Gadget  

Cara Tepat Mengatasi HP Kena Air Laut / Hujan Baterai Tanam

Mengalami Masalah HP Terkena Air Laut / Hujan? Berikut Adalah Cara Mengatasi HP Kena Air Laut / Hujan Baterai Tanam Lengkap Dengan Ciri – Ciri dan Biaya Service HP Konslet Karena Masuk Air (Oppo, Xiaomi, Vivo, Realme, Samsung, Asus, Infinix dll)

Sebagai pengguna ponsel yang sedang mengalami hp terkena air baik itu ait laut ataupun juga air hujan, Tentunya akan sedikit panik terlebih ketika kondisi baterai pada ponsel adalah baterai tanam.

Tentunya hal tersebut akan semakin membuat kita panik, Berbeda dengan ponsel yang baterainya dapat dilepas (removable) saat terkena air kita dapat langsung mengeluarkan baterai tersebut dari ponsel.

Baca Juga: Efektif, 13 Cara Mengatasi HP Panas Pada Batre Tanam Update 2022

Yang mana hal tersebut tentu akan sangat meminimalisir akan kerusakan – kerusakan komponen elektronik lain yang terdapat di ponsel, Seperti salahatu komponen yang paling vital saat terkena air adalah LCD dan juga Speaker.

Oleh karenanya berikut kami berikan beberapa cara efektif dan juga prepentif yang dapat kamu lakukan sebagai antisipasi pertama saat ponsel / hp terkena air laut baterai tanam.

Cara Mengatasi HP Kena Air Laut / Hujan Baterai Tanam

Ada beberapa serangkaian prosedur yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP kena air laut / hujan terlebih di baterai tanam, Dan berikut adalah panduannya:

1. Segera Angkat HP Dari Air

Saat ponsel terkena atau bahkan tercebur langsung kedalam air, Sesegera mungkin untuk langsung mengeluarkan HP tersebut dari genangan air. Hal ini tentunya untuk meminimalisir air merambat kesemua bagian ponsel.

Baca Juga: 15+ Power Bank Terbaik 2022 Beserta Spesifikasi dan Harganya

Apabila tidak langsung diangkat, Dikhawatirkan akan terdapat lebih banyak komponen didalam ponsel yang terkena air sehingga akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi.

2. Mematikan Ponsel

Setelah ponsel yang tercebur ke air sudah diangkat, Secepat mungkin untuk segera matikan ponsel untuk menghindari terjadinya konslet pada jalur dan juga komponen yang berada didalam mesin HP.

Mematikan ponsel memang tidak langsung memutuskan aliran listrik dari baterai kesemua bagian ponsel, Namun setidaknya aliran listrik tersebut tidak mengenai LCD dan juga speaker saat ponsel sudah dalam keadaan off.

Baca Juga: Filter IG Yang Bagus Untuk Selfi Cewek Cowok, Malam Hari, Pemandangan, Glowing

Apabila saat hendak mematikan ponsel terjadi error dibagian Layar yang tidak bisa disentuh (ngaco), Kamu bisa mematikan ponsel dengan cara menekan lama pada tombol daya (power). Namun ini tidak disarankan, dikhawatirkan sisa air yang terdapat diponsel dapat masuk melalu.i celah tombol power yang ditekan.

Meski memang pada ponsel keluaran terbaru sudah terdapat karet pelindung dibagian tombol power untuk menahan air agar tidak masuk, Namun tentu tidak semua ponsel ada.

3. Lepas Kartu Memori, Kartu SIM dan Softacase (Jika Ada)

Ketika ponsel yang terkena air tersebut terpasang softcase , segeralah lepas softcase tersebut dari ponsel. Softcase yang dibiarkan terpasang pada ponsel dalam beberapa waktu tentunya dapat menahan air lebih lama berada didekat ponsel.

Baca Juga: 7+ Link ID Bot Anonymous Chat di Telegram Untuk Cari Teman 100% Aman

Jika hal ini terjadi bukan tidak mungkin air yang tertahan softcase tersebut dapat dengan mudah masuk kedalam ponsel melalui celah dan lubang yang ada.

Dengan begitu segeralah lepaskan softacase dan juga kartu sim serta kartu memori yang terdapat pada ponsel yang terkena air tersebut.

4. Keringkan Ponsel dengan Handuk / Tisue

Setelah semuanya berhasil dilepas dari ponsel, Langkah berikutnya kamu bisa langsung mengeringkan ponsel dengan menggunakan kain yang tersedia. Alangkah lebih baik lagi jika menggunakan handuk atau tisue.

Kedua bahan ini tentunya sangat baik dalam menyerap air, Sehingga mampu mencegah air merambat sana sini kedalam komponen ponsel.

5. Kibaskan HP Untuk Mengeluarkan Sisa Air

Ketika ponsel / HP masuk kedalam air tentu bukan tidak mungkin akan meninggalkan tetesan air didalamnya, Terlebih jika ponsel berada cukup lama didalam air. Apalagi jika air laut.

Baca Juga: Cara Download WhatsApp Mod dan Rekomendasi WhatsApp Mod terbaik

Cara yang bisa kamu lakukan setelah dikeringkan menggunakan handuk / tisue adalah dengan mengkibaskannya. Dengan begitu perlahan sisa air yang tertinggal didalam dapat keluar dengan lebih mudah.

6. Gunakan Silika Gel

Silika Gel diklaim mampu mencegah kondensasi atau pengembunan pada perangkat elektronik seperti ponsel. Kamu bisa mulai menyimpan HP yang telah dikeringkan tadi ditumpukan silica gel atau bahkan menguburnya selama beberapa waktu sampai semua air yang terserap oleh silika gel ini.

7. Segera Bawa ke Tempat Service

Alangkah lebih baik lagi jika saat ponsel terkena air atau tercebur kedalam air, Kamu langsung membawanya ketempat service. Bukan untuk dilakukan perbaikan, Melainkan agar baterai yang tertanam didalam ponsel dan tersambung pada mesin ponsel bisa langsung dicopot.

Serta sekaligus dilakukan pengeringan komponen – komponen ponsel yang terkena cipratan air oleh ahlinya ditempat service tersebut. Hal ini tentu akan menghindarkan ponsel kamu dari kerusakan – kerusakan yang tidak dikehendaki.

Baca Juga: Cara Membuat Huruf Terbalik Horizontal Ke Kiri / Cermin di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Dengan langsung dibawa ketempat service, Ponsel kamu akan pulih dengan cepat tanpa harus menunggu air kering selama beberapa hari seperti menggunakan silica gel ataupun juga dikubur dengan beras yang akan memakan waktu lebih lama.

8. Keringkan HP Dengan Beras

Apabila kamu tidak ingin membawa ponsel tersebut ketempat service, Langkah terbaik yang kami rekomendasikan adalah menguburnya ditumpukan beras selama beberapa hari.

Masalah – Masalah Saat HP Terkena Air Laut

1. LCD Blank / Gambar Ngaco

Hal yang paling vital saat ponsel tercebur kedalam air adalah LCD / Panel pada layar rusak. LCD tentunya menjadi salahsatu komponen ponsel yang memiliki harga cukup mahal, bahkan bisa setengah dari harga ponselnya.

LCD sendiri sangat rentan sekali jika harus berurusan dengan air, Meski saat ini sudah terdapat teknologi tahan air seperti IP67 yang mampu bertahan sampai kedalam 1,5 – 2 meter selama 30 menit.

2. Touchscreen Error

Touchscreen (TC) Terpisah dari LCD, kadang kala ketika LCD masih terlihat dengan baik dan menampilkan gambar secara normal justru Touchscreen lah yang bermasalah dan mengakibatkan ponsel tidak dapat dioperasikan dengan normal.

Saat terjadi hal ini cobalah untuk mengeringkan Layar ponsel terlebih dahulu dengan menggunakan kain handuk ataupun juga tisue, Apabila masih tetap error segera periksa ke tempat service.

3. Tidak Bisa di Cas

Masalah lain yang juga sering menghantui hp setelah tercebur ke air laut / hujan dibeberapa kasus tidak dapat dilakukan pengisian baterai (cas). Atau jikapun bisa di cas, Daya pada baterai tidak bertambah dan yang lebih parah menjadi berkurang secara bertahap.

Tentunya hal disebabkan karena jalur charging atau IC yang berperan dalam pengecasan mengalami masalah setelah terkena air laut / hujan.

4. Speaker Kresek / Mati

Kasus ini paling sering dialami ketika ponsel terkena air, Komponen suara yang satu ini juga sangat sensitif jika harus berhadapan dengan air terlebih itu adalah air laut / hujan.

Speaker yang terganggu biasanya speaker telepon yang berada dibagian atas layar dan juga speaker musik yang biasanya terdapat dibagian bawah ponsel yang sering kita gunakan saat loud speaker. Kedua speaker tersebut sama sensitifnya jika terkena air bisa menyebabkan suara menjadi kresek atau bahkan mati.

Tapi dibeberapa kasus saat speaker kresek nantinya akan normal kembali setelah kondisi ponsel benar – benar kering 100%.

5. Matot

Kasus paling vital yang disebabkan karena HP terkena air yaitu bisa langsung mengalami matot (mati total). Hal ini disebabkan karena air yang masuk kedalam HP langsung bersentuhan dengan komponen utama dibagian mesin (yaitu IC).

Sehingga jika terjadi hal tersebut dapat menyebabkan ponsel menjadi mati secara dadakan tanpa memberikan tanda – tanda terlebih dahulu.

Ciri – Ciri HP Konslet Terkena Air

Ponsel yang konslet karena terkena air tak selalu dalam keadaan mencurigakan atau bahkan mati, Beberapa kasus bahkan ponsel masih dapat digunakan seperti biasanya namun dengan beberapa kendala.

Ponsel yang konslet biasanya memiliki suhu yang tidak normal meskipun sedang tidak digunakan sama sekali. Ketika terjadi konsleting yang ringan tentu menyebabkan kontak antara kedua aliran dari listrik, Hal ini menjadikan ponsel yang konslet akan lebih panas dari biasanya.

Jika kasus konsleting ini sangat parah biasanya ponsel akan mati dan tidak menyala sama sekali. Untuk memastikan bahwa ponsel kamu mati karena terjadi konslet tentu harus dilakukan pengecekan dengan menggunakan power supply ditempat service HP.

Biaya Service HP Masuk Air

Saat ponsel bermasalah tentunya kita bertanya berapakah kira – kira biaya untuk memperbaikinya? Untuk kasus ponsel yang tercebur ke air tentu tidak bisa dipukul rata berapa biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki ponsel tersebut.

Karena setiap kasus ponsel yang tercebur memiliki kerusakan komponen yang berbeda – beda. Tapi jika diuraikan kira – kira berikut adalah rincian biaya perbaikan komponen ponsel yang biasa terjadi dikarenakan terkena air.

1. LCD + Touchscreen

Harga LCD beserta touchscreen setiap ponsel juga berbeda – beda, Sehingga tidak bisa dipukul rata. Sebagai contoh harga LCD Samsung Galaxy A10 adalah 200rb, Belum biaya pemasangan. Jika ditotalkan akan dikenakan tarif sebesar kurang lebih 400rb.

2. Speaker

Untuk service speaker ponsel biasa dipatok dengan harga sekitar 200rb – 300rb tergantung dari merk dan juga tipe ponsel. Jika part yang dibutuhkan langka biasanya akan lebih mahal lagi.

3. Tidak Bisa Charging

Tidak bisa charging sendiri terdapat beberapa kemungkinan komponen yang rusak. Jika IC Charging yang rusak biasanya memakan biaya antara 100 – 200rb. Namun jika yang rusak adalah konektor charging akan memakan biaya 100 – 150rb.

4. Matot

Matot pada kasus hp yang tercebur ke air tentunya berbeda dengan kasus matot biasanya. Saat matot karena tersebut ke air sudah dipastikan terdapat komponen yang harus diganti.

Jika komponen yang diganti adalah IC EMMC biasanya berkisaran antara 300 – 400rb, Namun jika yang mengalami kerusakan adalah Mainboardnya tentu akan memakan biaya yang lebih besar lagi.

Kesimpulan

Musibah memang tidak kita harapkan kedatangannya, Namun kita masih bisa selalu berwaspada untuk mengatasi hal – hal yang tentunya bisa merugikan diri kita sendiri.

Semoga dengan adanya artikel panduan mengenai cara mengatasi hp kena air laut / hujan ini dapat menjadi sebuah referensi dan juga rujukan bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.