5 Profesi Teknologi Bergaji Tinggi Tanpa Gelar Ini Cocok Buat Kamu Lulusan…

  • Whatsapp

Ridpir.ID – Profesi merupakan kegiatan dimana kita mengerjakan aktifitas terhadap sesuatu yang kita ketahui atau menguasai ilmu khusus dalam bidang tersebut. Profesi ini berbeda dengan pekerjaan yang tidak memerlukan keahlian dan pengetahuan khusus.

Di zaman sekarang ini memang sulit untuk mencari perkerjaan yang layak sesuai dengan yang kita harapkan. Sekalipun Anda merupakan lulusan sekolah menengah kejuruan atau bahkan sarjana, itu tidak ada jaminan begitu lulus bisa langsung mendapatkan pekerjaan yang layak.

Ridpir.ID mengutip dari channel Youtube teknobie setidaknya ada 5 profesi teknologi bergajij tinggi yang bersertifikasi dan tidak perlu sekolah sampai sarjana. Terutama buat anda lulusan SMA yang ngerti dan suka utak atik komputer bisa mengambil sertifikasi ini, dan begitu lulus mendapat gelar sertifikasi ini biasanya bisa mendapatkan perkerjaan teknologi yang gajinya itu tinggi.

Muat Lebih

Nah, Berikut ini 5 Profesi Teknologi Bergaji Tinggi Tanpa Gelar Sarjana

1. CCNP (Cisco Sertified Network Professional)

Internet didunia ini dihubungkan bukan menggunakan wirelles, akan tetapi dihubungkan dengan kabel-kabel besar yang berada didasar lautan yang biasa kita sebut dengan fiber optik.

Untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dibutuhkan yang namanya router. Dan untuk mengoperasikan router ini dibutuhkan orang yang mengerti dengan bahasa bahasa pemrograman router tersebut.

Baca Juga :

Dan kebetulan sekali pangsa pasar router diseluruh dunia ini 50% hampir dikuasai oleh cisco, perusahan yang berasal dari San Fransisco, California, Amerika Serikat.

mereka membuat banyak sekali router yang dipakai oleh perusahaan nasional maupun swasta diseluruh dunia, dan untuk mengaplikasikannya dibutuhkan orang yang bersertifiksi khusus.

Kabar baiknya, di Indonesia sudah banyak lembaga-lembaga pendidikan yang menawarkan certifikasi CCNP ini. Untuk memulainya, Biasanya anda mulai terlebih dahulu sebagai CCNA (Cisco Sertified Network Associate), nah setelah lulus dari CCNA baru bisa mendapat CCNP. Setelah CCNP jago, ada satu lagi yang namanya CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)

Kerennya, kalo tidak salah diseluruh dunia hanya ada beberapa lulusan. Dan Dengar-dengar, begitu lulus kamu akan digaji sebesar 200.000 USD atau setara dengan Rp. 2.770.850.000. Tapi itu adalah gaji lulusan CCIE, jika anda tidak mau sampai CCIE juga tidak mengapa.

Karena gaji awal lulusan CCNP ini rata-rata 99.000 USD per tahun, dan kalau dirupiahkan dengan kurs Dollar saat pembuatan artikel ini yaitu Rp. 14.776, maka gaji anda adalah Rp. 1.462.824.000, wow fantastis bukan?

2. MCSE (Microsoft Certified Solutions Expert) Khususnya dibagian server infrastructure

Didunia ini, kita semua hampir sudah kenal dengan perusahaan raksasa sistem operasi komputer milik Bill Gates ini. Dan kebanyakan dari pengguna komputer terutama di Indonesia menggunakan sistem operasi windows keluaran microsoft ini.

Server microsoft sekarang ini ada di seluruh dunia. Nah selain tadi kita telah bahas router, selanjutnya router ini harus dimasukan kedalam server. Dan server ini yang mengatur komponen-komponen utama yang diperlukan seperti harddisk, storage dan segala sesuatu yang diperlukan untuk menjalankan programnya, ini diperlukan orang untuk mengatur dan menjalankan server.

Btw gaji awal MCSE ini adalah 156.600 USD pertahun, atau setara dengan Rp. 2.313.921.600 sedikit lebih banyak dari gaji CCNP tadi. Untuk bisa mendapatkan gaji besar ini tentu Anda harus menguasai bidang server infrastructure seperti pada judul poin diatas.

3. CSM (Certified Scrum Master)

Jika 2 pekerjaan teknologi yang pertama dan kedua termasuk kedalam bidang teknikal yang lumayan susah, maka untuk poin ketiga ini menurut saya cukup menarik karena tidak terlalu teknikal.

Gaji rata-rata per tahunnya mencapi 106.938 USD atau setara dengan Rp. 1.580.115.888, kalo anda mempunyai sertifikasi CSM ini.

Scrum ini merupakan metodologi manajemen yang membantu antara produk owner dengan engineer untuk menyelesaikan suatu software dengan cara dan biaya serendah mungkin.

Jadi Scrum Master ini pekerjaannya yaitu menghubungkan antara produk owner atau orang yang mempunyai ide (misalkan saya mau software nya begini, abcde) Nah disini perlu scrum master yang membagi tugasnya, bisa anda anggap juga seperti manager.

Tetapi scrum mater ini berbeda dengan manager yang hanya mengatur dab memerintah, dia juga membantu untuk mencari atau menghubungkan antara si programer dengan data analyst, designer dsb. Istilah lainnya itu sebagai leader dan juga server.

Dan perlu anda ketahui, di Indonesia ini belum terlalu banyak tetapi ada salah satu yaitu Joshua Partogi yang mempunyai buku mengenani scrum. Sangat menarik, sebagai scrum master ini anda bisa mendayagunakan software engineer dengan semaksimal mungkin sehingga waktu pembuatan sebuah software bisa ditekan seminimal mungkin dan tentunya dengan biaya yang sangat rendah.

4. PMP (Project Management Professional)

PMP yang ini bukan kependekan dari Pendidikan Moral dan Pancasila, karena PMP yang ini sama sekali tidak ada hubunganya dengan teknologi.

PMP (Project Management Professional) ini gajinya gak main-main lho Sob, Dalam setahun Anda bisa mengarungi uang senilai 114.473 USD atau senilai dengan Rp. 1.690.921.112, Banyak banget dah,,,

Kalo kita berbicara tentang management, maka tidak hanya mencakup teknikal dan anda tidak perlu tahu 100% mengenai teknologi. Akan tetapi minimum anda perlu tahu.

PMP ini merupakan salahsatu sertifikasi yang paling populer, karena sekarang terdapat 770.000 orang yang mempunyai gelar PMP ini dan tersebar di 220 negara.

Kalo anda memilih jalur ini begitu lulus SMA dan tidak mau kuliah, akan tetapi kemampuan bahasa inggris anda harus bagus baik lisan maupun tulilsan. Karena semua materi disajikan dalam bahasa inggris.

Sebelum masuk PMP ini anda bisa melatih kemampuan bahasa inggris dengn sering-sering menggunakan kosa kata bahasa inggris, berbicara inggris dan yang menyenangkan bisa dilatih dengan menonton film-film yang berbahasa inggris.

Lalu, PMP ini kerjanya ngapain aja? Seperti tadi, PMP ini yaitu manajer yang mengatur semua project management (agak mirip ya seperti scrum) akan tetapi memiliki cakupan yang lebih luas lagi.

5. AWS Enginering (Amazon Web Service)

Ini merupakan pekerjaan teknologi dengan gaji tertinggi, lalu apa itu AWS?

Buat teman-teman yang berkecimpung di dunia hosting teknologi, pasti tahu apa itu AWS. Seperti yang telah disebutkan diats, AWS merupakan Amazon Web Service. Amazon ini membangun yang namanya cloud computing atau server yang ada di awan (sebenarny tidak di awan) tapi intinya server cloud ini merupakan backup dari server utama. Jika salahsatu tempat mati, maka masih terdapat server di tempat lain yang menjadi cadangan atau biasa kita sebut dengan backup.

Karena server AWS ini tersebar diseluruh dunia, hal itulah yang menjadikan server menjadi sangat populer. Dan seperti yang telah kita ketahui pemilik Amazon merupakan Jeff Bezos yang merupakan nomor 2 terkaya di dunia sesudah Bill Gates tentunya.

Jeff Bezos ini membangun suatu solusi internet cloud computing dimana perusahaan pemilik program atau website ini tidak perlu lagi menyediakan data center secara fisik dibangunan kantornya.

Sehingga hal ini akan memangkas pengguan ruang agar menjadi lebih efisien, biaya yang dikeluarkanpun lebih sesui dengan kapasitas pemakaian. Jika pengguna hanya memakai 10 MB misalnya, maka harga yang dibayarpun mengacu pada harga pasar saat itu. Jika malam hari situs dan layanan perusahaan hanya sedikit atau bahkan tidak ada, maka tidak ada pula biaya yang harus dikeluarkan.

Gaji AWS Enginering ini merupakan yang terbesar dari keempat profesi teknologi diatas. Per tahunnya anda bisa mendapatkan gaji 121.292 USD atau setara dengan Rp. 1.792.210.592 dan ini gaji terbesar dari 5 profesi teknologi.

Terus terang kalo untuk AWS Enginering ini ternyata masih sangat sedikit, jadi belum banyak orang yang bekerja sebagai AWS Enginering. Anda dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan diluar negeri sana, seperti di Singapura, Amerika atau di Eropa.

AWS Enginering ini merupakan gaji tertinggi tanpa perlu gelar sarjana.

Baca Juga:

Nah itulah 5 Profesi Tanpa Perlu Gelar Sarjana, mudah-mudah anda terinspirsi untuk menjadi profesi diatas. Tonton videonya disini

Banner loker-spot.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *