Surat Az-Zumar Ayat 53: Teks Arab, Latin, Terjemah dan Tafsir

  • Whatsapp

Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Az-Zumar Ayat 53

Dalam kehidupan sehari-hari, kita selaku manusia yang tentunya tidak akan luput dari yang namanya kesalahan baik itu disengaja ataupun tidak.

Oleh karenanya pada surat az-zumar ayat 53 ini Allah memberikan kesempatan kepada umatnya yang melampaui batas untuk tidak berputus asa terhadap ampunan (rahmat) Allah. Diakhir ayat juga ditegaskan bahwa Dia maha pengampun dan maha penyayang

Baca Juga: Surat Al-Anfal Ayat 72: Teks Arab, Latin, Terjemah, Tafsir dan Arti Perkata

Berikut ini Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Az- Zumar Ayat 53

Teks Arab dan Latin Surat Az- Zumar Ayat 53

۞ قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

qul yā ‘ibādiyallażīna asrafụ ‘alā anfusihim lā taqnaṭụ mir raḥmatillāh, innallāha yagfiruż-żunụba jamī’ā, innahụ huwal-gafụrur-raḥīm

Terjemah Surat Az- Zumar Ayat 53

Bahasa Indonesia

Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Bahasa Inggris

Say, “O My servants who have transgressed against themselves [by sinning], do not despair of the mercy of Allah . Indeed, Allah forgives all sins. Indeed, it is He who is the Forgiving, the Merciful.”

Arti Perkata Surat Az- Zumar Ayat 53

BacaanArti
قُلْ katakanlah
يٰعِبَادِيَ wahai hamba-hambaku
الَّذِيْنَ orang-orang yang
اَسْرَفُوْا (kalian[lk]) melampaui batas
عَلٰٓى atasku/terhadapku
اَنْفُسِهِمْ diri/jiwa-jiwa mereka[lk]
لَا tidak
تَقْنَطُوْا berputus asa
مِنْ dari
رَّحْمَةِ rahmat
اللّٰهِ ۗAllah
اِنَّ sesungguhnya
اللّٰهَ Allah
يَغْفِرُ mengampuni
الذُّنُوْبَ dosa-dosa itu
جَمِيْعًا ۗsemuanya
اِنَّهٗ sesungguhnya dia
هُوَ Dia
الْغَفُوْرُ sangat pengampun
الرَّحِيْمُmaha penyayang

Tafsir Surat Az- Zumar Ayat 53

Tafsir Kemenag RI

Pada ayat yang lalu digambarkan betapa buruknya sanksi yang diperoleh orang-orang yang durhaka. Segala apa yang sudah mere-ka peroleh di dunia tidak memberi manfaat sedikit pun untuk kese-lamatan mereka. Ayat-ayat berikut menggambarkan betapa Allah itu Maha Pengasih lagi Maha Pengampun bagi hamba-hamba-Nya. Katakanlah, wahai Nabi Muhammad, “Wahai hamba-hamba-Ku, yang telah berbuat melampaui batas terhadap diri mereka sendiri karena banyak melakukan kedurhakaan! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya selama yang berdosa itu bertobat dan kembali ke jalan yang lurus. Sungguh, Dialah Zat Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Tafsir Kemenag Arab Saudi

53-54. Allah memberi kabar gembira bagi hamba-hamba-Nya yang banyak melakukan dosa dengan luasnya kemurahan dan rahmat-Nya. Hai Rasulullah dan para da’i yang meneruskan dakwahnya, katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang banyak melakukan kemaksiatan: “Janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah yang luas. Allah Maha Mengampuni seluruh dosa, Dia Maha Mengampuni dosa hamba-hamba-Nya yang bertaubat dan Maha Mengasihi mereka. Hai para hamba, datanglah kepada Allah dengan taubat dan ketaatan, dan tunduklah kepada-Nya dengan penuh keikhlasan sebelum azab menimpa kalian, sehingga tidak ada yang dapat menyelamatkan kalian selain Allah.

— Tafsirweb.com

Dengan adanya Arti Perkata Surat Az-Zumar Ayat 53 dalam bentuk tabel diatas yang tentunya juga dilengkapi teks arab, latin serta terjemah dan tafsir akan lebih membantu sobat untuk mempelajarinya.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat

Arti Perkata Surat Az- Zumar Ayat 53

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *