Gadget  

Efektif, 13 Cara Mengatasi HP Panas Pada Batre Tanam Update 2022

Sedang Mengalami Baterai Smartphone Panas? dan Mencari Cara Untuk Mengatasi HP Panas pada Batre Tanam? Berikut Adalah Solusi Terbaik dan Efektif Untuk Mengatasi Overheat Pada Batre Tanam disemua Ponsel Iphone dan Android (Xiaomi, Samsung, Realme, Oppo, Vivo, Infinix, Huawei dll)

Batre menjadi nyawa yang mensuply power pada perangkat elektronik portabel saat ini dan salahsatunya adalah Smartphone yang sering kita gunakan sehari – hari.

Jika dulu mungkin batre smartphone masih dapat kita lepas secara mudah dan tidak perlu membutuhkan peralatan khusus untuk mengeluarkannya, Berbeda dengan ponsel di era sekarang yang sudah mengadopsi batre tanam.

Baca Juga: 15+ Power Bank Terbaik 2022 Beserta Spesifikasi dan Harganya

Alasan menggunakan batre tanam sendiri bukan tanpa alasan, Dengan mempatenkan baterai tentu akan membuat desain gadget menjadi lebih tipis dan penggunaan bahan serta material pun bisa lebih diminimalisir saat proses produksi.

Namun tentunya dengan desain batre tanam ini seringkali kita mendapatkan masalah – masalah yang memang lumayan krusial, Tak jarang ponsel kita sering mendapatkan suhu yang terlalu panas saat digunakan.

Walaupun sebenarnya suhu panas pada ponsel tidak selalu disebabkan oleh batre tanam, Namun setidaknya berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi HP Panas pada Batre Tanam beserta cara untuk mencegah agar HP selalu dalam keadaan optimal pada suhu normal.

Baca Juga: 5 Hal ini Menjadi Penyebab Smartphone Andа Cepat Panas

Penyebab HP Panas Pada Batre Tanam (Overheat)

Sebelum pada solusi untuk mengatasi panas berlebih (overheat) pada ponsel yang menggunakan batre tanam, Alangkah lebih baik jika sobat tekno mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang mengakibatkan ponsel kita bisa lebih cepat panas dari biasanya.

Komposisi setelan dan kondisi yang tidak wajar akan mengakibatkan suhu ponsel menjadi lebih tinggi, Seperti saat kita:

  1. menggunakan HP terlalu lama untuk bermain game
  2. Mengatur cahaya layar terlalu terang
  3. Menggunakan ponsel saat di cas
  4. Terlalu lama berada dibawah terik matahari langsung, atau
  5. Kondisi batre sudah tidak layak digunakan (rusak).

Dengan demikian berikut adalah cara mengatasinya:

Cara Mengatasi HP Panas di Batre Tanam

1. Matikan GPS, Bluetooth dan WiFi

Tanpa disadari oleh banyak orang, Sering kali kondisi HP panas di batre tanam ini disebabkan oleh hal – hal sepele yang mungkin tidak kita tahu.

Penggunaan GPS yang terlalu lama terlebih jika dibarengi dengan WiFi serta bluetooth yang juga menyala secara bersamaan akan membuat ponsel menjadi cepat panas.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Tombol Share di Facebook

Terlebih jika kamu berada diluar ruangan dan ponsel terkena sinar matahari secara langsung, Langkah terbaik adalah dengan mematikan semua konektivitas yang sedang tidak diperlukan.

2. Melakukan Kalibrasi Baterai

Seiring penggunaan HP yang semakin lama dan instensitas isi ulang daya yang juga semakin sering, Akan mengakibatkan kondisi dan performa batre menjadi menurun.

Kondisi batre yang menurun ini ditandai dengan kinerjanya yang sudah tidak lagi awet dan tahan lama, Atau malah menjadi panas saat digunakan. Sehingga kita tentu perlu melakukan kalibrasi ulang batre agar kinerja baterai kembali normal dan kendala hp panas pada batre tanam pun bisa diatasi.

Secara umum proses kalibrasi batre android yang paling sederhana adalah dengan mengisi baterai hingga penuh kemudian melepasnya dari pengisian, Tentunya cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan tidak perlu memerlukan akses root.

Baca Juga: Trik Kirim Pesan di WA Tanpa Kuota

Adapun cara untuk mengkalibrasi baterai pada ponsel tanam bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Habiskan batre sampai perangkat mati dengan sendirinya
  • Isi baterai tanpa menghidupkan ponsel dan biarkan sampai terisi penuh sampai indikator batre menunjukan 100%
  • Lepaskan ponsel dari charger
  • Hidupkan ponsel. Apabila indikator baterai tidak penuh dibawah 100%, Silakan hubungkan kembali ponsel ke pengisi daya sampai penuh dan biarkan perangkat tetap hidup
  • JIka sudah terisi, Silakan cabut pengisi daya dari ponsel kemudian restart perangkat. Apabila indikator batre masih dibawah 100%, kembali lakukan pengisian baterai hingga penuh
  • Sobat tekno dapat mengulang siklus ini sampai indikator baterai menunjukan angka 100% setelah perangkat di-restart tanpa tersambung ke pengisian daya.
  • Berikutnya biarkan ponsel tanpa diisi ulang hingga daya baterainya habis dan mati sendirinya.
  • Kemudian isi kembali baterai sampai penuh sekali lagi secara normal.

3. Ganti Baterai

Kondisi baterai memang tidak dapat kita kira – kira kesehatan dan keadaan jeroannya terlebih pada ponsel dengan posisi batre ditanam yang tidak dapat dilepas dengan mudah. Saat mendapatkan batre dengan suhu yang panas bisa saja karena keadaan batre yang sudah tidak layak lagi meskipun kinerja dari batre masih bisa dikatakan awet.

Namun biasanya saat suhu batre panas, akan mempengaruhi ketahan dari baterai itu sendiri. Salahsatu hal yang menyebabkan batre menjadi panas karena terdapat kebocoran pada sel batre. Tentunya hal ini sangat krusial bagi kesehatan ponsel kedepannya.

Baca Juga: Cara Membuat dan Menambah Lokasi Baru di WhatsApp

Masalah lain yang menyebabkan hp panas pada batre tanam adalah karena terdapat konslet pada jalur batre yang bisa saja disebabkan korosi karena ponsel pernah kemasukan air.

Suhu batre baru bisa dikatan tidak normal saat ponsel sedang tidak digunakan dan ponsel dalam keadaan standby tanpa melakukan kegiatan apapun akan tetapi dibagian batre terasa panas yang berlebih.

Jika terjadi hal demikian langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawanya ke service center resmi terdekat yang ada di kotamu.

Sebelum masalah batre panas ini mempengaruhi komponen – komponen lain didalam mesin hp, Sebaiknya lakukan penggantian dengan unit batre baru secepat mungkin.

Namun sebelum dilakukan penggantian, Pastikan terlebih dahulu bahwa yang bermasalah tersebut adalah batre ponselnya. Bukan karena hal – hal berikut ini:

Cara Tepat Mencegah HP Panas di Batre Tanam

1. Gunakan Selalu Charger Asli Bawaan HP

Pabrikan ponsel sudah merancang komponan charger sesuai dengan kebutuhan ponsel yang tentunya lebih baik lagi dari segi ukuran voltase dan besaran watt yang dibutuhkan.

Tak hanya itu juga, Charger bawaan HP tentunya lebih aman terlebih dari brand – brand yang sudah terkenal build quiality-nya pasti akan menggunakan komponen yang bagus demi kinerja dan keawetan ponsel.

Baca Juga: Enteng! Begini Cara Melihat Pesan WhatsApp Yang Sudah Ditarik Oleh Lawan Chatmu

Sehingga pastikan kamu selalu menggunakan charger asli bawaan posel saat mengisi daya perangkat demi keamanan batre dan juga HP, Jika charger yang kamu miliki sudah rusak alangkah lebih baik jika membeli charger serupa yang asli di galeri resmi hp kamu.

2. Simpan HP Ketika Proses Pengisian Baterai

Jika bisa, Simpanlah ponsel saat sedang dilakukan pengisian daya, Hal ini tak hanya untuk menghindari panas yang ditimbulkan dari proses charging. Komponen batre dan ponsel akan lebih awet apabila kamu melakukan isi daya dengan membiarkan ponsel tanpa digunakan sampai daya baterai terisi penuh.

Selain itu, Batre yang diisi dengan dibiarkan tanpa digunakan saat proses charging terbukti memiliki kekuatan yang lebih tahan lama dibanding dengan baterai yang digunakan saat proses charing terlebih untuk aktifitas – aktifitas berat.

Baca Juga: 3 Trik Kirim Pesan di WA Tanpa Menyimpan Nomor

3. Matikan HP Ketika Mengisi Baterai

Bila perlu, Sobat tekno bisa mematikan ponsel saat sedang mengisi daya baterai agar proses charging menjadi lebih maksimal. Mematikan ponsel saat isi daya juga terbilang lebih efisien, Karena waktu yang dibutuhkan juga menjadi lebih cepat.

Terlebih untuk komponen – komponen didalam baterai yang pastinya akan memiliki umur dan masa pakai yang lebih panjang lagi saat mengisi daya baterai ponsel dalam keadaan mati.

4. Simpan Selalu HP Ditempat yang Aman

Apa hubungannya HP panas pada batre tanam dengan menyimpan ponsel ditempat aman? Tentunya ada. Saat kamu menyimpan HP ditempat – tempat rawan dan dekat dengan peralatan elektronik yang bisa menyebabkan ponsel mengalami kenaikan suhu, Sebaiknya hindari.

Tak hanya itu, Pastikan juga kamu menyimpan ponsel ditempat teduh yang terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Sudah tidak perlu disebutkan lagi bagaimana kondisi ponsel yang terlalu lama terkena panas dari terik matahari terlebih saat siang hari.

5. Hindari Smartphone Terjatuh

Menyimpan HP ditempat yang aman memang masih berkaitan agar nantinya smartphone tidak terjauh, Betul. Saat ponsel mengalami benturan karena terjatuh dari tempat yang tinggi dikhawatirkan terjadinya kerusakan pada komponen HP dan salahsatunya adalah baterai.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Semua HP Xiaomi

Kadang kala kerusahan pada komponen – komponen di HP tidak akan terasa secara langsung saat itu juga, Kendala akan muncul saat keadaan hardware yang rusak tersebut sudah semakin parah.

Oleh karenanya simpanlah ponsel pada tempat yang aman agar tidak terjadi hal – hal yang memang tidak kita kehendaki.

6. Optimalkan Pengaturan Ponsel

Cara berikutnya untuk mencegah dan mengatasi terjadinya HP Panas pada batre tanam adalah dengan mengatur ponsel pada setelan yang optimal. Atur kecerahan layar pada porsi yang wajar terlebih ketika berada diluar ruangan, Jangan terlalu over contrast karena dapat menyebabkan boros batre sehingga suhu batre juga akan meningkat.

Kurangi atau bahkan hindari penggunaan widget berlebih dan live wallpaper yang belakangan ini sedang trend, Meskipun kedua hal tersebut menjadikan ponsel kita terlihat lebih keren dan menarik namun dapat membebani kinerja ponsel dan berakhir dengan peningkatan suhu yang terlalu panas.

7. Kurangi Penggunaan HP dibawah Sinar Matahari Langsung

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa sebaiknya kita meminimalisir penggunaan ponsel dibawah terik matahari langsung, Terlalu lama menggunakan HP dibawah terik matahari dapat mengakibatkan peningkatan suhu ponsel yang sangat signifikan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan di File Manager Semua HP Xiaomi dengan Permanen

Bukan hanya karena terpapar panasnya terik matahari, Saat berada dikondisi cahaya yang terlalu terang otomatis kita akan menaikan tingkat kecerahan layar. Semakin cerah settingan layar yang kita atur semakin boros batre pula ponsel kita, dan hal inilah yang menyumbang peningkatan suhu secara ekstrim.

8. Jangan Gunakan Aplikasi Rawan atau Malware

Beberapa pengguna ponsel smartphone terkadang menginstall aplikasi – aplikasi rawan yang bersumber bukan gari Google Play ataupun juga Appstore.

Perlu berhati – hati saat kita mendownload aplikasi diluar Google play ataun juga Appstore, Bukan tanpa alasan biasanya aplikasi – aplikasi tersebut sudah disisipi virus dan atau malware yang dapat mengotak atik system pada ponsel.

Kebanyakan aplikasi – aplikasi tersebut juga berjalan dibelakang layar yang tentunya dapat menambah beban dan kerja ponsel kita, Dengan demikian hal dapat mengakibatkan suhu batre tanam ponsel ponsel kita menjadi panas.

9. Hapus File Sampah Secara Rutin

Selain membebani penyimpanan dan juga membuat berat kinerja ponsel, File – file sampah yang semakin menumpuk dan bersarang pada ponsel kita akan membuat sistem pada ponsel menjadi terhambat. Sehingga pemrosesan CPU saat menjalan tugas – tugas yang kita perintahkan menjadi lebih berat lagi.

Baca Juga: Cara Jitu! Menghapus File Serbaneka di Xiaomi Redmi Tanpa Root

Pernah mendapati ponsel yang lag / hang dan dibarengi dengan peningkatan suhu yang drastis pada ponsel? Kira – kira seperti itulah nantinya.

10. Kurangi dan Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Langkah terakhir untuk mencegah dan mengatasi HP panas pada batre tanam adalah dengan tidak menginstall sembarang aplikasi yang tidak akan atau jarang kamu gunakan.

Install saja aplikasi – aplikasi penting yang dapat menunjang kinerja dan juga produktifitas kamu sehari – hari, Hindari terlalu banyak memasang aplikasi pada ponsel terlebih lagi jika storage dan memori internal smartphone kamu sangat kecil.

Kesimpulan

Terdapat banyak sekali faktor yang menjadikan kondisi batre pada ponsel tanam kita mempunyai suhu yang tidak biasa, Secara kita pun juga tidak dapat mendiagnosa dan memponis penyebabnya secara pasti. Hanya sobat teknolah selaku pengguna yang bisa memperkirakan penyebab ini terjadi.

Namun setidaknya ulasan diatas akan sedikit membantu dalam mengatasi dan juga menangani masalah yang HP Panas pada batre tanam yang saat ini sedang sobat tekno alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.