Berikut ini Adalah Tujuan Laporan Keuangan Dalam Ilmu Akuntansi Yang Perlu Kamu Ketahui

Tujuan Laporan Keuangan Dalam Ilmu Akuntansi
Disini akan dijelasin nih apa aja sih tujuan laporan keuangan dalam akuntansi.

Selamat pagi! Walaupun mungkin sudah siang, sore atau malam kita tetep wajib dong semangat? Begitulah kata guruku. Gimana dengan liburannya? Udah mantap kan? Yuk saatnya mengingat lagi pelajaran-pelajaran yang telah lama hilang terbawa arus mudik. Iya begitulah. Saat yang tepat nih buat belajar lagi.

Mengenang memori yang gak akan dilupain deh seputar akuntansi lagi pastinya. Jangan mikir memori soal mantan yah, bikin nyesek :v. Okey let’s check this out.

Muat Lebih

Materi Sebelumnya: Profesi Akuntansi, Etika Profesi Akuntansi dan Pihak yang Membutuhkan Informasi Akuntansi

Sebenernya tujuan serta fungsi akuntansi itu kan buat laporan keuangan nih ya. Sama seperti yang dibahas sebelumnya. Disini akan dijelasin nih apa aja sih tujuan laporan keuangan dalam akuntansi.

Sesuai dengan yang aku dapatkan di sekolah itu ada 2 jenis tujuan laporan keuangan.

Berikut Ini Adalah 2 Jenis Tujuan Laporan Keuangan

A. Tujuan Umum Laporan Keuangan

  1. Memberikan informasi keuangan yang dapat mengenai aktiva, kewajiban dan ekuitas perusahaan.
  2. Memberikan infirmasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan aktiva neto (aktivitas setelah dikurangi kewajiban) suatu perusahaan yang timbul akibat dari memperoleh laba.
  3. Memberikan informasi keuangan kepada para pemakai keuangan sehingga dapat memperkirakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba.
  4. Memberikan informasi penting lain mengenai perubahan dalam aktiva seperti informasi mengenai aktiva pembiayaan dan investasinya.
  5. Mengungkapkan sejauh mungkin informasi lain yang berhubungan dengan laporan keuangan yang relevan dengan kebutuhan pemakai laporan

B. Tujuan Kualitatif Laporan Keuangan

  1. Relevan
    Pilih metode pengukuran dan pelaporan akuntansi keuangan yang sejauh mungkin dapat membantu para pemakai data akuntansi keuangan. Laporan keuangan difokuskan pada
    kepentingan umum pemakai.
  2. Dapat dimengerti
    Bentuk laporan keuangan dan istilah – istilah yang digunakan harus disesuaikan dengan kemampuan pemakai dalam menangkap pengertiannya.
  3. Dapat diverifikasi (diuji kebenarannya)
    Laporan keuangan harus disusun secara objektif sehingga dapat diuji kebenarannya oleh pengukur yang independen dengan menggunakan metode pengukuran yang sama.
  4. Netral
    Laporan keuangan harus diarahkan pada kebutukan pemakai secara umum.
  5. Tepat waktu
    Informasi harus tepat waktu agar dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dan menghindari penundaan pengambilan keputusan penting.
  6. Dapat dibandingkan
    Laporan keuangan harus dapat dibandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya dari perusahaan yang sama (dibandingkan dengan laporan sejenis [ada periode yang sama).
  7. Lengkap
    Laporan keuangan harus memenuhi standar perlengkapan yang memadai.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini yang dapat aku bagikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat. See you next time yaa dengan materi yang lain. Tetep belajar ya. Tetep semangat. Okeh?

Penelusuran Terkait: sebutkan tujuan kualitatif laporan keuangan, tujuan khusus laporan keuangan, Brainly

Banner bagi-in.com

WAJIB DIKETAHUI : Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *