Gadget  

Cara Tepat Mengatasi HP Infinix Sering Mati Hidup Sendiri + Video

Berikut Adalah Penyebab dan Panduan Cara Mengatasi HP Infinix Sering Mati Hidup Sendiri Secara Mudah Untuk Semua Seri Infinix (Hot 8, Hot 9, Hot 10, Hot 11, Smart 4, Smart 5, Smart 6, Zero 7, Zero 8, Zero 9 dan Seri lainnya) Dilengkapi dengan Video

Kenapa HP Infinix tiba – tiba mati hidup sendiri dan bahkan tidak bisa dinyalakan lagi? Mungkin pertanyaan tersebut yang saat ini diperlukan jawaban serta solusinya.

Mendapati HP Infinix yang tiba – tiba sering mati hidup sendiri memang cukup membuat kita sedikit panik, Ada banyak faktor yang mengakibatkan hal ini terjadi. Dan admin telah merangkum beberapa penyebab yang tentunya juga diserta dengan solusi dan Cara Mengatasi HP Infinix Sering Mati Hidup Sendiri.

Baca Juga: Awas, Ini Deretan Aplikasi Yang Dapat Membuat Gadget Anda Menjadi Lemot dan Hang

1. Penyebab HP Android / Infinix Mati Hidup Sendiri

Penyebab HP Infinix yang sering mati hidup sendiri tentu bukan disebabkan oleh satu hal saja, Terdapat berbagai penyebab sehingga mengakibatkan ponsel Infinix menjadi restart secara berulang. Dan dalam kondisi yang lebih parah lagi ponsel sama sekali sudah tidak bisa digunakan.

Lalu apa saja hal – hal yang menyebabkan HP Android terutama merek Infinix sering mati hidup sendiri? Setidaknya 2 penyebab berikut pemicunya:

a. Hardware

Apabila terdapat komponen didalam HP Infinix dengan kondisi abnormal seperti Processor, RAM, IC EMMC, IC POWER, Batre yang sudah tidak berfungsi dengan semestinya dapat mengakibatkan ponsel tidak bekerja dengan seharusnya.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Pesan di WA Selain diarsipkan dan di Hapus

Setiap komponen yang rusak juga memberikan gejala / tanda – tanda yang berbeda, Namun komponen harware yang apabila rusak membuat ponsel menjadi restart berulang adalah IC EMMC, IC Power, Processor dan Batre.

Sehingga apabila komponen tersebut rusak tentu perlu dilakukan pergantian dengan part yang baru. Namun tidak semua HP yang mengalami restart berulang diakibatkan karena kerusakan harware, Ada juga yang disebabkan oleh software.

b. Software dan Sistem Operasi

Kondisi lain yang memungkin ponsel mengalami restart berulang adalah karena terjadinya crash pada Software ataupun juga sistem operasi (OS). Jika hal ini terjadi, kita mempunya 2 cara untuk mengatasinya.

Baca Juga: 36 Pеrаlаtаn Sеrvісе HP Ini Mesti Dimiliki Oleh Pеmulа, Terjangkau?

Apabila masalah ini terjadi pada Software / Aplikasi, Kita bisa mencoba untuk menghapus aplikasi tersebut yang dicurigai menjadi penyebab HP Infinix sering mati hidup sendiri.

Sedangkan jika kasusnya ada pada Sistem Operasi, Cara mengatasi paling sederhana adalah dengan mereset ponsel ke setelan pabrik. Semestara untuk tindakan yang lebih serius yaitu dengan melakukan Flashing ulang Firmware HP dengan Software di Komputer.

2. Cara Mengatasi HP Android / Infinix Mati Hidup Sendiri Pada Batre Tanam

Setelah kita mengetahui dua penyebab utama yang biasanya menjadi pemicu terjadinya restart berulang di HP Infinix, Berikut admin berikan beberapa tips dan rekomendasi cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi hp infinix yang mati hidup sendiri:

a. Diamkan HP Apabila Terlalu Panas / Overheat

Images from techadvisor.com

Kondisi pertama yang sering kali mengakibatkan ponsel restart secara berulang / mati hidup karena suhu batre yang terlalu panas / over heat. Adapun cara mensiasati hal ini jika kamu mengalaminya cukup diamkan ponsel beberapa saat.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Jauh lebih baik saat melakukan proses tersebut dibarengi dengan mematikan seluruh konektifitas pada ponsel seperti jaringan seluler, WiFi , Bluetooth, GPS, dan koneksi lainnya yang memicu batre ponsel meningkat.

b. Gunakan Mode Hemat Daya

Kinerja ponsel yang terlalu berlebih sering kali membuat performa processor dan komponen lain di dalam ponsel menjadi menurun terlebih apabila suhu ponsel sudah panas (over heat).

Cara mengatasi hp infinix mati hidup sendiri, kamu bisa mengaktifkan mode penghemat daya pada ponsel Infinix. Adapun cara kerja penghemat daya ini nantinya akan membatasi seluruh aktifitas ponsel dan hanya mengizinkan yang penting – penting saja.

Baca Juga: Cara Tepat Mengatasi HP Kena Air Laut / Hujan Baterai Tanam

Tak hanya itu, Resource / sumber daya pada ponsel juga akan digunaan seminimal mungkin dengan cara sedikit mengurangi performa ponsel seefisien mungkin.

c. Gunakan Charger Infinix yang Bagus

Rekomendasi berikutnya cara mengatasi HP Infinix sering mati hidup sendiri yaitu dengan tidak menggunakan charger ponsel yang abal – abal. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam pembelian ponsel infinix kita sudah diberikan 1 set charger beserta kabelnya.

Namun tahukan kamu bahwa charger ori bawaan Infinix memiliki kualitas yang kurang baik? Terlebih untuk seri infinix dengan harga dibawah 2 jutaan.

Baca Juga: Efektif, 13 Cara Mengatasi HP Panas Pada Batre Tanam

Saran admin sebaiknya kamu mengganti charger bawaan HP Infinix tersebut dengan membeli kembali produk charger lain yang orsinil demi menjaga keawetan ponsel Infinix kamu.

Kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi charger dibawah ini untuk ponsel Infinix kesayanganmu

  1. Aukey –> Beli Disini
  2. Acome –> Beli Disini
  3. Baseus –> Beli Disini
  4. Aukey –> Beli Disini
  5. Anker –> Beli Disini

d. Bersihkan Cache dan Sampah

Membersihkan Cache dan Sampah juga bisa menjadi cara mengatasi hp infinix yang sering mati hidup sendiri. Cache beserta sampah yang menumpuk pada ponsel Infinix dapat mengakibatkan kinerja HP menjadi lebih berat terlebih apabila penyimpanan internal tinggal sedikit.

Wajib bagi kita selaku user Infinix untuk membersihkan Cache / Sampah secara rutin agar keseimbangan dan performa ponsel Infinix tetap terjaga dan terhindar dari HP yang sering mati hidup sendiri / restart berulang.

e. Kurangi Penyimpanan

Seperti yang dibahas diatas bahwa penyimpanan pada ponsel Infinix sangat berperan penting pada kinerja HP. Ruang penyimpanan yang hampir habis / penuh pada ponsel infinix tentu dapat menghambat berbagai kinerja sistem dan juga hardware ponsel.

Baca Juga: Baca! Mengenal Lebih Dalam Mengenai Sistem Kerja Android

Apabila terjadi hal seperti ini tentu bukan tidak mungkin ponsel Infinix akan mengalami lag sehingga dapat mengakibatkan ponsel restart dan yang paling buruk restart secara berulang – ulang.

f. Update Sistem Android

Kondisi firmware pada ponsel Infinix yang sudah terlalu lama dan tidak dilakukan update secara berkala bukan tidak mungkin akan mengakibatkan stabilitas ponsel menjadi terganggu. Developer memberikan update secara rutin kepada user dengan maksud memberikan perbaikan atas system lama yang mungkin terdapat bug / kekurangan.

g. Unroot HP Infinix

Meng-unroot HP Infinix menjadi cara mengatasi hp infinix sering mati hidup sendiri yang berikutnya apabila kondisi ponsel kamu sudah dalam keadaan di Root.

Proses root pada ponsel android tentu sangat beresiko, Terlebih apabila kita melakukan penggantian Firmware / ROM menggunakan system dari HP android lain yang telah diporting oleh developer pihak ketiga.

Baca Juga: 5 Hal ini Menjadi Penyebab Smartphone Andа Cepat Panas

Takutnya firmware / ROM yang digunakan tidak stabil pada ponsel Infinix atau bahkan yang paling tidak diinginkan adalah disisipkannya malware / virus pada ROM tersebut. Jika hal ini terjadi sistem ponsel dapat error dan kemungkinan over heat.

h. Mengembalikan HP Infinix ke Setelan Pabrik

Mengembalikan HP Infinix ke Setelan Pabrik tentu akan menghapus semua data – data pada ponsel tanpa terkecuali, Namun memang ini yang kita harapkan. Dengan memformat kembali HP ke setelan pabrik diharapkan bisa mengatasi masalah HP Infinix sering mati hidup sendiri.

Sistem yang terinfeksi terkadang tidak bisa kita restore hanya dengan menghapus cache / merestart ulang perangkat. Perlu tindakan lebih agar virus / malware yang menjangkit sistem bisa sepenuhnya hilang dari ponsel yaitu dengan cara reset HP Infinix ke setelan pabrik.

Adapun cara reset hp infinix ke setelan pabrik adalah sebagai berikut:

  • Buka Setelan pada smartphone Android.
  • Setelah itu, silakan masuk ke Setelan tambahan, kemudian masuk ke Cadangkan & Setel Ulang.
  • Selanjutnya, silakan tap Kembali ke setelan pabrik.
  • lalu pilih Setel ulang telepon.
  • Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  • Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  • Selesai.

i. Ganti Komponen Bermasalah

Jika cara – cara diatas sudah kamu lakukan akan tetapi HP Infinix belum juga normal kembali, Cara yang satu ini bisa menjadi solusinya. HP yang sering restart bisa disebabkan karena terdapat komponen hardware yang sudah tidak layak pakai lagi.

Apabila HP Infinix yang mati hidup secara berulang dibarengi dengan suhu ponsel yang panas, Biasanya masalah yang sering terjadi dikarenakan kondisi batre yang sudah tidak sehat lagi. Selain itu komponen yang konslet juga dapat mengakibatkan suhu ponsel menjadi panas.

Namun apabila suhu ponsel Infinix kamu dirasa normal – normal saja, Tentu ada komponen / Chip lain yang bermasalah. Untuk mengetahui hal ini alangkah lebih baik jika kamu memeriksanya ke tempat service yang resmi.

Dan jika diwajibkan untuk mengganti komponen didalam ponsel, Gunakanlan part yang orisinal agar kulitasnya baik dan juga awet digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Video Cara Mengatasi HP Infinix Mati Hidup Sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *