.4 MB saja.

2. Accu​Battery

Aplikasi Untuk Mengecek Kesehatan Baterai

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Rekomendasi kedua aplikasi untuk mengecek kesehatan batre ini juga dapat digunakan untuk membantu memaksimalkan dan mengoptimalkan penggunaan batre pada smartphone.

Terdapat beberapa fitur menarik pada aplikasi ini seperti salahsatunya mampu memberikan notifikasi kepada kamu saat terdapat aplikasi yang memakan daya batre sangat boros. Dengan aplikasi ini pula kamu bisa secara langsung mematikan aplikasi tersebut agar tidak mengkonsumsi daya batre berlebih secara terus menerus.

Fitur andalan lain pada aplikasi AccuBattery ini yaitu Battery Healt dan Charge Speed. Yang mana fitur Battery Healt ini mampu mengecek serta membantu menjaga agar baterai pada ponsel selalu dalam keadaan yang baik.

Sedangkan untuk fitur Charge Speed, Seperti namanya fitur ini diklaim mampu menambah speed isi daya batre menjadi lebih cepat dibanding tanpa menggunakan aplikasi AccuBattery.

3. Battery Repair Life PRO

Aplikasi Untuk Mengecek Kesehatan Baterai

Apabila batre hp kamu sudah tidak normal lagi, Tidak ada salahnya untuk mencoba mengeceknya menggunakan aplikasi Battery Repair Life PRO. Seperti namanya, Aplikasi ini dapat membantu memperbaiki permasalahan pada batre yang kemudian nantinya kondisi batre tersebut akan dikembalikan seperti sebelumnya.

Tak hanya itu, Aplikasi ini mampu mengkalibrasi batre pada ponsel kita. Maksud dari kalibrasi disini yaitu bertujuan untuk memulihkan kinerja batre sehingga mampu digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama lagi seperti pada saat pertamakali. Aplikasi ini sudah tidak bisa diragukan lagi, Sudah banyak para pengguna android yang menggunakan Battery Repair Life PRO ini dan menjadikan aplikasi ini untuk mengecek kondisi kesehatan baterai.

Adapun fitur ringkas yang dimiliki oleh Battery Repair Life PRO ini yaitu dapat mengecek kondisi suhu, kapasitas baterai yang tersisa, arus dan berbagai kondisi lainnya. Jika kamu ingin mencobanya silakan klik tombol download diatas.

Q.n.A Seputar HP Tidak Bisa di Cas

Biaya Service HP Tidak Bisa di Cas?

Tergantung dari kerusakan yang dialami. Biasanya biaya service ini mulai dari 50rb untuk penggantian konektor charger, 100rb untuk penggantian konektor batre dan bisa sampai 300rb jika untuk penggantian unit batre yang baru.

Berapa Lama Service HP tidak bisa di cas?

Untuk beberapa kasus lamanya perbaikan hp yang tidak bisa cas bisa ditunggu sekitar 30 menitan. Namun jika kerusakannya lumayan berat mungkin bisa sehari atau sehari semalam.

Baterai hp tidak terisi penuh, di cas malah berkurang di batre tanam, tidak bisa di charge dalam keadaan mati, dicas 0 persen terus dan masalah lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu setidaknya bisa diatasi dengan beberapa solusi diatas yang telah kami rangkum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.