Surat An-Nahl Ayat 97: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat An-Nahl Ayat 97 Beserta dengan Latinnya

Hallo adik-adik sekalian, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kakak akan menyampaikan kutipan ayat ke 97 dari Surat An-Nahl lengkap dengan terjemah, arti perkata dan juga tafsir dari berbagai versi.

Surat An-Nahl sendiri merupakan surat ke 16 yang terdapat pada Juz ke 14 dalam Daftar Surat Al-Quran, Tergolong kedalam Surat Makkiyah (turun di Mekkah) dengan jumlah ayat sebanyak 128 ayat serta terdapat ayat sajdah pada ayat ke 50 dan surat An-Nahl ini memiliki arti Lebah.

Baca Juga: Surat Al-Imran Ayat 186: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Berikut ini Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat An-Nahl Ayat 97

Teks Arab dan Latin Surat An-Nahl Ayat 97

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Man ‘amila ṣāliḥam min żakarin au unṡā wa huwa mu`minun fa lanuḥyiyannahụ ḥayātan ṭayyibah, wa lanajziyannahum ajrahum bi`aḥsani mā kānụ ya’malụn

Terjemah Surat An-Nahl Ayat 97

Bahasa Indonesia

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan

Bahasa Inggris

Whoever does good, whether male or female, and is a believer, We will surely bless them with a good life, and We will certainly reward them according to the best of their deeds.

Arti Perkata Surat An-Nahl Ayat 97

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

BacaanArti
مَنْbarang siapa
عَمِلَmengerjakan
صَٰلِحًاkebajikan/saleh
مِّنdari
ذَكَرٍlaki-laki
أَوْatau
أُنثَىٰperempuan
وَهُوَdan dia
مُؤْمِنٌorang yang beriman
فَلَنُحْيِيَنَّهُۥmaka sungguh Kami akan menghidupkan dia
حَيَوٰةًpenghidupan
طَيِّبَةًۖyang baik
وَلَنَجْزِيَنَّهُمْdan sungguh Kami akan memberi balasan mereka
أَجْرَهُمpahala mereka
بِأَحْسَنِdengan yang lebih baik
مَاapa
كَانُوا۟adalah mereka
يَعْمَلُونَmereka kerjakan

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

Isi Kandungan Surat An-Nahl Ayat 97

(Barang siapa yang mengerjakan amal saleh baik pria maupun wanita dalam keadaan beriman, maka bersama-sama akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik) berdasarkan suatu pendapat dikatakan bahwa yang dimaksud yaitu kehidupan di surga. Menurut pendapat yang lain dikatakan yaitu kehidupan dunia, yaitu dengan mendapatkan rasa qana`ah atau mendapatkan apa adanya atau beliau mendapatkan rezeki yang halal (dan bersama-sama akan Kami beri akhir kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan). (Tafsir al-Jalalain)

Pada ayat di atas Allah Swt menjelaskan akan memperlihatkan kehidupan yang sejahtera kepada siapapun, baik pria maupun perempuan, apabila mereka mau beriman dan berinfak saleh. Dan akhir Allah Swt bernilai lebih tinggi daripada yang dikerjakan.

Ada beberapa pendapat jago tafsir dalam memahami ungkapan ًحَيَوٰةً طَيِّبَةً di antaranya yaitu :

  1. Menurut Ibnu Kasir bahwa yang disebut dengan hayatan toyyiban yaitu ketentraman jiwa.
  2. Ibnu Abbas menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan hayatan toyyiban yaitu hidup sejahtera dan senang dengan rezeki yang halal dan baik (bermutu gizinya).
  3. Adapun berdasarkan ‘Ali bin Abi Talib yang dinamakan hayatan toyyiban yaitu kehidupan yang disertai qana‘ah (menerima dengan suka hati) terhadap pemberian Allah Swt.

Tafsir Surat An-Nahl Ayat 97

Tafsir Kemenag RI

Barang siapa mengerjakan kebajikan sekecil apa pun, baik dia laki-laki maupun perempuan, dalam keadaan beriman dan dilandasi keikhlasan, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik di dunia dan akan Kami beri dia balasan di akhirat atas kebajikannya dengan pahala yang lebih baik dan berlipat ganda dari apa yang telah mereka kerjakan.

Tafsir Kemenag Arab Saudi

Barangsiapa mengerjakan amal shalih, baik lelaki maupun perempuan, sedang ia beriman kepada Allah dan rasulNya, maka Kami akan beri dia kehidupan bahagia dan tentram di dunia, walaupun dia tidak banyak memiliki harta, dan kami benar-benar akan memberikan balasan pahala bagi mereka di akhirat dengan balasan yang lebih baik dari apa yang mereka perbuat di dunia.

Dengan adanya Arti Perkata Surat An-Nahl Ayat 97 dalam bentuk tabel diatas yang tentunya juga dilengkapi teks arab, latin serta terjemah dan tafsir tentu akan lebih membantu teman-teman semua untuk mempelajarinya.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Selamat Datang
Selamat Datang