Sangat Mudah! Ini Cara Cek Nomor Indosat Masih Aktif atau Tidak

  • Whatsapp

Cara Cek Nomor Indosat Aktif atau Tidak – Di Indonesia penggunaan kartu pascabayar menjadi pilihan nomor satu agar kita bisa menggunakan layanan telepon, sms dan berselancar di internet.

Diantara beberapa provider jaringan seluler, Indosat adalah salahsatu yang menjadi favorit masyarakat kelas menengah di Indonesia yang tentu kualitasnya tidak diragunkan lagi.

Sebagai kaum milenial yang memiliki tingkat mobilitas tinggi akan kebutuhan internet indosat hadir seakan menjawab semua kebutuhan-kebutuhan kita.

Baca Juga: Pengalaman Cara Mengaktifkan Kembali Kartu XL Yang Lewat Masa Tenggang

Telpon, SMS serta Layanan internet bisa terus kita gunakan selama kartu indosat kita masih aktif, Lalu bagaimana jika kartu sudah tidak aktif?Apakah bisa diaktifkan kembali?

Sebenarnya Cara Cek Nomor Masih Aktif atau Tidak ini juga berlaku untuk semua operator seluler seperti Telkomsel, XL, Axis, Indosat Ooredoo, Smartfren, Tri dll.

Lalu Cara Cek Nomor Indosat Aktif atau Tidak? Berikut adalah panduanya

Cara Cek Nomor Indosat Aktif atau Tidak

Ada beberapa indikator saat kartu yang kita gunakan sudah tidak aktif lagi, Diantaranya

1. Tidak Bisa Menelpon

Indikator pertama yang mendakan bahwa kartu yang kamu gunakan sudah tidak aktif yaitu tidak dapat melakukan panggilan meskipun pada kartu tersebut tersedia pulsa.

Meski begitu kamu harus tetap mempertimbangkan hal lain sebelum memvonis bahwa kartu sudah tidak lagi aktif, Apakah terdapat sinyal saat kamu melakukan panggilan? jika iya dan kamu memiliki pulsa yang cukup hal tersebut bisa menandakan kalo nomor kamu sudah tidak aktif lagi.

2. Tidak Dapat Mengirim Pesan SMS

Tanda selanjutnya apabila kartu dicurigai sudah tidak aktif yaitu tidak bisa mengirimkan pesan kesesama nomor indosat, ke nomor operator lain dan juga ke operator sendiri seperti 4444, 363 dan lainnya.

3. Sinyal dan Jaringan Menghilang

Biasanya apabila kartu masih terdapat sinyal akan tetapi tidak dapat melakukan panggilan dan juga kirim sms serta tersedia pulsa yang cukup dan sudah dilakukan dibeberapa tempat (untuk menghindari sinyal buruk) biasanya masih dalam masa tenggang.

Namun jika kartu sudah tidak lagi menampilkan bar sinyal dibagian atas HP maka sudah dicurigai nomor tidak aktif.

Namun untuk memastikan bahwa nomor benar-benar tidak aktif harus dilakukan serangkaian langkah-langkah, Diantaranya memastikan kondisi sinyal ditempat kamu dan hp yang digunakan juga baik-baik saja.

Jangan sampai kamu memvonis begitu saja tanpa mencoba untuk mengganti hp, Bisa saja yang rusak itu HPnya bukan kartu simnya.

3. Tidak Bisa Menerima SMS

Coba saja kamu kirim pesan teks via SMS menggunakan nomor lain yang aktif, Apakah kartu yang dicurigai tidak aktif tersebut masih bisa menerima SMS? jika tidak berarti kartu memang sudah tidak aktif lagi.

4. Kartu Tidak Terbaca

Jangan sampai keliru ya antara sinyal tidak muncul dengan kartu tidak terbaca, Gini lho perbedaannya.

Kartu yang masih terbaca akan tetapi sinyal tidak muncul biasanya ditandai dengan indikator bar sinyal dibagian atas HP masih muncul, akan tetapi warnanya sedikit pudar dan terdapat ikon cakra

Sedangkan apabila kartu sim tidak terbaca akan ditandai dengan munculnya ikon kartu lengkap dengan tanpa cakranya. Atau pada beberapa smartphone sama sekali tidak menampilkan indikator adanya masalah pada sim card.

Dengan mengacu pada empat poin diatas, kita bisa lebih mengetahui mana katu yang masih aktif atau dalam masa tenggang dan mana kartu yang sudah tidak aktif lagi.

Apakah Kartu Yang Hangus Bisa Dikembalikan?

Bisa! Asal kamu masih memiliki kartu yang sudah hangus tersebut. Dan akan lebih baik lagi jika data pada kartu yang hangus tersebut menggunakan data NIK dan no KK asli milikmu, bukan milik orang lain.

Bagaimana Cara Mengembalikanya?

Sepengalaman admin kita bisa melakukan reaktivasi kartu yang sudah hangus ke gerai atau Indosat center terdekat di kota kita.

Silakan kamu datang ke gerai Indosat, ambil nomor antrian kemudian beritahu pada customer service bahwa kamu ingin melakukan reaktivasi (aktivasi ulang) kartu Indosat yang sudah hangus.

Untuk biaya biasanya gratis, Kamu hanya tinggal membayar sejumlah uang untuk membeli pulsa yang mana nantinya akan menambah masa aktif tersebut.

Akhir Kata

Demikian artikel kali ini mengenai cara cek kartu indosat apakah masih aktif atau tidak menggunakan serangkaian langkah yang bisa kamu coba dengan mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *