3 Cara Download Thumbnail YouTube Orang Lain Dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

  • Whatsapp

Cara Download / Mengambil Thumbnail YouTube Video Sendiri dan Orang Lain Menggunakan Komputer PC dan Juga HP (Android/iOS) Dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

Akhir-akhir ini youtube sudah menjadi platform berbagi video dengan jumlah konten kreator terbanyak diseluruh penjuru dunia, Berdiri sejak 14 February 2005 hingga sampai saat ini diakuisisi oleh Google.

Adanya YouTube ini sangat membantu dan memudahkan kita saat mengalami suatu kendala terhadap suatu hal, Sehingga momen itu dimanfaatkan oleh creator video dengan membuat video tutorial, Salsahsatunya.

Baca Juga: Cara Download Video di Youtube Lewat Laptop / PC Tanpa Aplikasi Dan Software Tambahan

Namun terkadang ada banyak creator atau YouTuber yang ketika videonya itu viral sering mengganti (mengedit) Thumbnailnya, Akan tetapi gimana kalo thumbnail tersebut sudah dihapus dari perangkat, Dan file projectnya tidak disimpan? Bisakah kita mendownloadnya kembali? Tentu bisa!

3 Cara Download Thumbnail YouTube Dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

Pada tutorial kali ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu pilih, Sehingga kamu yang menggunakan perangkat apapun untuk mendownload thumbnail youtube ini sangat bisa, Asalkan mengikuti tutorial sesuai dengan perangkat yang digunakan.

1. Cara Donwload Thumbnail Tanpa Aplikasi (HP dan Komputer)

  • Langkah pertama Copy terlebih dahulu link video youtube yang ingin di download thumbnailnya
  • Selanjutnya kunjungi situs thumbnailsave.com
  • Setelah itu Paste alamat link yang sudah di copy tadi seperti langkah 1 pada gambar dibawah
  • Jika sudah klik Submit (Langkah 2 pada gambar)
  • Selanjutnya akan tampil beberapa pilihan resolusi thumbnail yang bisa didownload. Disini saya akan mendownload dengan resolusi 1080 pixel
  • Untuk mendownloadnya, Kamu hanya tinggal klik kanan pada gambar (jika menggunakan komputer) Selanjutnya klik save image atau save image as… Jika menggunakan Smartphone bisa dengan tekan lama pada gambar dan pilih Download Gambar
  • Maka gambar thumbnail akan terdownload.
  • Untuk download thumbnail yang lain silakan klik Use a Different Link

Kelebihan menggunakan web ini untuk mendownload thumbnail yaitu kamu tidak perlu download aplikasi terlebih dahulu, Bisa digunakan untuk hampir semua device. Dan satu hal lagi web ini terdapat pilihan kualitas atau resolusi pada thumbnail yang hendak kamu download yang menjadi nilai plus.

Akan tetapi kekurangannya terdapat banyak sekali iklan dan pop up yang dapat mengganggu, Oleh karena itu berikut adalah alternatif tutorial yang bisa kamu gunakan.

2. Cara Download Thumbnail YouTube Dengan Mengedit Link (PC dan HP)

Jika kamu memang tidak suka dan sering merasa jengkel kalo udah tampil iklan yang begitu banyaknya maka bisa gunakan tutorial ini gaes.

Sama seperti pada tutorial diatas, Kita dapat mendownload thumbnail dengan berbagai macam pilihan resolusi yaitu ; 320×180 (MQ), 640×480 (SD), 480×360 (HQ) dan 1920×1080 (HD).

Panduan Download

  • Langkah pertama tentu kalian harus menyalin kode ID pada video youtube yang hendak di download. Misalnya disini saya akan mendownload thumbnail dari URL video berikut, Yang teman-teman butuhkan hanyalah kode setelah watch?v=
  • Maka kode ID dari link diatas adalah rqNDXKtqCNk, Namun jika link YouTube kamu dengan awalan https://youtu.be/rqNDXKtqCNk maka kode ID tersebut setelah youtu.be/.
  • Selanjutnya silakan tempelkan kode diatas pada link download thumbnail dan ganti tulisan videoidhere dengan kode ID yang telah didapatkan tadi. Sehingga menjadi https://i.ytimg.com/vi/rqNDXKtqCNk/maxresdefault.jpg (untuk resolusi 1280×720)
  • Buka link tersebut, Dan akan tampil Thumbnail yang hendak di download. Untuk mendownloadnya lakukan seperti biasa, Klik kanan untuk perangkat komputer dan tekan lama untuk smartphone dan klik Download Gambar
  • Gambar akan segera terdownload

Baca Juga: Rekomendasi Mic Untuk Youtuber, Budget Miring Kualitas Nyaring!

3. Download Thumbnail YouTube dengan Aplikasi Tambahan (Android)

Jika kamu orangnya gak mau ribet harus berurusan dengan banyaknya iklan ataupun salin tempel link video youtube untuk mendownload thumbnail maka bisa menggunakan aplikasi tambahan, Tapi tutorial ini hanya untuk pengguna android saja.

Berikut adalah tutorialnya:

  • Silakan download aplikasi “Video Thumbnail Downloader” di Google Play Store –> Download APK
  • Jika sudah diunduh dan terpasang di HP, Buka Aplikasi tersebut
  • Tapi sebelumnya pastikan kamu sudah Menyalin link video youtube yang hendak di download thumbnailnya
  • Setelah aplikasi terbuka silakan klik ikon cari di sudut kanan atas
cara download thumbnail youtube orang lain
  • Tempel link yang sudah disalin pada kolom pencarian
  • Kemudian klik enter di keyboard
cara download thumbnail youtube orang lain
  • Maka akan muncul gambar atau thumbnail yang hendak di download
  • Langkah terakhir silakan klik tombol Download
  • Jika sudah terdownload akan muncul pesan “Save image in gallery!”

Perlu kamu ketahui, Menggunakan aplikasi ini maka kualitas/ resolusi gambar yang terdownload adalah 1280×720 (HD) sama seperti kedua cara diatas.

Kesimpulan

Mendownload sebuah thumbnail yang terdapat pada jejaring video sosial seperti youtube bukanlah sebuah hal yang sulit, terlebih di era seperti saat ini.

Ada banyak sekali cara, web, aplikasi yang bisa kita pakai untuk mendownload sebuh thumbnail video youtube pribadi ataupun milik orang lain.

Dari ketiga cara diatas tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing kembali lagi kepada kita yang menggunakan, Mau yang tanpa aplikasi atau bisa juga menggunakan aplikasi.

Sekian tutorial kali ini mengenai cara download thumbnail youtube dengan sangat mudah yang bisa kamu lakukan menggunakan perangkat komputer PC dan Juga Android serta iOS. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *