Surat Al-Luqman Ayat 14: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Al-Luqman Ayat 14 Beserta dengan Latinnya

Hallo adik-adik sekalian, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kakak akan menyampaikan kutipan ayat ke 14 dari Surat Al-Luqman lengkap dengan terjemah, arti perkata dan juga tafsir dari berbagai versi.

Surat Al-Luqman sendiri merupakan surat ke 31 yang terdapat pada Juz ke 21 dalam Daftar Surat Al-Quran, Tergolong kedalam Surat Makkiyah (turun di Mekkah) dengan jumlah ayat sebanyak 34 ayat dan surat Al-Luqman ini memiliki arti Luqman.

Baca Juga: Surat An-Nahl Ayat 97: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Berikut ini Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Al-Luqman Ayat 14

Teks Arab dan Latin Surat Al-Luqman Ayat 14

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Wa waṣṣainal-insāna biwālidaīh, ḥamalat-hu ummuhụ wahnan ‘alā wahniw wa fiṣāluhụ fī ‘āmaini anisykur lī wa liwālidaīk, ilayyal-maṣīr

Terjemah Surat Al-Luqman Ayat 14

Bahasa Indonesia

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Bahasa Inggris

And We have commanded people to ˹honour˺ their parents. Their mothers bore them through hardship upon hardship, and their weaning takes two years. So be grateful to Me and your parents. To Me is the final return.

Arti Perkata Surat Al-Luqman Ayat 14

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

BacaanArti
وَوَصَّيْنَاdan Kami wasiatkan
الْاِنْسَانَmanusia
بِوَالِدَيْهِۚterhadap kedua orang tuanya
حَمَلَتْهُmengandungnya
أُمُّهُibunya
وَهْنًاkelelahan
عَلٰىatas
وَهْنٍkelelahan
وَّفِصَالُهٗdan ia menyapihnya
فِيْdalam
عَامَيْنِdua tahun
اَنِagar
اشْكُرْbersyukurlah
لِيْkepada-Ku
وَلِوَالِدَيْكَۗdan kepada kedua orang tuamu
اِلَيَّkepada-Ku
الْمَصِيْرُtempat kembali

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

Isi Kandungan Surat Al-Luqman Ayat 14

Berikut adalah isi kandungan dari Surat Luqman Ayat 14 yang dikutip dari situs webmuslimah.com

  1. Surat Luqman ayat 14 merupakan wasiat dan perintah Allah kepada manusia untuk berbakti kepada orang tuanya.
  2. Seorang anak wajib berbakti kepada kedua orangtuanya. Terutama kepada ibu yang telah mengandung, melahirkan dan mengasuhnya dengan penuh susah payah.
  3. Birrul walidain (berbakti kepada orangtua) merupakan kewajiban utama setelah bertauhid. Sebaliknya, durhaka kepada orangtua merupakan dosa terbesar setelah syirik.
  4. Wajib bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada orangtua.
  5. Ayat ini mengingatkan bahwa semua manusia akan kembali kepada Allah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya di dunia.

Tafsir Surat Al-Luqman Ayat 14

Tafsir Kemenag RI

Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya, terutama ibu. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah seiring makin besarnya kandungan dan saat melahirkan, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Jika demikian, bersyukurlah kepada-Ku atas nikmat yang telah Aku karuniakan kepadamu dan bersyukurlah juga kepada kedua orang tuamu karena melalui keduanya kamu bisa hadir di muka bumi ini. Hanya kepada Aku tempat kembalimu dan hanya Aku yang akan membalasmu dengan cara terbaik.

Tafsir Kemenag Arab Saudi

Dan Kami memerintahkan manusia agar berbakti dan berbuat baik kepada bapak ibunya. Ibunya mengandungnya dalam keadaan lemah di atas kelemahan, mengandungnya dan menyapihnya setelah menyusuinya selama dua tahun. Kami berfirman kepadanya, “Bersyukurlah kepada Allah kemudian berterima kasihlah kepada kedua orang tuamu. Hanya kepadaKu-lah kalian akan kembali, lalu Aku akan membalas masing-masing sesuai haknya.”

— Tafsirweb.com

Dengan adanya Arti Perkata Surat Al-Luqman Ayat 14 dalam bentuk tabel diatas yang tentunya juga dilengkapi teks arab, latin serta terjemah dan tafsir tentu akan lebih membantu teman-teman semua untuk mempelajarinya.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.