Akun Riil: Penjelasan dan Pembagiannya Dalam Neraca

  • Whatsapp

ridpir.com – Akun merupakan bagian yang tak pernah lepas dari akuntansi. Akun dalam akuntansi sendiri dibedakan menjadi 2 macam yakni akun riil dan akun nominal.

Apakah ada yang sudah mengenal akun riil? Apakah akun riil itu? Apakah akun yang muncul setelah penyesuaian? Apakah akun tersebut? Setelah menyimak penjelasan dibawah ini semoga bisa paham ya!

Pengertian Akun Riil dalam Akuntansi

Akun-akun riil disebut juga akun neraca sebab Akun riil adalah akun yang disajikan dalam neraca (laporan keuangan). Apakah hanya neraca saja? Ya benar. Setelah terjadi transaksi akan mendapatkan bukti transaksi yang selanjutnya kita akan memprosesnya ke dalam jurnal, baik jurnal umum maupun jurnal khusus.

Baca Juga: Kode Akun: Pengertian, Pengelompokkan dan Macam – Macam Contohnya

Setelah tahap jurnal usai kita akan menuju sebuah proses yang namanya memposting buku besar dan kemudian muncullah neraca saldo.

Namun, tak berhenti disini. Tahap ini masih panjang. Kita harus menyesuaikan saldo akun di akhir periode akuntansi agar pada saat pelaporannya pas.

Coba bayangkan saja ketika kita sudah melunasi utang dagang, otomatis utang kita berkurang dan kas kita juga. Masa iya masih akan tetap sama.

Dan perlu diingat ini tahapan paling penting dan menentukan kedepannya laporan kita benar atau tidak. Banyak sekali kesalahan dalam penyesuaian diantaranya salah input nama akun dan nominalnya tertukar.

Tahap selanjutnya adalah worksheet atau biasa kita kenal sebagai neraca lajur. Sebenarnya mau langsung ke laporan keuangan juga bisa. Tapi adanya worksheet ini sangat bermanfaat bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman. Worksheet ini bisa membantu kita mengecek kesalahan kita juga.

Baca Juga: Apa itu Pasiva dan Mengapa Letaknya di Sebelah Kiri?

Dan yang paling kita tunggu adalah tahapan laporan keuangan. Yakni ada lima macam diantaranya :

  1. Laporan Laba Rugi (Income Statement)
  2. Laporan Perubahan Ekuitas (Statement of Changes in Equity)
  3. Neraca (Balance Sheet)
  4. Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)
  5. Catatan atas Laporan Keuangan (Notes to Financial Statement)

Di dalam neraca sendiri terdapat akun – akun riil misalnya :

    1. Aktiva
    • Aktiva lancar
    • Aktiva tetap
    2. Utang
    • Utang lancar
    • Utang jangka panjang
    3. Modal

Selengkapnya bisa baca saja di Pengertian Akun dan Macam – Macam Contohnya dalam Akuntansi

Disebut sebagai akun riil karena akun ini terbuka (opened account) karena akun ini biasanya memuliki saldo yang akan dibuka kembali untuk tahun berikutnya dan juga akun ini bersifat permanen (permanent account) yang tetap ada walaupun ada jurnal penutupan.

Baca Juga: Pengertian Aktiva dan Klasifikasi Menurut Konvertibilitas

Baiklah sekian dari pembahasan mengenai akun riil dalam akuntansi semoga bermanfaat dan tunggu terus update artikel terbaru dari kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *