Cara Mengatasi Flash Kamera Belakang Instagram

  • Bagikan

Cara Mengatasi Flash Kamera Belakang Instagram tidak berfungsi – Instagram merupakan aplikasi berbagi video dan foto yang digandrungi anak remaja hingga dewasa. Aplikasi ini sering kali menawarkan fasilitas-fasilitas menarik, salah satunya adalah fasilitas insta story.

Pembuatan instastory bisa dilakukan dengan berbagai macam, mulai dari hanya menampilkan background warna-warni hingga foto selfie atau foto lainnya.

Tapi kebanyakan dari kalian mesti seringnya memakai kamera belakang untuk memfoto segala jenis benda ataupun diri sendiri. Sayangnya ada beberapa masalah saat menggunakan kamera belakang, yaitu tidak bisa menyalakan lampu flash.

Baca Juga: Cara Upload Foto di Instagram Lewat PC / Laptop Dengan dan Tanpa Aplikasi

Lampu flash ini sangat berarti bagi kalian saat memfoto di ruangan minim cahaya. Sehingga saat lampu flash tidak nyala akan mengakibatkan hasil foto menjadi jelek karena kekurangan cahaya.

Nah kalian tidak perlu khawatir lagi nih, karena kami telah menyiapkan sebuah cara mengatasi flash kamera belakang tidak menyala di Instagram yang dikutip dari Wantek.ID:

1. Kosongkan Cache Instagram

Cache merupakan sebuah proses yang digunakan aplikasi untuk menyimpan informasi secara sementara. Cache ini juga berguna untuk mengoptimalkan saat membuka kembali aplikasi yang sengaja ditutup.

Apabila kalian terlalu sering membuka suatu aplikasi, misalnya Instagram. Aplikasi IG akan menghasilkan cache tersebut kemudian disimpan pada memori RAM. Biasanya penumpukan cache seperti inilah yang mengakibatkan fungsionalitas Instagram menurun, bahkan salah satu fiturnya tidak bisa digunakan.

Contohnya saja seperti fitur flash kamera belakang pada Instagram yang tidak mau menyala saat digunakan. Padahal jelas-jelas kalian sudah mengaktifkan fitur flash tersebut. Untuk solusinya, kalian bisa lakukan “Hapus Cache” pada aplikasi Instagram seperti pada langkah berikut:

  • Buka menu Pengaturan pada hp kalian
  • Kemudian masuk pada menu Manajemen Aplikasi
  • Setelahnya cari aplikasi Instagram lalu masuk ke “Penggunaan Memori”
Cara Mengatasi Flash Kamera Belakang Instagram
  • Teruskan dengan mengetuk opsi “Hapus Cache”
  • Selesai

Sekarang coba nyalakan lampu flashnya, barangkali sudah menyala dan tidak perlu mengikuti solusi lainnya.

2. Gunakan Kamera Belakang Bawaan

Apabila langkah pertama tadi gagal, kalian coba memfoto-nya menggunakan kamera belakang bawaan hp saja. Umumnya kamera belakang bawaan tidak bermasalah karena aplikasi kamera bawaan dengan fasilitas flash (Hardware) sudah terintegrasi dengan baik.

Cara penggunaan kamera belakangnya pun sangat sederhana. Kalian tinggal menjalankan aplikasi kamera bawaan lalu mengubahkan ke kamera belakang. Setelah itu tinggal aktifkan lampu flash, mau dibuat otomatis atau langsung menyala juga bisa.

Kami sarankan dibuat menyala saja, pasalnya kalau dibuat otomatis cahaya dari lampu flash akan menyala saat aplikasi kamera memerlukan cahaya tambahan.

3. Hapus Data lalu Relogin

Selain menghapus cache, menghapus data juga dapat kalian gunakan sebagai solusi. Penghapusan data ini bertujuan untuk membersihkan seluruh informasi yang tersimpan pada aplikasi Instagram.

Sayangnya cara ini berisiko tinggi terhadap kehilangan detail akun Instagram. Alasannya karena saat kalian menghapus data aplikasi maka akan menghilangkan seluruh informasi, khususnya username dan password.

Biar tidak kehilangan detail login tersebut, kalian hanya perlu melakukan satu hal. Kalian cukup ingat-ingat saja username dan password yang dipakai pada akun Instagram. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus data Instagram:

  • Buka menu Pengaturan
  • Usap ke bawah kemudian ketuk menu Manajemen Aplikasi
  • Setelahnya kalian cari aplikasi Instagram
Cara Mengatasi Flash Kamera Belakang Instagram
  • Lalu pilih menu bertuliskan “Penggunaan Memori”
  • Kemudian ketuk pada menu “Hapus Data”
  • Apabila ada popup konfirmasi, tekan tombol OK untuk menyatakan setuju menghapus data Instagram
  • Selesai

Saatnya kalian mencoba melakukan foto menggunakan kamera belakang dan jangan lupa aktifkan flashnya. Barangkali setelah dihapus datanya flash kamera belakangnya sudah kembali pulih dan bisa digunakan secara normal.

4. Update Aplikasi Instagram

Pembaruan aplikasi pada umumnya akan memperbaiki masalah-masalah yang muncul sebelumnya. Masalah-masalah tersebut seringkali disebut dengan istilah “Bug”. Nah bug inilah yang akan memicu masalah pada suatu aplikasi, termasuk flash pada kamera Instagram.

Beruntungnya lagi Instagram rutin melakukan update sehingga kalian dapat memperbarui aplikasinya secara rutin juga. Pembaruan ini dapat kalian temukan pada Google Play Store ataupun App Store dibagian tab “Aplikasi Saya”.

Update seperti inilah yang mesti kalian tekankan untuk selalu dicek. Alasannya karena setiap ada update, pihak Instagram berupaya semaksimal mungkin memperbaiki bug seperti bug pada flash Instagram.

5. Berikan Izin Akses Ke Kamera

Bilamana keempat solusi diatas belum ada yang berhasil, coba solusi kelima ini. Barangkali kalian lupa memberi izin Instagram buat mengakses ke kamera smartphone kalian.

Perizinan ini dapat kalian atur pada menu Settings aplikasi. Di dalamnya kalian dapat melihat, mengaktifkan serta mematikan izin akses kamera.

Namun biasanya pengaturan izin akses ini di tiap-tiap hp memiliki tampilan dan letak yang berbeda. Meski demikian kalian tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya letaknya tidak beda jauh. Berikut ini cara mengizinkan Instagram mengakses kamera hp:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings pada hp
  • Kemudian cari menu bernama “Manajemen Aplikasi”
  • Selepas itu ketuk pada aplikasi Instagram lalu ketuk pada menu “Izin Apli”
Cara Mengatasi Flash Kamera Belakang Instagram
  • Terakhir tinggal aktifkan saja tombol yang berada di samping kanan tulisan Kamera
Cara Mengatasi Flash Kamera Belakang Instagram

Setelah kalian berhasil memberikan akses kamera Instagram, maka langkah selanjutnya adalah mencoba hasilnya.

Kalian cukup membuka kamera pada aplikasi Instagram lalu aktifkan lampu flashnya. Tidak ketinggalan juga mengalihkan mode kamera ke kamera belakang ya.

Baca Juga: Cara Mengambil Video Dari Instagram Orang Lain Tanpa Menggunakan Aplikasi

6. Reset Pabrik

Semua cara sudah kalian lakukan tapi tidak berhasil? Coba deh reset pengaturan pabrik. Namun sebelum itu kalian harus perhatikan hal-hal berikut ini untuk melihat konsekuensinya:

  1. Kehilangan detail login semua aplikasi (Instagram, WhatsApp, Facebook dan lain sebagainya)
  2. Kehilangan data pribadi yang sifatnya penting, khususnya data yang tersimpan pada memori internal
  3. Seluruh aplikasi akan tercopot semua dan hanya menyisakan aplikasi sistem atau bawaan

Supaya semua konsekuensi diatas dapat diminimalisir, kalian hanya perlu melakukan “Pencadangan”. Setelah semuanya berhasil kalian cadangkan, sekarang saatnya mereset data ke setelan pabrik melalui cara-cara berikut:

  • Jalankan menu Pengaturan hp
  • Usap ke bawah lalu masuk pada menu “Pengaturan Tambahan”
  • Setelah itu usap lagi ke bawah, dan ketuk pada menu “Buat Cadangan & Reset”
  • Kemudian pilih menu “Reset ke Data Pabrik”
  • Terakhir kalian tekan tombol “Reset Pengaturan Sistem” lalu ikuti instruksi yang diberikan

Selepas kalian mengikuti instruksi reset lewat pengaturan tadi, hp kalian akan reboot secara otomatis, jadi jangan khawatir apalagi panik. Proses factory reset ini akan berlangsung kurang lebih 10 sampai 15 menit.

Dari keenam cara mengatasi flash kamera Instagram di atas, manakah cara yang berhasil? Tulis jawaban kalian di kolom komentar ya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *