Hacker Mah Lewat! Berikut Ini Cara Mengamankan Akun Facebook dengan Google Authenticator

  • Whatsapp

Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Serangan Hacker (agar tidak dibajak) Dengan Google Authenticator (Twofactor authentication)

Saat ini banyak sekali terjadi perampasan akun facebook atau yang lebih akrab sering kita sebut dengan hack. Yang mana proses hack akun facebook juga memiliki beragam tips berbeda yang dipakai oleh setiap hacker seperti salahsatunya adalah phising

Namun bukan mustahil bagi kita untuk bisa mengamankan akun facebook dari tangan orang-orang jahil yang berniat untuk mengambil alih hak akses terhadap akun kita.

Baca: Cara Cepat Menghapus Semua Status di FB Menggunakan Laptop dan Komputer PC

Salahsatunya adalah dengan menggunakan verifikasi 2 langkah atau Twofactor authentication yang mana dengan mengaktifkan fitur ini, tidak sembarang orang bisa mengakses akun kita walaupun mengetahui passwordnya.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan multi factor authenticator pada akun facebook agar bisa terhindar dari peretasan akun? Berikut ridpircom berikan tips untuk mengamankan akun FB.

Penyebab Akun FB di hack

Sebelum menuju tutorial mengamankan akun FB dari serangan hacker nakal, alangkah baiknya sobat tekno juga mengetahui detail penyebab akun facbeook sering terkena hack.

1# Password Kurang Kuat

Memberi password untuk akun facebook haruslah kuat dalam artian tidak mudah ditebak oleh orang lain terlebih orang terdekat yang tau seluk beluk kesehatian kita.

Kombinasikan angka dan karakter (seperti *#<>@) pada sandi akun facebook agar orang lain / hacker sulit untuk mengira dan menebaknya.

#2 Login Akun Facebook di Web Phising

Penyebab selanjutnya yang kerap sering dialamai oleh sebagian pengguna FB adalah terjebak di web phising mirip facebook, dan sialnya mereka memasukan username/email/no hp beserta password pada web phising tersebut.

Tentu apabila hal tersebut terjadi maka akun fb milikmu akan dicuri, karena data yang kamu input berupa username dan kata sandi sudah tersimpan pada database web phising tersebut.

Biasanya para hacker menjebak target dengan mengelabui tampilan web menyerupai web asli facebook.

#3 Login di Komputer Publik (Warnet)

Coba diingat lagi, Mungkin sebelumnya kamu sudah pernah masuk ke akun facebook menggunakan komputer yang kamu sewa di warnet.

Sebagian kasus akun fb yang diretas disebabkan oleh pemilik akun yang kurang teliti saat login facebook menggunakan komputer PC di tempat umum (warnet/ lab sekolah dll).

Untuk itu kurangi penggunaan perangkat umum untuk mengakses akun facebook apabila kamu kurang mengetahui seluk beluk celah kelemahan akan facebookmu.

Itulah 3 penyebab paling umum yang sering terjadi dibalik peretasan akun facebook, tentunya masih terdapat banyak alasan dan penyebab akun facebook terkena serangan hacker yang berujung perampasan akun facebook secara paksa.

Baca Cara Mengaktifkan Kembali Akun Facebook yang di Nonaktifkan

Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah (Twofactor authentication) Pada Facebook

Sebelum anda mengaktifkan verifikasi 2 langkah pada facebook, saya akan sedikit memberikan gambaran mengenai cara kerja multi factor authenticator.

Cara Kerja Otentikasi dua Faktor

Verifikasi 2 lapis ini merupakan keamanan ganda yang telah disediakan oleh pihak facebook, cara kerjanya hampir sama seperti ketika anda mendaftarkan nomor whatsapp.

Selain diharuskan memasukkan username dan password untuk masuk kedalam akun facebook, verifikasi 2 langkah ini akan menambahkan lapisan keamanan yang lain, yakni kode verifikasi.

Kode verifikasi sendiri bisa didapatkan dengan 2 cara, yaitu via sms dan dengan aplikasi Google Authenticator.

Baca Juga: Mudah! ini Cara Mendapatkan Uang dari Video Fanspage di Facebook Creator

Namun kali ini saya hanya akan membahas bagaimana cara mengamankan akun facebook dari serangan hacker (agar tidak dibajak) menggunakan google authenticator (two-factor authentication)

Cara Mengamankan Akun Facebook Dengan Google Authenticator

  1. Login akun facebook terlebih dahulu
  2. Pergi ke menu Pengaturan>Keamanan dan Info Login seperti pada gambar dibawah ini, atau anda bisa klik tautan ini
    Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Serangan Hacker Dengan Google Authenticator (Two-factor authentication)
  3. Maka akan muncul beberapa opsi settingan seperti Pilih teman untuk dihubungi jika Anda tidak bisa masuk, Tempat Anda Login, Penyiapan Keamanan Ekstra, Tingkat Lanjut dan tentunya Autentikasi Dua-Faktor.
  4. Setelah Anda Klik “Edit” pada Autentikasi Dua-Faktor
    Cara Mengamankan Akun Facebook dengan Google Authenticator
  5. Maka akan muncul teks “Tambahkan Keamanan Ekstra Dengan Autentikasi Dua-Faktor”
  6. Lalu anda klik “Mulai” dibagian bawahnya
  7. Setelah itu akan muncul 2 Metode yang bisa anda gunakan untuk mengaktifkan Autentikasi Dua-Faktor, Yakni dengan menggunakan SMS dan via Aplikasi seperti Google Authenticator atau Duo Mobile.
  8. Anda Pilih saja Metode Aplikasi Autentikasi (Sebelah kanan), Lalu Klik “Selanjutnya
  9. Maka akan tambil barcode dan anda diharuskan untuk mendownload aplikasi Google Authenticator,
  10. Klik tautan berikut untuk mendownloadnya
  11. Selesai anda mengunduh dan menginstallnya, silakan anda buka aplikasi tersebut kemudian Klik ikon tambah (+) dipojok kanan bawah dan pilih “Pindai kode batang”
  12. Lalu arahkan kamera HP anda ke tampilan barcode sebelumnya seperti pada gambar dibawah
  13. lalu pilih “Selanjutnya” dan anda akan diminta untuk memasukkan kode konfirmasi yang terdapat di aplikasi Google Authenticator

Perlu anda ketahui bahwa kode konfirmasi setiap kali anda akan login kedalam akun facebook itu berbeda. Jadi anda harus menjaga dan mengingat akun google yang telah anda hubunkgan dengan kode keamanan 2 lapis di facebook.

Baca: Cara Menyimpan Video dari Facebook Lite ke Galeri Tanpa Aplikasi

Oke mungkin itu saja tips dari saya di kesempatan kali tentang cara mengamankan akun facebook dari serangan hacker dan haters yang ingin meretas akun ada.

Jika akun anda sudah terlanjur diretas dan dinonaktifkan silakan baca artikel Cara Mengaktifkan kembali Akun Facebook yang di Nonaktifkan, semoga artikel tersebut bisa membantu anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar