2 Cara Mudah Membuat Simbol di Komputer

  • Whatsapp

2 Cara Mudah Membuat Simbol di Komputer – Komputer memang bisa dibilang sebagai alat elektronik dan matematika paling pintar, pasalnya setiap hari teknologi komputer semakin tak bisa dipungkiri perkembangannya. Mulai dari bentuknya yang semakin kecil, tampilannya semakin elegan dan harganya juga sangat berpariasi.

Namun tak lepas dari itu, komputer juga tidak sepenuhnya bisa memberikan atau melayani apa yang kita inginkan. Seperti ketika kita ingin membuat simbol-simbol yang lebih unik dari yang ada di papan ketik.

Muat Lebih

Misalnya kita ingin memasukan simbol mata uang dollar ($), mungkin dipapan ketik atau keyboard masih terdapat tombol untuk memasukan karakter tersebut. Tetapi berbeda lagi ketika kita ingin memasukan karakter simbol logo mata uang uero (€), sementara disebagian keyboard tidak terdapat fungsi tersebut.

Baca Juga: Mengapa Tidak Ada Windows 9? Inilah Alasannya

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Simbol-Simbol Unik Yang Lainnya?

Cara Membuat Simbol-Simbol Unik

Untuk membuat simbol-simbol yanng lainnya, kita bisa mengkombinasikan beberapa karakter yang ada di papan ketik.  Gunakan Alt untuk membuat simbol karakter yang lebih unik dari yang terdapat pada papan ketik dengan kombinasi angka pada numlock. Atau kita juga bisa memanfaatkan fitur bawaan windows (run).

Cara Pertama (Kombinasi Alt)

Jika kamu adalah pengguna windows, tahan tombol Alt dan ketikkan angka angka berikut ini menggunakan numlock pada keyboard. Ketika tombol Alt dilepas, simbol yang sesuai dengan kode numerik tersebut akan tampil. Perlu diketahui, pastikan bahwa tombol “NumLock” sudah diaktifkan.

Simbol Mata Uang
NamaSimbolKode
Euro0128
Pound sterling£156
SenSen¢155
Yen¥157
Florinƒ159
scarab¤0164
Simbol Matematika
NamaSimbolKode
Tanda Bagi÷246
Tanda Kali×0215
Kurang Lebih±0177
Perkiraan (isomorfisma)247
Akar251
Pangkat n252
Pangkat dua atau kuadrat²253
Seperempat¼0188
Setengah (Satu per dua)½0189
Tiga perempat¾0190
Tidak Terbatas236
Lebih besar atau sama dengan242
Lebih kecil atau sama dengan243
Piπ227
Derajat (suhu/sudut)°248
Simbol Tanda Baca dan Penyuntingan Khusus
NamaSimbolKode
Tanda seru terbalik¡173
Tanda tanya terbalik¿168
Bagian atau bab dokumen§21
Paragraf20
Hak Cipta (Copyright)©0169
Merk terdaftar (Registered)®0174
Merek dagang (Trademark)0153
Tanda Palang0134
Tanda Palang Ganda0135
Tanda hubung0150
Tanda Pisah0151
Poin0149

Baca Juga: Perbedaan Netbook, Notebook dan Laptop

Cara Kedua (Character Map)

Langkah-langkahya:

  1. Buka kotak run dengan cara menekan tombol windows + R.
  2. Pada kotak dialog Run, ketikkan “charmap” tanpa tanda petik, lalu tekan enter.
  3. Setelah keluar, pilih salah satu simbol. Saya memilih tombol copyright, dan perhatikan pada pojok kanan bawah kotak dialog Character Map, disana tertera kode “ALT+0169”. Kode itulah yang bisa kita gunakan seperti cara pertama, namun kali ini saya tidak akan melakukan seperti cara pertama.
  4. Karena saya akan memilih simbol copyright maka setelah itu pilih “Select” lalu “Copy”. Setelah mengcopy-nya kini kalian bisa menempelkannya di tempat yang dituju seperti office word. Selesai..

Lalu, Kenapa Saya Tidak Bisa Melakukan Cara Pertama?

Ada beberapa masalah yang menyebabkan kalian gagal dalam membuat simbol, yakni perangkat apa yang kamu gunakan? Komputer PC atau Laptop? Apabila kalian menggunakan PC kemungkinan masalahnya ada pada tombol numbericnya. Dalam pengetikan karakter simbol ini kita tidak bisa menggunakan tombol numberic yang ada di atas dekat F1,F2 dst, tetapi kita harus menggunakan tombol numlock yang berada disebelah kanan. Dan jangan lupa juga untuk mengaktifkan fungsi numlocknnya (tekan tombol “NumLock”).

Apabila kalian menggunakan sebuah Laptop atau notebook, maka kalian harus mengkombinasikan tombol Alt, Fn dan kode karakter. Namun apabila pada keyboard laptop kalian memilliki tombol numberik maka lebih baik memakai numberik saja.

Baca Juga: Perbedaan, Kelebihan Serta Kekurangan PC Built UP Dengan PC Rakitan

Tambahan
Kode-kode Alt hanya dapat digunakan pada program-program yang menerima masukan ASCII (American Standard Code for Information Interchange), seperti microsoft office word. Maka dari itu kalian tidak bisa melakukan kombinasi tomboll alt dan kode karakter disembarang tempat. Tambahan satu lagi, apabila kode yang hendak dimasukan memiliki angka nol dibarisan depan maka angka nol tersebut juga harus dimasukan.

Sumber referensi diambil dari pengalaman pribadi dan sedikit tambahan dari id.wikihow.com dengan pengembangan kembali.

Banner office.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar