Cara Merawat dan Mencuci Jaket Hoodie Agar Awet

  • Whatsapp

ridpir.com, Cara Merawat dan Mencuci Jaket Hoodie Agar Awet – Salahsatu pakaian yang menjadi favorit sebagian orang adalah jaket hoodie, Dengan memiliki bahan lembut dan desain yang menarik membuat kita lebih tertarik untuk memilikinya.

Memiliki pakaian berbahan rajut seperti sweater memang membutuhkan perhatian yang khusus dalam perawatannya. Sebab bahannya yang rentan rusak sekaligus melar seringkali menjadi keluhan para pemiliknya.

Oleh karena itu berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat sweatear-mu tidak cepat rusak.

Baca juga: Jenis dan Macam – Macam Kursi Tamu Mewah

Cara Merawat dan Mencuci Jaket Hoodie Agar Awet

Cara Agar Jaket Hoodie Awet

1. Hindari Pemakaian Hanger

Hal yang sering dilakukan adalah menggantung sweater dengan hanger, kebiasaan ini sebenarnya tidak bagus karena dapat membuat bentuknya berubah pada beberapa bagian, contohnya seperti pada lengan dan Pundak.

Maka ada baiknya setelah mencuci pakaian ini, lipat saja dan simpan sweater pada lemari, kotak kayu, atau storage box. Selain untuk menjaga bentuknya agar tidak berubah, cara ini juga berfungsi untuk menghindari ngengat serta menjaga wanginya bertahan lebih lama.

2. Memberi Kamper

Memberi kamper di sekitar penyimpanan sweater bertujuan untuk menhindari ngengat serta hewan lainnya yang bisa saja hinggap di sana. Tentu hal ini juga bisa berdampak untuk jangka waktu Panjang.

3. Tidak Disikat

Hal fatal yang sebaiknya dihindari adalah mencuci sweater dengan disikat. Masalahnya sikat yang digunakan dapat membuat serat-serat pada sweater cepat rusak, sehingga rajutannya menjadi mudah lepas dan melar. Maka cara terbaik unutk mencucinya adalah dengan direndam lalu dikucek secara halus.

4. Pisahkan Dengan Pakaian Lain

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum mencuci sweater adalah memisahkannya dengan pakaian lain, cara ini penting dilakukan agar sweater tidak bergesekan dengan baju lain yang membuat seratnya mudah rusak, apalagi jika bajumu memiliki pengait seperti bra misalnya, jangan sampai disatukan sebab itu hanya akan membuat sweater melar lantaran kawat pengait pada bra bisa menarik serat-seratnya.

5. Jangan Jemur di Bawah Sinar Matahari

Cara ini sederhana namun seringkali dilewatkan, cukup jemur sweater pada tempat yang semi outdoor agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung, sebab hal itu bisa mencegah penyusutan pada pakaian tersebut. Namun tetap ingat untuk tidak menggantungnya dengan hanger.

Cara Mencuci Jaket Hoodie

Hampir semua orang pasti memiliki hoodie sebagai koleksi pribadi di dalam lemari, selain bisa diandalkan saat cuaca mulai dingin, hoodie juga membuat penggunanya terlihat lebih stylish dan fashionable. Memberikan kesan yang santai serta muda, maka tidak salah jika hoodie menjadi begitu popular belakangan. Sifatnya yang tak lekang oleh waktu membuat hoodie bisa dipakai oleh siapapun dan kapanpun, oleh karenanya kamu tentu menginginkan hoodie yang bisa bertahan cukup lama bukan? Berikut adalah tips guna membuat hoodie-mu lebih awet.

Tidak Perlu Direndam Terlalu Lama

Merendam hoodie terlalu lama akan membuat seratnya lebih mudah lapuk serta menjadikannya tipis dan mudah sobek. Cukup rendam 5-10 menit saja dan hindari penggunaan detergen yang berlebihan.

Jangan Disikat

Terbuat dari bahan yang cukup tebal seperti wol atau cotton fleece, maka jika disikat akan membuat kainnya mudah berserabut. Oleh karenanya mencuci hoodie cukup dikucek pelan-pelan.

Bilas dan Peras Secara Perlahan

Ada baiknya mencuci hoodie cukup dengan tangan saja agar serat kainnya tidak mudah rusak. Mencucinya pun harus tetap hati-hati dan jangan dikucek terlalu keras. Jangan lupa untuk Peras serta bilas sweater secara perlahan, sebab jika diperas terlalu berlebihan maka kemungkinannya bisa mengubah bentuk dari hoodie tersebut.

Jemur Terbalik

Meski tidak terpapar sinar matahari secara langsung, namun tetap saja butuh perhatian khusus dalam mengeringkannya. Maka guna menghindari warna hoodie agar tidak cepat pudar, jemurlah dengan cara dibalik.

Jangan Digantung Saat Dijemur

Menggantung Hoodie dengan hanger saat dijemur sebenarnya adalah pilihan yang kurang tepat, kenapa? Sebab hal itu membuat hoodie menjadi melar akibat menahan beban air saat dijemur. Hindari juga menggantung hoodie pada tali/kawat jemuran karena dapat merusak tekstur kain yang halus.

Menghilangkan Noda

Apabila hoodie yang kalian pakai tiba-tiba terkena noda, maka segera cucilah bagian yang bernoda tersebut. Gunakan detergen lalu oleskan pada bagian yang bernoda, gosok pelan-pelan dan bilas dengan air bersih hingga noda hilang.

Jika ingin mendapatkan informasi menarik lainya seputar jaket hoodi bisa mengunjungi situs enkosa.com. Disitu, Kamu juga dapat membeli beranekaragam jenis jaket hoodie yang sesuai dengan seleramu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *