Cara Jualan Online di Internet untuk Pemula

  • Bagikan

Cara Jualan Online di Internet untuk Pemula – Salah satu usaha terbaik saat masa pandemi seperti sekarang ini adalah jualan online di internet. Melalui internet, cara jualan kamu akan lebih fleksibel karena tidak terikat oleh ruang dan waktu, kapanpun bisa jualan asalkan ada laptop atau smartphone.

Sebelum memutuskan jualan online, pastikan barang yang kamu jual memiliki kualitas yang bagus dan ready stok. Jangan sampai barang jelek kamu jual dan menjadi ramai di media sosial karena pembeli yang tidak puas. Kalau itu sampai terjadi, namamu bisa jelek di mata netizen.

Lalu bagaimana sih cara jualan online itu ?

Baca Juga: Strategi Bisnis Online Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Online Shop

Cara Jualan Online di Internet untuk Pemula

Sebelum kangmasian jelaskan, kamu harus tau bahwa jualan online itu ada yang gratis sama sekali tanpa mengeluarkan modal, dan ada juga yang menggunakan modal atau istilahnya ngiklan.

Biar lebih jelas, perhatikan cara jualan online di internet berikut ini :

1. Jualan Menggunakan Facebook

Saat ini facebook punya fitur unggulan bernama “Marketplace”, kamu bisa jualan apa saja disini tanpa ada biaya alias gratis. Hanya saja jika ingin lebih tertarget calon pembelinya, kamu bisa menggunakan layanan Facebook Ads (ngiklan pake facebook).

Namanya juga ngiklan, tentu ada modal yang harus dikeluarkan. Meskipun tidak ada jaminan 100% pasti untung, ngiklan menggunakan facebook lebih berpeluang mendapatkan calon pembeli.

Kelebihan facebook ads ini, kamu bisa menarget iklan hanya tayang pada kriteria tertentu, misalnya iklan hanya tampil pada pengguna facebook dengan usia 20-40 tahun, laki-laki, sudah menikah, dan tinggal di Jakarta.

Jadi kalau kamu jualan Madu (hanya contoh), dan diiklankan dengan facebook ads, maka targetnya : hanya laki-laki, usia 20-40 tahun, sudah menikah, dan tinggal di Jakarta. Secara otomatis iklan akan tampil pada pengguna facebook dengan kriteria tersebut.

Tapi kalau jualannya hanya pakai fitur “Marketplace” ya produk yang kamu jual hanya tampil secara umum saja di marketplace.

Kelebihan Jualan Menggunakan Facebook Ads

  • Bisa menarget calon pembeli dengan kriteria tertentu (usia, gender, minat)
  • Wilayah jangkauan iklan bisa lebih spesifik
  • Format iklan ada banyak dan menarik
  • Akses ngiklan bisa lewat smartphone dan gak harus pakai laptop

Kelemahan Jualan Menggunakan Facebook Ads

  • Perlu biaya yang tidak sedikit untuk uji coba ngiklan
  • Aturan sangat ketat sehingga akun sering kena AME (Ads Manager Error)
  • Sering boncos (rugi) jika salah dalam menarget audience

2. Jualan Melalui Marketplace

Marketplace yang dimaksud ini bukan marketplace seperti fitur facebook ya.. tetapi lebih umum. Kamu tau kan apa itu shopee, bukalapak, tokopedia, lazada dan blibli ? nah.. itu lah contoh marketplace yang ada di Indonesia.

Jualan online bisa memanfaatkan marketplace yang ada, misalnya dengan cara membuat toko di shopee, bukalapak, tokopedia, lazada dan blibli. Jualannya hanya 1 jenis produk tetapi pemasarannya bisa di 5 marketplace.

Selain facebook yang memiliki layanan facebook ads, marketplace pada umumnya juga punya fitur untuk beriklan. Contohnya Shopee punya fitur bernama “iklan shopee“ dan tokopedia punya fitur bernama “TopAds”.

Kenapa kamu harus beriklan di marketplace ?

Untuk pemula yang jualan di marketplace memang lebih sulit untuk mendapatkan pembeli diawal. Hal kayak gini wajar sih.. karena toko belum punya reputasi dan tentunya belum ada review dari pembeli.

Kalau kamu jualan tanpa menggunakan iklan, rasanya seperti menunggu pembeli datang sendiri ke tokomu. Sepi..  sunyi.. dan lama lagi..

Sedangkan kalau pakai iklan, itu ibaratnya seperti menunggu pembeli datang, tetapi ada yang woro-woro, ada yang ngasih pengumuman ke orang banyak.. ada pengumuman yang ditempel dimana-mana.. kalau ada yang minat beli, tinggal datang ke tokomu.

Kalau dilihat dari peluangnya, beriklan tentu akan lebih baik, meskipun masih pemula, kamu harus belajar beriklan di marektplace.

Kelebihan Ngiklan di Marketplace

  • Tidak membutuhkan modal banyak untuk memulai beriklan
  • Pasar atau audience sudah terbentuk
  • Pengaturan iklan lebih simple dibandingkan dengan facebook ads

Kelemahan Ngiklan di Marketplace

  • Kompetitor sangat banyak untuk kategori produk tertentu
  • Perang harga antar toko
  • Tidak bisa retargeting (membangun database pembeli)

Baca Juga: Rahasia! Ini Tips Jualan di Instagram Agar Cepat Laku

3. Jualan Menggunakan Landingpage

Landingpage dapat diartikan sebagai lapak jualan tetapi milik sendiri. Beda dengan toko di marketplace, status toko di marketplace itu numpang, sedangkan pemiliknya ya yang punya marketplace itu.

Jualan dengan menggunakan landingpage ini menjadi solusi bagi kamu yang gak suka banyak aturan seperti di marketplace. Hanya saja butuh modal yang cukup banyak karena harus membeli domain (alamat lapak) dan membayar hosting (tempat untuk menyimpan file/data).

Kelebihan Jualan Menggunakan Landingpage

  • Bebas jualan tanpa terikat oleh aturan (kecuali produk yang dilarang pemerintah)
  • Lebih mudah mendapatkan data calon konsumen
  • Bisa fokus jualan 1 jenis produk
  • Bisa menerapkan strategi SEO
  • Bisa diiklankan dengan menggunakan facebook ads

Kelemahan Jualan Menggunakan Landingpage

  • Perlu ilmu dan modal untuk membuat sebuah landingpage
  • Kamu perlu membeli sebuah domain dan menyewa hosting
  • Konversi penjualan sangat tergantung pada copywriting (bahasa promosinya)

Dari ketiga cara di atas, mana yang terbaik ?

Semuanya terbaik dalam bidangnya masing-masing. Coba saja mulai dari jualan di facebook, setelah itu lanjut buat toko di marketplace kemudian baru buat landingpage. Jika 3 cara di atas sudah dicoba, nanti kamu akan tau, produk yang kamu jual itu cocoknya dijual dengan cara yang mana.

Jualan online memang membutuhkan waktu dan biaya untuk menemukan cara yang cocok. Jadi teruslah belajar dan bereksperimen..

Demikian informasi cara jualan online di internet untuk pemula, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *