Surat Al-Isra Ayat 32 Teks Arab, Latin dan Terjemah Perkata (Mufradat)

  • Whatsapp

Al-Isra Ayat 32 Terjemah Perkata – Kutipan kali ini mengenai arti perkata akan dibahas surat Al-Isra ayat 2 yang mana pada ayat ini Allah menegaskan kepada kita untuk menghindari perbuatan zina.

Salahsatu cara yang dapat lakukan untuk mengantisipasi melakukan perbuatan keji tersebut adalah dengan cara menjaga pergaulan dan memilah-milih teman yang dapat berpotensi mengajak kita untuk terjerumus kedalam lembah tersebut.

Teks Arab Surat Al-Isra Ayat 32

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

wa lā taqrabuz-zinā innahụ kāna fāḥisyah, wa sā`a sabīlā

Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.

Ayat Al-Qur’an Lainnya Tentang Zina: Surat An-Nur Ayat 2 Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata (Mufradat) serta Isi Kandungan

Arti Perkata Surat Al-Isra Ayat 32

Setelah kita membahas teks arab, latin dan terjemah dari Surah Al-Isra ayat 2 diatas, selanjutnya sobat bisa memahami makna dari setiap kata melalui mufradat (terjemah perkata) dibawah ini

Bacaan Surat & Ayat
وَلَا dan janganlah
تَقْرَبُوا kamu mendekati
الزِّنَا zina
إِنَّهُ sesungguhnya ia/zina
كَانَ adalah
فَاحِشَةً perbuatan yang keji
وَسَاءَ dan sangat buruk
سَبِيلًا jalan

Asbabun Nuzul Surat Al-Isra Ayat 32

Menurut beberapa sumber yang ditemukan khususnya tafsir ibnu kastsir, bahwa asbabun nuzul atau sebab dari turunnya surat al-isra ayat 2 ini yakni pada waktu itu ada seorang pemuda yang mendatangi Rasulullah meminta izin untuk berzina. Sontak Rasulullah pun melarang pemuda tersebut secara tergas, kemudian turunlah surat ini

Isi Kandungan Surat Al-Isra Ayat 32

Dan janganlah kalian mendekati perzinaan dan segala pemicunya, supaya kalian tidak terjerumus ke dalamnya. Sesungguhnya zina itu benar-benar amat buruk, dan seburuk-buruk tindakan adalah perzinaan.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat penulis uraikan mengenai ayat ini yaitu kita sebagai manusia yang diberikan hawa nafsu hendaknya selalu senantiasa untuk menajaga pergaulan kita sehari – hari.

Jangan sampai kita terjerumus dan melakukan perbuatan keji ini (zina) yang dilarang secara tegas oleh Allah dan Rasulullah.

Maksud dari arti “Dan janganlah kamu mendekati zina…” itu bukan berarti kita boleh melakukan perbuatan tersebut karena yang dilarang hanya mendekatinya.

Secara logika, mendekatinyapun sudah dilarang secara tegas apalagi kalau sampai terjerumus melakukan perbuatan tersebut maka tentu Allah akan murka kepada kita. Wallahu A’lam Bishawab

Lihat Juga: Teks Bacaan Surat Al-Baqarah Ayat Terakhir (284, 285, 286) Lengkap Dengan Latin dan Terjemah

Referensi:
https://litequran.net/al-isra
https://maktabah.rumahilmu.or.id/perayat.php?surat=17&ayat=32
https://tafsirweb.com/4636-surat-al-isra-ayat-32.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *