2 Aplikasi Kamera Yang Support Mic Eksternal Dilengkapi Cara Setting

  • Whatsapp

Berikut ini adalah Aplikasi kamera yang support mic eksternal serta cara pengggunaan mic external dan cara membuat mic eksternal dari headset bekas yang sudah tidak terpakai

Kebutuhan kaum milenial saat ini akan kamera meningkat sangat pesat mungkin bisa mencapai angka 500%. Hal itu dikarenakan oleh pangsa pasar smartphone yang sampai sekarang terus mengalami peningkatan.

Muat Lebih

Setiap produsen smartphone berlomba-lomba untuk menciptakan kamera dengan segala kelebihannya (contohnya dual kamera) yang saat ini sedang trend.

Pada setiap penjualan smartphone Android khususnya sudah tersedia aplikasi kamera bawaan HP itu sendiri.

Yang mana aplikasi tersebut sangat jauh dari kata minus, Namun bukan tanpa adanya kekurangan. Nyatanya sampai saat ini saya masih belum menemukan aplikasi kamera bawaan HP yang sudah support mic eksternal pada saat Anda merekam video, bukankah begitu?

Oleh karena itu saya akan memberikan referensi software kamera yang sudah support mic eksternal dan tentunya dengan ukuran ringan yang tidak akan memberatkan kinerja ponsel anda.

Baca Juga: 5 Hal ini Menjadi Penyebab Smartphone Andа Cepat Panas

2 Aplikasi Kamera Yang Support Mic Eksternal

Cinema FV-5 Lite

Cinema FV-5 Lite merupakan aplikasi kamera video yang dapat mengubah Ponsel Android Anda menjadi kamera profesional. Pada aplikasi ini Anda dapat menyesuaikan semua parameter yang terdapat dalam sensor perangkat, seperti kompensasi eksposur, ISO, pengukuran cahaya, fokus, dan white balance.

Cinema FV-5 Lite merupakan aplikasi kamera video yang dapat mengubah Ponsel Android Anda menjadi kamera profesional. Pada aplikasi ini Anda dapat menyesuaikan semua parameter yang terdapat dalam sensor perangkat, seperti kompensasi eksposur, ISO, pengukuran cahaya, fokus, dan white balance.

Fitur menarik dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengubah fokus ketika perekaman berlangsung . Anda dapat mengatur fokus pada satu objek dan lensa akan tetap diam, atau mengubah fokus dari satu titik ke titik lainnya secara dinamis sambil merekam video.

Aplikasi ini juga dapat mengatur/memilih codec video dan audio yang Anda inginkan, menyesuaikan bitrate, jumlah saluran (stereo atau mono), dan rate sampel. Anda juga dapat memantau audio dan mengecek volume sambil merekam.

Download Cinema FV-5 Lite

Open Camera

Aplikasi kedua yang saya rekomendasikan untuk merekam video dengan hasil audio yang bisa Anda setting dari micropgone eksternal.

Aplikasi kedua yang saya rekomendasikan untuk merekam video dengan hasil audio yang bisa Anda setting dari micropgone eksternal.

Selain memliki ukuran yang sangat kecil, aplikasi kamera yang satu ini juga kaya akan fitur yang tertanam didalamnya.

Seperti adanya manual fokus pada versi android oreo dan yang lebih tinggi, Salahsatu fitur pada aplikasi ini yang menjadi pilihan banyak user adalah adanya settingan diimana kita akan menyimpan hasil dari jepretan atau rekaman.

Berbeda dengan Cinema FV-5 Lite yang hanya bisa digunakan untuk merekam video, Sedangkan Open Kamera bisa Anda gunakan untuk merekan video dengan beragam jenis resolusi (Support 4K).

Setting Exposure compensation, ISO, White Balance, Exposure locked, Timer, Face detection, Ghost image dan masih banyak lagi settingan lainnya yang bisa anda custom pada software kamera yang satu ini.

Download Open Camera

Cara Menggunakan Mic External di Android

Untuk bisa menggunakan microphone eksternal atau tambahan seperti BM 700, BM 800, BOYA BY-M1 ataupun mic lainnya pada smartphone, Anda harus menggunakan salahsatu dari 2 aplikasi kamera diatas.

Sebelum anda menacapkan microphone kedalam smartphone, pastikan mic tersebut support digunakan di HP. Seperti halnya Mic BM 700/800 yang harus menggunakan spliter untuk dapat digunakan di HP.

Sedangkan pada BOYA BY-M1 anda hanya cukup menggeser tombol kearah “off/Smartpone” seperti pada gambar dibawah ini:

Settingan Pada Cinema FV-5 Lite

Jika anda ingin menggunakan mic eksternal pada aplikasi Cinema FV-5 Lite atapun versi Pro (Berbayar) Silakan ikuti pandua berikut ini:

  • Download dan Install Aplikasinya terlebih dahulu
  • Setelah itu buka dan tap pada icon “Gerigi” di pojok atas sebelah kiri,
    Lalu klik icon “speaker”, Pada Audio source Pilih Eksternal mic
  • Atau Bluetooth mic jika Anda menggunakan microphone versi bluetooth.

Settingan Pada Open Camera

  • Download dan Install Aplikasinya terlebih dahulu
  • Setelah itu buka dan tap pada icon “Gerigi” di pojok atas sebelah kanan
  • Gulir kebawah dan cari “Video Settings…”, Kemudian gulir lagi kebawah dan cari Audio source
  • Lalu Pilih Eksternal mic (If present)

Itulah Cara Menggunakan Mic External di Android pada aplikasi Cinema FV-5 Lite dan Open Camera yang sangat mudah sekali dipraktikan oleh Anda.

Baca Juga: Enteng! Begini Cara Melihat Pesan WhatsApp Yang Sudah Ditarik Oleh Lawan Chatmu

Cara Membuat Mic Eksternal HP

Untuk cara pembuatan microphone eksternal dari barang bekas dan untuk digunakan di HP, Anda bisa memanfaatkan headset bekas yang tentunya masih berfungsi bagian mic-nya.

Berikut ini adalah panduan cara membuat mic bekas dari earphone yang kami sajikan dalam bentuk video.

Banner timeincuk.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *